pengertian akuntansi manajemen

Pengertian Akuntansi Manajemen, Tujuan dan Fungsi

Posted on

Pengertian Akuntansi – Manajemen Akuntansi manajemen merupakan salah satu bidang akuntansi yang memiliki tujuan utama untuk menyajikan laporan untuk kepentingan pihak internal dalam menjalankan proses manajemen.

Secara umum pengertian dari Akuntansi manajemen adalah proses untuk mengidentifikasi, mengukur, mengakumulasi, menyiapkan, menganalisa, mengintrepretasikan serta mengkomunikasikan kejadian ekonomi yang dimanfaatkan oleh pihak manajemen untuk melakukan perencanaan, pengendalian, pengambilan keputusan, dan penilaian kinerja perusahaan.

Baca juga | Pengertian Akuntansi Keuangan, Fungsi dan Tujuan Akuntansi Keuangan

Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

akuntansi manajemen adalah

Berikut beberapa Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli, yaitu :

Halim dan Soepomo (2000: 5)

Menurut Halim dan Soepomo, pengertian akuntansi manajemen adalah sebuah kegiatan yagn menghasilkan informasi keuangan bagi manajemen sebagai sebuah sistem pengolahan informasi keuangan dan akuntansi manajemen sebagai tipe informasi.

S. Munawir (2002; 287)

Menurut S. Munawir, pengertian akuntansi manajemen adalah proses didalam organisasi untuk menghasilkan informasi yang di pergunakan manajemen di dalam perencanaan,, implementasi dan pengawasan kegiatan organisasi.

Mulyadi (2001: 2)

Pengertian akuntansi manajemen menurut Mulyadi adalah proses untuk mengolah data keuangan untuk menghasilkan informasi keuangan yang digunakan untuk pengambilan keputusan yang berdasarkan informasi di dalam pengambilan keputusan.

Rudianto (2013: 9)

Menurut Rudianto, pengertian akuntansi manajemen adalah sistem akuntansi dimana informasi yang dihasilkan di tujukan kepada pihak internal organisasi seperti manajer keuangan, manajer produksi atau manajer pemasaran.

Darsono Prawironegoro (2008: 2)

Menurut Darsono Prawironegoro, pengertian akuntansi manajemen adalah beberapa tindakan dan proses akuntansi yang memiliki tujuan untuk mengukur dan melakukan evaluasi kinerja personal yang terlibat di dalam organisasi dengan mengunakan kinerja keuangan dan non keuangan.

Baca juga | Pengertian Akuntansi, Fungsi, Tujuan, Jenis-Jenis dan Siklus Akuntansi

Tujuan Akuntansi Manajemen

Tujuan Akuntansi Manajemen

Berikut beberapa tujuan akuntansi manajemen yaitu :

  • Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk dan tujuan lain yang di inginkan oleh manajemen.
  • Menyediakan informasi yang di pergunakan di dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian serta perbaikan yang berkelanjutan.
  • Untuk menyediakan informasi di dalam pengambilan keputusan.

Berlandaskan dari beberapa tujuan di atas maka terlihat bahwa tujuan akuntansi manajemen adalah untuk menghasilkan informasi akuntansi yang dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan internal atau manajemen perusahaan.

Baca juga | Pengertian Akuntansi Biaya, Tujuan dan Fungsi Akuntansi Biaya

Fungsi Akuntansi Manajemen

Fungsi Akuntansi Manajemen

Manajemen akuntansi bagi perusahaan terdapat beberapa fungsi yaitu :

1. Alat analisa dalam pengambilan keputusan

Akuntansi manajemen dapat berfungsi sebagai alat analisa yang dapat memberikan data kualitatif dan kuantitatif.

Oleh sebab itu akuntansi manajemen dapat digunakan untuk panduan untuk pihak manajemen untuk pengambilan keputusan terutama untuk mengambil keputusan yang rumit.

Keputusan tersebut biasanya berhubungan dengan kegiatan operasional atau keputusan tertentu seperti untuk investasi.

Dengan adanya akuntansi manajemen maka pengambilan keputusan dapat menyesuaikan dengan data yang valid.

2. Informasi bagi pihak eksternal

Menurut Chartered Institute of Management Accountants (CIMA), akuntansi tidah hanya dapat digunakan oleh pihak internal perusahaan tapi juga dapat di manfaatkan oleh pihak eksternal yang memiliki kepentingan.

Dengan adanya informasi dalam akuntansi manajemen maka pihak eksternal yang berkepentingan dapat mengambil keputusan.

3. Sumber data keuangan

Akuntansi manajemen dapat memberikan informasi atau data tentang keuangan perusahaan sebagai sumber data yang valid.

Hal ini sangat penting karena sumber data yang valid tersebut dapat dijadikan sebagai landasan untuk membuat rencana aktivitas atau operasional perusahaan.

4. Informasi pertanggung jawaban tingkatan manajemen.

Akuntansi manajemen dapat dijadikan sarana dan laporan pertanggungjawaban setiap tingkatan manajemen.

Dengan akuntansi manajemen ini juga dapat digunakan untuk kepentingan antara divisi untuk membuat rencana program rencanan kerja yang menyesuaikan dnegan kondisi perusahaan secara keseluruhan.

5. Untuk mengukur dan memonitoring kinerja perusahaan

Akuntansi manajemen memiliki fungsi untuk mengukur dan memonitoring kinerja perusahaan.

Laporan keuangan di dalam akuntansi manajemen dapat memberikan data historis perusahaan yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan secara menyeluruh.

Proses evaluasi ini sangat penting bagi perusahaan untuk menilai sejauh mana kinerja perusahaan dalam mencapai tujuan dan target.

Dengan adanya evaluasi ini maka perusahaan dapat melakukan kontrol dan pengawasan terhadap kinerja perusahaan.

Sehingga mereka dapat melakukan deteksi sejak dini bila terjadi permasalahan sehingga permasalahan tersebut dapat segera di tangani.

6. Koordinasi seluruh aktivitas perusahaan.

Dengan akuntansi manajemen maka setiap divisi di dalam perusahaan dapat berjalan dengan bersinergi sehingga seluruh proses operasional dapat terkoordinasi dan menyesuaikan dengan kepentingan masing-masing divisi.

Hal ini dapat meminimalisasi terjadinya benturan kepentingan antara divisi di dalam perusahaan.

Baca juga | Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Kesimpulan

Berdasarkan dari pembahasan diatas maka dapat di simpulkan bahwa pada dasarnya akuntansi manajemen merupakan bidang ilmu akuntansi yang memberikan informasi yang dibutuhkan perusahaan.

Dengan kata lain akuntansi manajemen dapat memberikan informasi dan juga gambaran tentang keuangan perusahaan dalam pencapaian tujuan perusahaan.

Pihak manajemen harus dapat menentukan tujuan perusahaan serta menjabarkan tujuan serta mengambil keputusan untuk pencapaian itu berdasarkan informasi yang didapat dari akuntansi manajemen.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Pengertian Akuntansi Manajemen, Tujuan dan Fungsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *