pengertian biaya produksi

Pengertian Biaya Produksi Adalah, Unsur dan Tujuan

Posted on

Pengertian Biaya Produksi

Pengertian Biaya Produksi – Biaya produksi adalah salah satu elemen penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan pada saat akan melakukan kegiatan produksi.

Hal ini dikarenakan setiap perusahaan memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang besar dalam setiap aktivitas produksinya.

Oleh sebab itu diperlukan pemahaman yang mendalam tentang biaya produksi agar perusahaan bisa memperhitungkan seluruh biaya yang akan di keluarkan untuk menghasilkan barang.

Pengertian biaya produksi secara umum adalah seluruh biaya yang timbul akibat pengolahan bahan baku menjadi produk jadi yang siap untuk dipasarkan.

Biaya produksi juga dapat didefinisikan sebagai biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan dalam membuat produk baik barang ataupun jasa.

Baca juga | Pengertian Laba Ditahan, Rumus dan Manfaat

Pengertian Biaya Produksi Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian biaya produksi menurut para ahli :

Sutrisno (2012)

Menurut Sutrisno, pengertian biaya produksi adalah biaya yang dikeluarkan untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi.

Ismaya (2010)

Menurut Ismaya, definisi biaya produksi di dalam kamus akuntansi adalah biaya untuk memproduksi yang terdiri dari bahan langsung, upah langsung dan biaya tidak langsung.

Mulyadi (2012: 14)

Menurut Mulyadi, pengertian biaya produksi adalah biaya-biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi yang siap untuk di jual.

Ardiyos (2010)

Menurut Ardiyos didalam kamus besar akuntansi, pengertian biaya produksi adalah biaya yang terjadi untuk menghasilkan suatu produk atau jasa.

Hansen Mowen (2004: 19)

Menurut Hansen Mowen, definisi biaya produksi adalah biaya yang berkaitan dengan pembuatan barang atau penyediaan jasa.

Amin Widjaja Tunggal (1993: 1)

Menurut Amin Widjaja Tunggal, arti biaya produksi adalah biaya yang terkait dengan produksi sebuah item yaitu jumlah bahan langsung, upah langsung dan biaya factory overhead.

Abdul Halim (1988: 5)

Menurut Abdul Halim, pengertian biaya produksi adalah akumulasi biaya yang berhubungan langsung dengan proses produksi barang dan akan di pertemukan dengan penghasilan dalam saat produk tersebut di jual.

M. Nafarin (2009: 497)

Menurut M. Nafarin, arti biaya produksi adalah semua biaya yang terkait dengan barang yang di hasilkan di mana terdapat unsur biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya factory overhead.

Unsur Biaya Produksi

Untuk melakukan kegiatan produksi maka setiap perusahaan membutuhkan biaya produksi yang terdiri dari unsur-unsur berikut :

1. Biaya Bahan Baku Langsung (Direct Material)

Semua bahan baku adalah bagian dari barang jadi sehingga dapat dimasukkan secara langsung dalam perhitungan biaya produksi.

Hal yang menjadi pertimbangan untuk mengelompokkan bahan kedalam bahan langsung adalah mempermudah untuk menelusuri proses perubahan bahan tersebut menjadi produk jadi.

2. Biaya Tenaga Kerja langsung (Direct Labour)

Biaya tenaga kerja langsung merupakan biaya tenaga kerja yang dapat dengan mudah untuk ditelusuri dalam proses produksi atau biaya yang di keluarkan untuk tenaga kerja dalam mengubah bahan baku menjadi bahan jadi

Tenaga kerja langsung ini merupakan tenaga kerja yang langsug menangani produk saat produksi.

Contoh biaya-biaya ini dapat terdiri dari gaji karyawan yang dapat dibebankan produk tertentu.

3. Biaya Overhead Pabrik (Factory Overhead)

Biaya overhead pabrik adalah seluruh jenis biaya selain biaya bahan baku dan tenaga kerja langsung yang juga diperlukan di dalam proses produksi.

Sifat dari biaya overhead pabrik ini biasanya hanya memberikan pelayanan untuk menunjang, memperlancar, mempermudah atau sebagai pengerak kegiatan itu sendiri.

Pada umumnya biaya ini sangat sulit untuk ditelusuri secara konkrit pada produk akhir.

Baca juga | Pengertian Produksi, Tujuan, Fungsi dan Faktor Produksi

Tujuan Perencanaan Biaya Produksi

Tujuan yang ingin dicapai dari perencanaan biaya produksi adalah :

  • Menghasilkan produk dengan biaya yang sekecil mungkin tanpa harus mengurangi kualitas produk yang dihasilkan.
  • Mendapatkan keuntungan yang diharapkan perusahaan.
  • Melaksanakan proses produksi perusahaan secara efektif dan efisien.

Dengan melakukan perencanaan biaya produksi juga bisa mendapatkan manfaat sebagai berikut :

  • Menimbulkan kegiatan produksi yang teratur
  • Membantu memberikan gambaran kemungkinan yang akan terjadi dimasa mendatang.
  • Memotivasi prestasi kerja

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Biaya Produksi, Unsur dan Tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *