peluang usaha untuk ibu rumah tangga

Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Dengan Modal Kecil

Posted on

Peluang usaha untuk ibu rumah tangga – Memiliki usaha sampingan merupakan hal yang sering dilakukan oleh ibu rumah tangga. Mereka mencari peluang usaha yang dapat dilakukan dari rumah dan dapat menambah penghasilan.

Bisnis yang dilakukan oleh ibu rumah tangga biasanya dilakukan sebagai usaha sampingan di sela kesibukan mereka dalam mengurus rumah tangga.

Jika anda sebagai ibu rumah tangga sebaiknya mencari peluang usaha yang masih berkaitan dengan hobi. Hal ini untuk menghindari terjadinya kebosanan ketika anda menjalankan usaha sampingan.

Banyak manfaat yang di dapat dengan memiliki usaha sampingan dari hobi. Selain memperoleh penghasilan tambahan, ibu rumah tangga juga dapat menjalankan hobi dan mengisi waktu luang.

Baca juga | Peluang Usaha Dan Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula

Peluang usaha untuk rumah tangga

usaha untuk rumah tangga

Jika anda sedang mencari ide peluang usaha maka berikut contoh peluang usaha untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil :

1. Berbisnis warung sembako

Warung sembako merupakan peluang usaha yang banyak di minati oleh ibu rumah tangga. Hal yang membuat warung sembako di minati adalah usaha ini dapat dilakukan di rumah. Anda dapat menjual berbagai kebutuhan masyarakat seperti sembako dan bahan makanan lainnya.

Ketika anda memiliki keinginan untuk memulai usaha warung sembako maka sebaiknya anda menganalisa kompetisi peluang usaha ini di lingkungan sekitar.

Jika tidak terdapat warung sembako sejenis maka ini merupakan peluang besar untuk anda. selain itu pastikan juga lokasi warung sembako anda memiliki posisi yang strategis.

Selain sembako anda juga dapat menambah produk-produk lainnya seperti peralatan mandi, obat-obatan, mainan anak-anak, dll.

2. Kerajinan kain flanel

Kain flanel adalah kain yang terbuat dari serat wol dan biasanya dijadikan bahan permadani. Namun dalam perkembangannya kain flanel banyak dikreasikan berbagai produk. Dengan kain flanel ini anda dapat berkreasi untuk berbagai barang seperti tempat tisu, gantungan kunci, tempat pensil, bando, dll.

Kerajinan kain flanel merupakan jenis kerajinan tangan yang sangat mudah dipelajari. Oleh sebab itu peluang usaha ini banyak dilakukan oleh ibu rumah tangga. Mereka dapat mengisi waktu luang dengan membuat kerajinan kain flanel dan memperoleh tambahan penghasilan.

Jika anda ingin mempelajari bagaimana cara membuat kerajinan flanel, anda dapat mencarinya di youtube. Cukup anda ketik kata kunci cara membuat kerajinan flanel maka anda akan menemukan banyak video tutorialnya.

Jika anda belum memproduksi kerajinan kain flanel maka anda dapat menjadi reseller. Untuk mencari produk ini anda dapat mengunjungi beberapa marketplace di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Olx, dll.

3. Peluang usaha catering

Jika anda memiliki hobi memasak maka usaha catering merupakan pilihan paling tepat. Pada saat ini usaha catering di di dominasi oleh ibu rumah tangga.

Peluang usaha catering pada saat ini sedang menjadi usaha yang menjadi primadona. Banyaknya orang yang membuat acara tanpa ingin repot menyiapkan hidangan makanan. Sebagai solusi permasalahan ini maka mereka menggunakan catering untuk mempersiapkan sajian hidangan.

Walau harga makanan catering lebih mahal dibandingkan memasak sendiri tapi banyak orang tetap memilih catering karena nilai praktis dan efisiensi.

Anda dapat memulai usaha catering mulai dari usaha rumahan atau sampingan untuk menambah uang belanja. Namun tidak menutup kemungkinan usaha anda akan berkembang menjadi besar.

Hal penting yang harus anda ingat dalam menjalankan bisnis catering adalah menyediakan makanan yang lezat dan juga memiliki kebersihan serta kualitas makanan yang baik.

Untuk melakukan promosi anda dapat menggunakan media sosial, iklan koran ataupun iklan dari mulut kemulut.

4. Bisnis kue kering

Bisnis kue kering merupakan peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan dan memiliki potensi mendapatkan keuntungan besar.

Potensi permintaan kue kering cukup tinggi bahkan ketika menjelang hari raya pemintaan kue menjadi berkali-kali lipat.
Salah satu penyebab bisnis ini dilirik oleh banyak kalangan karena pembuatan kue tergolong mudah serta kadaluarsa kue kering relatif lama dibandingkan dengan kue basah.

Terdapat berbagai macam jenis kue dari tampilan dan rasa yang dapat anda jual. Namun anda harus tetap memperhatikan selera masyarakat sehingga akan mempermudah pemasaran kue kering anda.

Jika anda baru memulai berbisnis kue sebaiknya membuat kue kering yang disesuaikan dengan kemampuan. Jangan memilih cara pembuatan kue kering yang rumit sehingga menyulitkan anda.

5. Peluang usaha jasa jahit pakaian

Pada saat ini menjadi penjahit merupakan usaha yang banyak di lakukan oleh ibu rumah tangga. Meskipun usaha menjahit bukanlah jenis usaha yang baru namun jasa penjahit masih butuhkan hingga saat ini.

Bisnis jasa jahit ini banyak dilirik banyak orang karena tidak membutuhkan banyak modal namun anda bisa memperoleh keuntungan yang besar.

Namun untuk menjadi penjahit anda harus memiliki kemampuan menjahit dan permak pakaian. Bagi anda yang memiliki skill menjahit maka anda dapat mengikuti kursus yang banyak tersedia.

Salah satu keuntungan usaha jasa jahit pakaian anda tidak memerlukan lokasi yang strategis karena jika kualitas jahitan bagus maka konsumen akan mencari anda.

6. Peluang usaha jasa laundry

Kesibukan pekerjaan terkadang membuat orang tidak sempat untuk mengurusi pakaian kotor. Sebagai solusinya mereka menggunakan jasa cuci pakaian atau jasa laundry.

Oleh sebab itu peluang usaha jasa laundry merupakan salah satu bisnis yang memiliki prospek yang menjanjikan terutama untuk ibu rumah tangga.

Walaupun memiliki prospek yang menjanjikan bukan berarti peluang usaha ini mudah untuk dijalankan. Hal ini dikarenakan bisnis jasa laundry merupakan salah satu peluang usaha yang sudah banyak dilakukan. Dengan banyaknya kompetitor ini maka anda harus memiliki strategi yang tepat sehingga dapat usaha anda dapat bersaing.

Jasa cuci pakaian ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu mencuci dengan menggunakan mesin cuci dan juga dapat dilakukan dengan cara manual.

Bila anda memiliki modal yang lebih maka anda dapat menggunakan mesin cuci karena anda dapat mencuci dengan mudah.

Namun jika anda tidak memiliki modal maka anda dapat mencuci dengan cara manual yaitu dengan menggunakan papan cuci dan sikat. Tentunya cara nomor dua ini akan menguras waktu dan memerlukan waktu yang cukup lama.

Baca juga | Peluang Usaha Di Desa Terpencil Paling Menjanjikan Dan Potensial

7. Peluang usaha jual produk fashion

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang terus berkembang baik dari kualitas maupun kuantitas.

Hampir setiap bulannya model fashion selalu berubah sehingga hal ini membuat peluang usaha bagi anda.

Peluang usaha bidang fashion dapat dikatakan masih sangat luas dan memiliki potensi yang menjanjikan.

Namun untuk terjun dan berhasil dalam bisnis fashion terbilang sangat sulit apalagi untuk pemula. Hal ini dikarenakan banyaknya penjual fashion baik yang bermodal kecil maupun bermodal besar.

Bagi anda yang tertarik untuk memulai bisnis fashion maka anda dapat mengikuti beberapa tips berikut :

  • Sesuaikan produk fashion yang di jual sesuai dengan kebutuhan pasar
  • Melakukan promosi produk yang dijual secara berkesinambungan
  • Selalu melakukan analisa penjualan dengan bertanya langsung kepada konsumen
  • Menjual produk fashion yang unik dan berbeda dengan toko lainnya
  • Terus belajar dan konsisten dalam menjalankan usaha

Itulah beberapa tips bagi anda yang ingin memulai berbisnis produk fashion

8. Peluang usaha produk kecantikan

Saat ini banyak produk kosmetik yang ditawarkan dengan harga murah namun memiliki kualitas yang baik. Hal ini di karenakan tingginya permintaan produk kecantikan terutama kosmetik herbal. Banyak wanita rela menghabiskan uangnnya untuk membeli kebutuhan wanita yang satu ini

Dengan tingginya kebutuhan produk kecantikan ini tentunya membuka peluang usaha bagi anda untuk memulai bisnis kosmetik.

Peluang usaha produk kecantikan merupakan salah satu bisnis yang selalu memiliki banyak pembeli. Bisnis produk kecantikan ini sangat tepat dilakukan oleh ibu rumah tangga.

Jika anda ingin memulai menjalankan bisnis produk kecantikan maka anda harus memastikan bahwa produk kecantikan telah mendapatkan izin legalitas dan terdaftar di BPOM. Waspadai produk kecantikan yang mengandung berbahaya.

Untuk melakukan pemasaran produk kosmetik ini dapat dilakukan secara online maupun offline. Cara paling efektif untuk memasarkan produk kecantikan ini, anda dapat memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, dll.

Anda juga dapat menawarkan secara offline kepada tetangga, teman ataupun saudara-saudara dekat.

Baca juga | Peluang Usaha Kuliner Yang Paling Laku Dan Menguntungkan

9. Menjual peralatan rumah tangga

Peluang usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga lainnya adalah berjualan peralatan rumah tangga seperti ember, baskom, gelas, piring, dll. Peralatan rumah tangga merupakan hal yang wajib ada dalam sebuah rumah.

Dengan semakin bertambahnya penduduk di Indonesia tentunya membuat kebutuhan akan peralatan rumah tangga juga meningkat. Tidak mengherankan jika saat ini banyak toko yang menawarkan berbagai peralatan rumah tangga.

Sebenarnya peluang usaha dapat jalankan oleh ibu rumah tangga dengan cara berjualan alat rumah tangga di rumah. Anda dapat memanfaatkan rumah anda sebagai tempat berjualan.

10. Menjadi penulis online

Peluang usaha untuk ibu rumah tangga lainnya adalah menjadi penulis online. Dengan menjadi penulis lepas dapat membantu untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Menjadi penulis online juga dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas dan juga kreatifitas dalam menyusun kata. Dengan demikian hasil tulisan yang dibuat lebih berkualitas dan enak dibaca.

Untuk menjadi penulis online juga tidaklah terlalu sulit karena pada saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan penulis. Biasanya penulis akan harga artikel didasarkan pada kualitas dan juga jumlah kata dalam artikel.

Selain itu anda juga dapat menggunakan jasa broker penulis artikel. Bahkan beberapa di antara mereka memberikan upah yang tinggi untuk setiap tulisan yang anda serahkan.

Beberapa hal yang harus anda persiapkan untuk menjadi penulis online :

  • Memiliki komputer atau laptop
  • Koneksi internet
  • Memiliki kemampuan menulis artikel sesuai dengan keinginan konsumen
  • Menentukan harga artikel

Oleh sebab itu peluang usaha ini sangat di minati oleh ibu rumah tangga karena pekerjaan ini dapat dilakukan pada waktu luang dan penghasilan yang diperoleh lumayan besar.

Baca juga | Peluang Usaha Ternak Dilahan Sempit Untuk Pemula

Kesimpulan

Beberapa peluang usaha diatas .dapat dikerjakan pada waktu luang sehingga tidak akan menganggu tugas utama anda sebagai ibu rumah tangga. Anda dapat membagi waktu antara menjalankan usaha dan mengurus keluarga.

Banyak manfaat yang didapat oleh ibu rumah tangga seperti mendapatkan penghasilan, mengisi waktu luang dan juga pengalaman kerja.

Demikianlah beberapa peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang menguntungkan.

Saya berharap setelah anda membaca artikel ini menjadikan ibu rumah tangga lebih produktif dan membantu perekonomian keluarga tanpa menganggu kewajiban utamanya.

Selamat mencoba dan sukses selalu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *