pengertian akuntansi biaya

Pengertian Akuntansi Biaya, Tujuan dan Fungsi Akuntansi Biaya

Posted on

Pengertian Akuntansi Biaya

Pengertian akuntansi biaya – Akuntansi biaya memiliki peranan yang sangat vital di dalam sebuah manajemen perusahaan agar perusahaan dapat menetapkan harga pokok atau juga produk yang dihasilkan.

Dengan kemampuan tersebut maka perusahaan dapat meningkatkan dan mempertahankan kualitas yang secara tidak langsung dapat menjamin kelancaran penerimaan laba atas penjualan.

Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian biaya menurut para ahli :

Mulyadi (2007: 7)

Menurut Mulyadi, pengertian akuntansi biaya adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk atau jasa degnan cara tertentu serta penafsiran terhadapnya.

Supriyono (2011: 12)

Menurut Supriyono, definisi akuntansi merupakan cabang akuntansi yang berfungsi sebagai alat manajemen untuk melakukan monitor dan merekam transaksi biaya dengan  sistematis dan menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.

Bustami dan Nurlela (2006: 3)

Menurut Bustami dan Nurlela, pengertian akuntansi biaya adalah sebuah bidang akuntansi yang mempelajari cara mencatat, mengukur serta melaporkan informasi biaya yang digunakan.

Rayburn

Menurut Rayburn, pengertian akuntansi biaya adalah sebuah ilmu yang dipergunakan untuk mengidentifikasi, menghitung, melaporkan dan menganalisa semua unsur biaya perusahaan.

Kholmi dan Yuningsih

Menurut Kholmi dan Yuningsih, arti akuntansi biaya adalah proses untuk melacak, mencatat, mengalokasikan dan melaporkan seluruh kegiatan pembiayaan.

Semua jenis biaya yang terkait dengan kegiatan produksi untuk memproduksi barang atau jasa harus di perhitungkan.

Berdasarkan dari pengertian akuntansi biaya menurut para ahli di atas maka dapat disimpulkan bahwa akuntansi adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan serta penyajian laporan informasi finasial dan non finansial yang terkait dengan biaya produk atau jasa yang di hasilkan oleh perusahaan.

Dengan informasi itu dapat di pergunakan untuk dasar perencanaan dan pengambilan keputusan pihak manajemen atau pihak di luar perusahaan dalam rangka pengalokasian sumber ekonomi untuk menghasilakan keuntungan yang telah ditentukan.

Baca juga | Pengertian Laporan Keuangan, Tujuan, Pengguna dan Karakteristik

Tujuan akuntansi biaya

Menurut Irawati (2009: 2), ada 3 (tiga) tujuan akuntansi biaya yaitu :

  • Menghitung harga pokok produksi atau menetapkan harga sehingga diharapkan harga pokok produksi bisa diperoleh dengan wajar.
  • Mengendalikan harga yang paling liquid yaitu paling mudah untuk dicairkan seperti kas.
  • Akuntansi biaya dapat digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan oleh pihak manajemen atau manajer.

Baca juga | Pengertian Akuntansi, Fungsi, Tujuan, Jenis-Jenis dan Siklus Akuntansi

Fungsi akuntansi biaya

Menurut Mulyadi (2007: 7), fungsi akuntansi biaya adalah mengukur pengorbanan nilai input tertentu untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen yang berguna untuk mengukur apakah aktivitas tersebut bisa mendapatkan laba atau sisa hasil usaha tersebut.

Sedangkan menurut Bastian (2006: 3). fungsi akuntansi biaya adalah sebagai berikut :

  • Menyusun dan melaksanakan rencana anggaran perusahaan
  • Menetapkan cara penghitungan biaya dan prosedur yang menjamin adanya pengendalian dan bila memungkinan mengurangi biaya atau beban biaya serta memperbaiki mutu.
  • Menetapkan nilai persediaan dengan tujuan menghitung biaya dan menetapkan harga, mengevaluasi kinerja produk, departemen atau divisi serta memeriksa persediaan dalam bentuk fisik.
  • Menghitung biaya dan laba perusahaan di dalam satu periode akuntansi, tahunan atau periode yang singkat.
  • Memilih alternatif terbaik yang dapat menaikkkan atau menurunkan biaya.

Bila fungsi akuntansi ini adalah memberikan informasi untuk manajemen yaitu dengan menganalisa data biaya dan pendapatan yang dikumpulkan dan dicarat manajemen dapat menghitung keuntungan bersih perusahaan dengan tepat.

Dengan mengaitkan antara jumlah biaya yang dikeluarkan dengan pendapatan yang di hasilkan dari periode tertentu, dari data biaya dan pendapatan tersebut.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan pengertian akuntansi biaya diatas maka dapat disimpulkan bahwa akuntansi biaya adalah sebuah cabang ilmu akuntansi yang mempelajari cara mencatat, mengukur serta melaporkan inforamasi biaya yang dapat digunakan tim manajemen sebagai dasar dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian akuntansi biaya, tujuan akuntansi biaya dan fungsi akuntansi biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *