peluang usaha ternak

Peluang Usaha Ternak Di lahan Sempit Untuk Pemula

Posted on

Peluang usaha ternak merupakan salah satu usaha yang menjanjikan dan memiliki keuntungan yang lumayan besar. Bisnis bertenak ini merupakan usaha yang tak pernah sepi pembeli dan juga banyak pengepul yang siap untuk membeli hewan ternak.

Banyak menganggap usaha ternak adalah usaha yang membutuhkan lahan yang luas dan tidak dapat dijadikan usaha sampingan.

Anda dapat memulainya dengan skala kecil terlebih dahulu kemudian anda dapat mengembangkan usaha ternak anda.

Peluang usaha ternak juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai usaha sampingan jika anda memiliki pekerjaan lainnya.

Baca juga | Peluang Usaha Di Desa Terpencil Paling Menjanjikan Dan Potensial

Peluang usaha ternak

Jika anda berminat untuk memulai usaha berternak yang mudah untuk dijalankan dan memiliki keuntungan yang lumayan besar berikut beberapa contohnya :

1. Ternak ayam Broiler

Ternak ayam broiler merupakan peluang usaha yang sering dilakukan di daerah pedesaan. Hal ini dikarenakan ternak ayam broiler memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Permintaan ayam pedaging saat ini tergolong sangat tinggi apalagi menjelang hari raya permintaan akan semakin meningkat dengan pesat. Bahkan disaat itu keuntungan peternak ayam broiler juga meningkat sehingga mereka memperoleh keuntungan yang besar.

Untuk memulai usaha ternak ayam broiler tergolong sangat besar karena harus menyediakan kadang dan juga bibit ayam.

Lokasi kandang juga harus dipertimbangkan agar bau yang timbul karena kotoran ayam tidak menganggu warga sekitar.

2. Ternak ayam petelur

Kebutuhan akan telur di Indonesia sangatlah besar hampir setiap harinya. Hampir semua orang di Indonesia sangat menyukai telur. Bahkan untuk untuk mendapatkan telur dapat mudah untuk ditemui di warung dan toko sembako

disekitar anda.
Dengan tingginya kebutuhan telur tentunya ini membuka sebuah peluang bagi anda untuk memulai berternak ayam petelur.

3. Ternak ayam kampung

Berternak ayam kampung merupakan usaha yang sering dilakukan oleh masyarakat pedesaan. Hampir setiap rumah didaerah pedesaan memelihara ayam kampung.

Ternak ayam kampung merupakan salah satu usaha yang memiliki potensi yang besar untuk anda. Hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat akan ayam kampung sangat tinggi namun suply yang tersedia masih terbilang jarang.

Peluang ini tentunya dapat anda manfaatkan untuk memulai berternak ayam kampung.

4. Ternak kambing

Berternak kambing merupakan peluang usaha yang sedang berkembang saat ini. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya orang mengetahui potensi keuntungan dari berternak kambing.

Berternak kambing banyak dilakukan oleh masyarakat pedesaan karena untuk berternak kambing tergolong mudah.

Jika anda memiliki pekerjaan maka peluang usaha ini dapat anda jadikan sebagai usaha sampingan.

Keuntungan berternak kambing sangatlah tinggi apalagi menjelang hari raya Idul Adha harga kambing dapat meningkat menjadi dua kali lipat sehingga keuntungan semakin besar.

Dahulu berternak kambing di anggap sebagai bisnis yang tidak menjanjikan dan biasanya orang memelihara kambing digunakan untuk kebutuhan sendiri.

5. Ternak sapi

Potensi ternak kambing sangat menjanjikan karena perawatan kambing sangatlah mudah dan pakan dapat diperoleh didaerah sekitar terutama di pedesaan.

Untuk berternak kambing anda dapat dilakukan dengan sistem kandang atau juga anda dapat mengembalanya di padang rumput.

Dengan cara pengelolaan yang benar maka berternak sapi akan cepat untuk memperoleh keuntungan.

6. Ternak kroto

Bagi pencinta burung kicau kroto bukanlah istilah yang asing. Kroto adalah salah satu pakan yang dicari oleh pencinta burung kicau karena dianggap sebagai pakan terbaik.

Untuk berternak kroto tidak dibutuhkan lokasi yang luas sehingga dapat dilakukan dimana saja. Anda dapat berternak kroto dengan cara membuat rak dan gunakan toples untuk tempat rangrang bertelur.

Panen kroto dapat dilakukan sekitar 15 hari hingga 20 hari tergantung dari perawatan yang dilakukan. Satu toples dapat menghasilkan 1 ons hingga 2 ons kroto.

Semakin banyak toples kroto yang anda miliki maka semakin banyak juga hasil panen yang diperoleh.

7. Ternak jangkrik

Ternak jangkrik merupakan peluang usaha yang sering diremehkan oleh banyak orang. Padahal ternak jangkik merupakan jenis usaha yang cukup menjanjikan karena permintaan jangkrik cukup besar. Selain itu modal yang dibutuhkan untuk ternak jangkrik juga tidak besar.

Bahkan anda dapat memulai ternak jangkrik hanya dengan modal kurang dari Rp. 1.000.000 untuk membeli bibit jangkrik terbaik.

Untuk makanan jangkrk juga banyak tersedia dilingkungan anda seperti daun-daunan.

8. Ternak atau budidaya ikan

Membudidayakan ikan merupakan salah satu peluang usaha ternak yang populer. Jika lokasi rumah anda memiliki lahan yang sedikit luas maka anda dapat memanfaatkan lokasi tersebut untuk dijadikan kolam.

Ikan yang mudah dibudidayakan seperti ikan lele, ikan mas, ikan gurame dan ikan nila. Ketika anda baru memulai ternak ikan anda dapat belajar terlebih dahulu dengan orang-orang yang sudah berpengalaman. Selain itu anda dapat mempelajari dair berbagai sumber seperti buku, tulisan di internet atau video di Youtube.

9. Berternak lele

Budidaya lele merupakam peluang usaha yang cocok dilakukan terutama bagi anda yang tinggal di pedesaan. Ikan lele dapat dikatakan sebagai ikan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan makanan berbahan dasar lele mudah kita temui di berbagai warung makan.

Berternak lele dapat dilakukan dilahan sempit dengan cara membuat kolam dengan menggunakan terpal. Selain itu masa panen berternak lele terbilang cepat yaitu berkisar 3 bulan.

Berternak lele merupakan peluang usaha yang menguntungkan dan membutuhkan modal kecil. Bisnis ini sangat cocok untuk pemula.

10. Ternak burung

Hal yang harus diperhatikan sebelum anda berternak burung adalah untuk berternak burung anda harus telaten dan teliti untuk merawat burung. Penyebabnya adalah burung merupakan jenis hewan yang mudah mati jika anda tidak teliti dan telaten untuk merawatnya. Oleh sebab itu harus memiliki banyak pengetahuan yang baik tentang cara merawat burung dan melatihnya.

Oleh sebab itu peluang usaha ternak burung sangat cocok bagi anda yang suka dengan burung.

Banyak jenis burung yang dapat anda ternakkan namun saat ini burung yang paling populer adalah love bird.

Selain love bird anda juga dapat berternak burung muray batu, jalak bali, kacer, dll.

Kesimpulan

Contoh peluang usaha ternak diatas merupakan peluang usaha yang menjanjikan dan dapat anda coba. Namun sebaiknya anda melakukan harus memilih dan merencanakan usaha tersebut secara matang.

Jangan sampai anda memulai usaha ternak tanpa pertimbangan dan usaha tersebut tidak cocok dengan lokasi anda.

Anda dapat mencari peluang dengan mengamati kebutuhan lingkungan sekitar anda. Anda dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar dan salah satunya dengan cara memanfaatkan peluang usaha ternak.

Demikianlah beberapa contoh peluang usaha ternak dilahan sempit untuk pemula.

Apakah anda tertarik untuk memanfaatkan peluang usaha ternak ?

Selamat mencoba…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *