Pengertian Bauran Pemasaran

Pengertian Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dan Unsur-Unsur

Posted on

Bauran Promosi

Pengertian Bauran Pemasaran (Marketing Mix) – Secara garis besar, pemasaran merupakan aktivitas pokok yang dijalankan oleh pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan hidupnya untuk berkembang dan mendapatkan laba.

Pemasaran ini dapat terdiri dari kegiatan yang bermanfaat untuk menciptakan, mengembangkan dan mendistribusikan barang yang dihasilkan sesuai dengan permintaan calon pembeli atas dasar kemampuan dalam menghasilkan barang.

Pengertian Bauran Pemasaran

Didalam konsep pemasaran kita juga mengenal adanya istilah bauran pemasaran (marketing mix).

Marketing Mix adalah salah satu konsep utama pada pemasaran modern.

Bauran pemasaran dapat diartikan sebagai kombinasi dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran.

Hal ini dapat diartikan bahwa bauran pemasaran adalah kumpulan dari variabel yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen.

Dengan adanya variabel yang digunakan perusahaan maka dapat menciptakan kombinasi yang memberikan hasil yang maksimal.

Menurut Philip Kotler, pengertian bauran pemasaran adalah serangkaian variabel pemasaran terkendali yang di gunakan oleh perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang dikendalikan perusahaan dari pasar sasarannya.

Bauran pemasaran ini dapat meliputi segalah hal yang dijalankan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan produknya yang dikenal dengan “4P” yaitu product, price, place dan promosi.

Ke empat hal tersebut bisa mempengaruhi pemasaran sehingga segala hal pentingnya merupakan kesatuan strategi acuan atau bauran.

Menurut Dhaimesta dan Irwin, pengertian bauran pemasaran adalah variabel yang digunakan perusahaan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Atas dasar beberapa pengertian bauran pemasaran maka dapat dikatakan bahwa unsur-unsur pemasaran yang saling terikat, di baurkan, di organisir dan di gunakan dengan tepat sehingga perusahaan bisa mencapai tujuan pemasaran secara efektif sekaligus memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Baca juga | Pengertian Pemasaran, Definisi, Tujuan, Fungsi dan Jenis-Jenis

Unsur-Unsur Marketing Mix

Konsep bauran pemasaran menurut Kotler dan Keller (2012:25) terdiri dari 4P, yaitu yaitu:

1. Product (produk)

Produk adalah sesuatu hal yang bisa ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian agar produk yang dijual mau di beli, di gunakan atau dikonsumsi yang bisa memenuhi suatu keinginan atau kebutuhan dari konsumen.

2. Harga (Price)

Harga merupakan sejumlah nilai yang di tukarkan konsumen dengan manfaat dari memiliki atau menggunakan produk atau jasa yang nilainya ditetapkan oleh pembeli dan penjual melalui tawar menawar atau ditentukan penjual untuk sebuah harga yang sama pada seluruh pembeli.

3. Tempat (Place)

Suatu tempat diasosiasikan sebagai saluran distribusi yang ditujukan untuk mencapai target konsumen.

Sistem distribusi ini mencakup lokasi, transportasi, pergudangan, dan sebagainya.

4. Promosi (Promotion)

Promosi adalah kegiatan yang menyampaikan manfaat produk dan membujuk pelanggan membelinya.

Dan untuk usaha jasa terdapat 7 unsur bauran pemasaran (Marketing Mix – 7p) yaitu: Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Proses, Dan Physical Evidence.

a. Product (Produk)

Produk merupakan elemen penting didalam sebuah program pemasaran.

Strategi produk dapat mempengaruhi strategi pemasaran lainnya.

Pembelian suatu produk tidak hanya sekedar untuk memiliki produk itu tetapi juga untuk pemenuhan kebutuhan serta keinginan konsumen.

b. Price (Harga)

Menurut Monroe (2005), arti harga adalah pengorbanan ekonomis yang dilakukan pelanggan untuk memperoleh produk atau jasa.

Fandy Tjiptono (2008:151) menyatakan bahwa harga adalah satuan moneter atau ukuran lainnya yang bisa ditukar untuk memperoleh hak kepemilikan atau juga penggunaan sebuah barang atau jasa.

Harga dikatakan mahal, murah atau biasa-biasa saja dari setiap individu tidaklah harus sama, karena tergantung dari persepsi individu yang dilatar belakangi oleh lingkungan kehidupan dan kondisi individu (Schifman and Kanuk, 2001).

c. Promotion (promosi)

Pengertian promosi adalah aktivitas untuk mengkomunikasikan informasi dari penjual kepada konsumen atau pihak lain didalam saluran penjualan dengan tujuan mempengaruhi sikap dan perilaku.

Berikut adalah beberapa media promosi yang bisa untuk di gunakan didalam bisnis ini :

  • Periklanan
  • Promosi penjualan
  • Publisitas dan hubungan masyarakat
  • Pemasaran langsung

Penentuan media promosi yang akan digunakan didasarkan pada jenis dan bentuk produk itu sendiri.

d. Place (saluran distribusi)

Kotler (2009:96) menyatakan bahwa saluran distribusi dapat meliputi seperangkat lembaga yang menjalankan seluruh kegiatan yang di manfaatkan untuk menyalurkan produk dari produsen ke konsumen.

Dari definisi diatas dapat diartikan bahwa saluran distribusi suatu barang adalah keseluruhan kegiatan atau fungsi untuk memindahkan produk disertai dengan hak pemiliknya dari produsen ke konsumen akhir atau pemakai industri.

Distribusi ini terkait dengan kemudahan untuk mendapatkan produk dalam pasar dan tersedia saat konsumen sedang mencarinya.

Distribusi memperlihatkan berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk menjadikan produk atau jasa dipe roleh dan tersedia bagi konsumen sasaran.

e. People (partisipan)

Arti partisipan disini adalah karyawan penyedia jasa layanan maupun penjualan atau semua orang yang terlibat secara langsung atau tidak langsung pada proses layanan itu sendiri

f. Process (proses)

Proses adalah kegiatan menjelaskan bagaimana pelayanan di berikan kepada konsumen untuk melakukan pembelian barang.

Pengelola usaha melalui front liner sering menawarkan berbagai macam bentuk pelayanan untuk tujuan menarik konsumen.

Fasilitas jasa konsultasi gratis, pengiriman produk, credit card, card member dan kemudahan persyaratan dalam mengajukan pinjaman yang semuanya memberikan image baik pada perusahaan.

g. Physical Evidence (Lingkungan Fisik)

Lingkungan fisik adalah keadaan atau kondisi yang di dalamnya juga termasuk suasana.

Salah satu unsur yang harus didayagunakan oleh organisasi sehingga menimbulkan rasa nyaman, tentram dan dapat meningkatkan hasil kerja yang baik untuk meningkatkan kinerja organisasi.

Dari ketujuh elemen marketing mix tersebut yang merupakan kunci sukses bagi sebuah usaha jasa diantaranya adalah kelengkapan produk layanan yang siap ditawarkan (one stop service), lokasi yang strategis, keramahan dan efektivitas pelayanan, tempat parkir yang memadai, dan fasilitas lain pendukung kenyamanan konsumen.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dan Unsur-Unsur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *