pengertian berita

Pengertian Berita Adalah, Jenis-Jenis dan Struktur

Posted on

Pengertian Berita – Kata berita merupakan isitlah yang berasal dari bahasa Sansekerta yaitu “vrit” yang berarti ada atau terjadi.

Bahkan sebagian ada yang mengatakan dengan vritta yang berarti “kejadian” atau “yang telah terjadi”.
Kata vritta kemudian diserap kedalam bahasa Indonesia menjad berita atau warta.

Pengertian Berita Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian berita menurut para ahli :

Dean M. Lyle Spencer

Menurut Dean M. Lyle Spencer, pengertian berita adalah sebuah kenyataan atau ide yang benar dan bisa menarik perhatian sebagian dari pembaca.

Williard C. Bleyer

Menurut Williard C. Bleyer, pengertian berita adalah sesuatu yang bersifat aktual yang dipilihkan oleh wartawan untuk di muat kedalam surat kabar karena hal tersebut dapat menarik atau memiliki makna untuk membaca.

Haris Sumadiria

Menurut Haris Sumadiria, pengertian berita adalah laporan tercepat tentang fakta atau ide terbaru yangbenar, menarik dan juga penting bagi sebagian besar khalayak melalui media berkala seperti surat kabar, televisi, radio atau media-media lainnya.

William S Maulsby

Pengertian berita menurut William S Maulsby adalah sebuah penuturan dengan benar serta tidak memihak dari fakta yang memiliki arti penting dan baru terjadi serta bisa menarik perh adalahatian pembaca surat kabar yang menampilkan berita tersebut.

Amak Syarifuddin

Definisi berita menurut Amak Syarifuddin adalah sebuah laporan kejadian yang di timbulkan sebagai bahan yang dapat menarik perhatian publik media masa.

J.B. Wahyudin

Pengertian berita menurut J.B. Wahyudin adalah sebuah laporan terkait dengan peristiwa atau pendapat yang memiliki nilai penting, menarikk untuk sebagian khalayak, masih baru dan di publikasikan melalui media masa periodik.

Baca juga | Pengertian Informasi, Jenis-Jenis, Fungsi, Ciri-Ciri dan Karakteristik

Jenis-Jenis Berita

Didalam jurnalistik, jenis berita dapat terbagi menjadi 3 (tiga) kelompok yaitu elementary, intermediate dan advance.

Berita elementery dapat meliputi berita langsung (straight news), berita mendalam (depth news report) dan berita menyeluruh (comprehensive news report).

Sedangkan berita intermediate dapat terdiri dari berita interpretatif (interpretative news report),dan pelaporan karangan khas (feature story report).

Kemudian untuk berita advance dapat terdiri dari pelaporan mendalam (depth reporting), pelaporan penyelidikan (investigative reporting), dan penulisan tajuk rencana (editorial writing).

Jenis-jenis berita yang dikenal dalam dunia jurnalistik menurut Romli antara lain adalah sebagai berikut:

  • Straight News : berita langsung, apa adanya, di tulis dengan singkat serta lugas. Sebagian besar halaman depan surat kabar atau yang menjadi berita utama (headline) merupakan berita jenis ini.
  • Depth News : berita mendalam, dikembangkan dengan pendalaman hal-hal yang ada di bawah suatu permukaan.
  • Investigation News : berita yang di kembangkan atas dasar penelitian atau penyelidikan dari berbagai sumber.
  • Interpretative News : berita yang dikembangkan dengan pendapat atau penilaian wartawan berdasarkan fakta yang ditemukan.
  • Jenis berita berikutnya adalah Opinion News  yaitu jenis  berita yang terkait dengan pendapat seseorang dan pada umumnya pendapat dari cendekiawan, sarjana, ahli, atau pejabat mengenai suatu hal, peristiwa, kondisi, dll.

Baca juga | Pengertian Pamflet, Tujuan, Ciri-Ciri, Jenis, Kelebihan dan Kelemahan

Struktur Berita

struktur berita yang lengkap adalah seperti yang tertulis dibawah ini :

  • Judul (head)
  • Dateline, yakni tempat atau waktu berita itu diperoleh dan disusun.
  • Teras berita (Lead)
  • Isi berita (Body)

Unsur-Unsur Berita

Menurut Romli (2014: 5), didalam berita harus memenuhi beberapa unsur atau syarat, yaitu :

1. Cepat

Menurut Al Hester, sebuah tulisan jurnalistik adalah tulisan yang dapat memberikan pemahaman kepada pembaca tentang informasi yang sebelumnya tidak mereka ketahui.

Oleh sebab itu didalam berita harus terdapat unsur cepat yaitu aktual dan ketepatan waktu.

2. Nyata (faktual)

Berita harus berupa informasi yang terkait dengan fakta dan bukan fiksi atau karangan.

Di dalam unsur ini berita harus berupa informasi terkait dengan keadaan sebenarnya atau laporan terkait dengan fakta sebagaimana adanya.

Fakta didalam dunia jurnalistik harus terdiri dari kejadian nyatam pendapat, pernyataan sumber berita.

3. Penting

Berita harus terkait dengan kepentingan orang banyak seperti peristiwa yang dapat berpengaruh kepada kehidupan masyarakat secara luas atau dinilai harus diketahui dan di informasikan banyak.

4. Menarik

Di dalam unsur ini, berita harus dapat mengundang orang banyak membaca berita yang ditulis tersebut.

Berita ini harus dapat menarik perhatian pembaca selaint itu harus bersifat aktual dan faktual dan menyangkut kepentingan orang banyak dan juga berita dapat bersifat menghiburm mengandung keganjilan atau juga berita yang dapat menyentuh emosi atau perasaan.

Secara ringkasm berita adalah laporan yang dapat memenuhi ke empat syarat diatas karena tidak semua peristiwa layak untuk di informasikan atau di laporkan.

Oleh sebab itu, seorang jurnalis harus mampu membedakan peristiwa yang memiliki nilai berita dan tidak mengandung unsur-unsur diatas.

Untuk mempermudah untuk mengenali ke empat syarat tersebut maka wartawan bisa menggunakan rumus 5W+1H, yang terdiri dari :

  • What : Apa yang terjadi?
  • Where : Dimana hal itu terjadi?
  • When : Kapan peristiwa itu terjadi?
  • Who : Siapa yang terlibat dalam kejadian itu?
  • Why : Kenapa hal itu terjadi?
  • How : Bagaimana peristiwa itu terjadi?

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Berita Adalah, Jenis-Jenis dan Struktur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *