pengertian akomodasi

Pengertian Akomodasi | Arti, Tujuan, Fungsi dan Bentuk Akomodasi

Posted on

Pengertian akomodasi – Di dalam kehidupan sosial lingkungan masyarakat tidak sepenuhnya berjalan dengan mulus dan rukun sesuai dengan harapan.

Proses kehidupan sosial di dalam lingkungan masyarakat ini akan selalu terjadi gesekan atau pertikaian.

Oleh sebab itu dibutuhkan sarana atau media untuk menyelesaikan segala konflik yang terjadi tersebut.

Salah satu alat untuk menyelesaikan pertikaian atau konflik tersebut adalah dengan jalan akomodasi.

Menurut Wikipedia, Istilah akomodasi ini sering kali digunakan untuk beberapa hal, seperti:

  • Fasilitas penginapan bagi seseorang yang sedang berpergian, contohnya hotel dan losmen
  • Mata, penyesuaian mata untuk melihat atau pemfokusan dalam penglihatan
  • Psikologi, penyesuaian atau proses adaptasi tingkah laku manusia

Pengertian akomodasi

arti akomodasi

Kata akomodasi dapat digunakan dua hal yaitu untuk menunjukkan pada suatu keadaan atau untuk menunjukkan pada suatu proses.

Bila kata akomodasi digunakan untuk menunjukkan suat keadaan berarti ada keseimbangan (equilibrium) dalam interaksi antar perorangan atau kelompok manusia yang berkaitan dengan norma sosial yang berlaku di masyarakat.

Sedangkan bila kata akomodasi ini dipergunakan untuk menunjukkan suatu proses maka berarti menunjuk pada usaha manusia untuk meredakan suatu petentangan yaitu untuk mencapai kestabilan (Soekanto 1990 : 75).

Menurut Gillin dan Gillin dalam Soekanto (1990: 76), pengertian akomodasi adalah definisi yang digunakan oleh sosiolog untuk menggambarkan suatu proses dalam hubungan sosial yang sama artinya dengan adaptasi dalam biologi untuk menunjukkan pada proses dimana mahluk hidup menyesuaikan diri dengan alam sekitar.

Berdasarkan dari pengertian akomodasi diatas maka dapat disimpulkan bahwa arti akomodasi adalah proses dimana individu atau kelompok manusia yang bertikai kemudian melakukan penyesuaian diri untuk mengatasi konflik yang terjadi.

Secara sederhananya pengertian akomodasi adalah usaha untuk mengurangi konflik dengan saling beradapatasi satu dengan lainnya atau menyelesaikan pertikaian tanpa harus menghancurkan lawan.

Baca juga | Pengertian Etika Bisnis Dan Prinsip Etika Bisnis Dalam Perusahaan

Tujuan akomodasi

tujuan akomodasi

Tujuan akomodasi menurut Soekanto, dapat berbeda-beda sesuai dengan situasi yang dihadapinya, yaitu:

  • Mengurangi konflik atau pertentangan antar perorangan atau kelompok manusia sebagai dampak dari perbedaan paham. Akomodasi di sini bertujuan untuk menghasilkan suatu sintesa antara kedua pendapat tersebut sehingga menghasilkan suatu pemikiran yang baru.
  • Mencegah terjadinya pertentangan untuk sementara waktu atau secara temporer.
  • Akomodasi terkadang diusahakan untuk memungkinkan terjadinya kerja sama antar kelompok sosial yang sebagai akibat faktor sosial psikologis dan kebudayaan, hidupnya terpisah, misalnya yang dijumpai pada masyarakat yang mengenai sistem kasta.
  • Mengusahakan peleburan antara kelompok-kelompok sosial yang terpisah, misalkan melalui perkawinan campuran atau asimilasi dalam arti luas.

Ke empat tujuan akomodasi diatas merupakan siklus yang sering terjadi kehidupan masyarakat.

Baca juga | Pengertian Manajemen Konflik, Tujuan, dan Gaya Manajemen Konflik

Bentuk akomodasi

bentuk akomodasi

Pada saat ini banyak terdapat bentuk akomodasi yang dapat dipilih untuk menyelesaikan konflik atau sengketa.

Berikut beberapa bentuk-bentuk akomodasi :

a. Coercion

Coercion merupakan bentuk akomodasi yang prosesnya dilaksanakan dengan cara paksaan. Bentuk akomodasi ini dilaksanakan dikarenakan salah satu pihak yang berkonflik berada dalam posisi yang lemah.

b. Kompromi (Compromise)

Kompromi adalah bentuk akomodasi dimana pihak-pihak yang terlibat saling mengurangi tuntutannya agar tercapai suatu penyelesaian terhadap perselisihan yang ada.

c. Arbitrasi (Arbitration),

Arbitrasi adalah suatu cara untuk mencapai kesepakatan apabila pihak-pihak yang bertikai tidak mampu menyelasaikan konflik mereka sendiri. Jenis akomodasi ini dalam pelaksanaannya akan menghadirkan pihak ke tiga sebagai mediator.

d. Konsiliasi (Conciliation)

Konsiliasi adalah suatu bentuk akomodasi untuk mempertemukan keinginandari pihak-pihak yang Bertikai untuk mencapai suatu kesepakatan bersama.

e. Toleransi (Toleration),

Toleransi merupakan bentuk akomodasi tanpa kesepakatan yang formal dan dilaksankakan atas saling pengertian antara pihak yang bertikai

f. Stalemate

Stalemate adalah suatu akomodasi dimana pihak-pihak yang bertikai memiliki kekuatan yang seimbang sehingga mereka memutuskan untul berhenti pada satu titik tertentu dalam melakukan pertentangannya.

g. Ajudikasi (Adjudication)

Ajudikasi adalah bentuk akomodasi dimana Penyelesaian perkara atau sengketa di lakukan melalui proses pengadilan. Bentuk akomodasi ini dilaksanakan ketika pihak yang bertikai mengalami kebuntuan untuk menyelesaikan sengketa.

Baca juga | Manfaat Manajemen Risiko Bagi Perusahaan Secara Umum

ciri-ciri akomodasi

akomodasi adalah

Berikut merupakan ciri-ciri akomodasi :

  • Dalam proses akomodasi akan melibatkan dua orang atau lebih yang mengalami pertikaian atau terjebak dalam situasi tegang sehingga menjadi penghalang untuk mereka bertemu atau mengadakan kerja sama.
  • Untuk melakukan proses akomodasi, kedua belah pihak yang bertikai harus bersedia untuk memberi dan menerima untuk mengadakan perubahan sikap dan bertingkah laku satu sama yang lain dengan menghilangkan atau mengurangi kepentingan mereka.
  • Tujuan dari akomodasi adalah tidak saling mengganggu sehingga dimungkinkan masing-masing pihak mengetahui dan menerima situasi dan kondisi pihak lain.

Baca juga | Arti MoU : Pengertian, Jenis-Jenis, Tujuan, Ciri-Ciri dan Manfaat

Kesimpulan

Akomodasi adalah refleksi dari keadaan atau proses kehidupan yang kita jalani setiap harinya.

Pengertian akomodasi secara umum adalah sebuah cara atau usaha yang dilakukan untuk menyelesaikan konflik maupun pertikaian antara dua pihak.

Meskipun banyak bentuk akomodasi yang tersedia seperti yang di uraikan diatas namun masih saja ada pertentangan yang belum bisa teratasi dengan sempurna.

Walaupun demikian bentuk akomodasi masih tetap dibutuhkan terutama dengan situasi dunia saat ini.

Selama masih terjadi pertentangan antar perorangan atau kelompok maka membutuhkan akomodasi untuk menyelaraskan kepentingan-kepentingan mereka.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Akomodasi, Tujuan, Fungsi dan Bentuk Akomodasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *