pengertian budaya kerja

Pengertian Budaya Kerja, Tujuan, Manfaat, Jenis-Jenis dan Indikator

Posted on

Pengertian Budaya Kerja – Pada dasarnya, bekerja adalah cara manusia untuk mengaktualisasikan dirinya serta bentuk nyata dari nilai keyakinan yang dianut dan menjadi motivasi untuk menghasilkan karya bermutu.

Nilai-nilai tersebut berasal dari adat istiadat, agama, norma dan kaidah yang menjadi keyakinan pada pelaku kerja atau organisasi.

Nilai-nilai yang menjadi kebiasaan tersebut dapat dikatakan sebagai budaya dan bila dikaitkan dengan dengan kerja maka hal tersebut dikatakan budaya kerja (Trigono, 2004).

Baca juga | Pengertian Budaya Organisasi, Fungsi, Karakteristik, Jenis-Jenis dan Tipe

Pengertian Budaya Kerja Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian budaya kerja menurut para ahli, yaitu :

Sulakso (2002)

Pengertian budaya kerja adalah “the way we are doing here” atau sikap dan perilaku pegawai untuk melaksanakan tugas.

Oleh sebab itu, setiap proses atau fungsi kerja harus memiliki perbedaan dalam bekerja yang dapat mengakibatkan berbedanya nilai-nilai yang sesuai untuk diambil dalam kerangka kerja organisasi.

Supriyadi dan Tri Guno

Menurut Supriyadi dan Tri Guno, pengertian budaya kerja adalah sebuah falsafah yang berlandaskan pada

pandangan hidup sebagai nilai yang menjadi kebiasaaan, sifat dan pendorong yang dibudayakan dalam sebuah kelompok dan tercermin pada sikap menjadi perilaku, cita-cita, pendapat, pandangan serta tindakan yang terwujud sebagai kerja.

Biech

Menurut Biech, pengertian budaya kerja adalah semua yang memiliki arti proses yang panjang yang terus menerus di sempurnakan dengan tuntunan dan kemampuan SDM itu sendiri sesuai dengan prinsip pendoman yang diakui.

Mangkunegara (2005)

Pengertian budaya kerja menurut Mangkunegara adalah perangkat asumsi atau sistem keyakinan, nilai dan norma yang di kembangkan didalam organisasi yagn dapat dijadikan sebagai landasan tingkah laku bagi anggota untuk mengatasi permasalahan adaptasi eksternal maupun integrasi internal.

Nawawi (2003)

Menurut Nawawi, pengertian budaya kerja adalah kebiasaan yang dijalankan secara berulang oleh para pegawai di dalam suatu organisasi.

Terjadinya pelanggaran pada kebiasaan-kebiasaan ini memang tidak akan diberikan sangsi yang tegas tapi para pelaku secara moral telah bersepakat bahwa kebiasaan tersebut merupakan kebiasaan yang harus diikuti dengan maksud agar pelaksanaan pekerjaan dapat mencapai tujuan.

Berdasarkan dari beberapa pengertian budaya kerja menurut para ahli diatas maka dapat disimpulkan bahwa budaya kerja adalah cara pandang yang dapat menumbuhkan keyakinan yang berdasarkan pada nilai-nilai yang di yakini para karyawan untuk mewujudkan prestasi kerja.

Baca juga | Pengertian Budaya, Fungsi, Ciri-Ciri, Unsur-Unsur dan Wujud

Tujuan dan Manfaat Budaya Kerja

Tujuan budaya kerja adalah untuk memperbaiki sikap dan perilaku SDM yang berada di dalam organisasi agar bisa meningkatkan produktivitas kerja untuk menghadapi semua tantangan dimasa mendatang.

Manfaat budaya kerja yang baik diantaranya adalah :

  • Meningkatkan jiwa gotong royong
  • Meningkatkan kebersamaan
  • Menumbuhkan sikap Keterbukaansatu sama lain
  • Meningkatkan jiwa kekeluargaan
  • Meningkatkan rasa kekeluargaan
  • Membangun komunikasi yang lebih baik
  • Meningkatkan produktivitas kerja
  • Tanggap dengan perkembangan dunia luar
  • Dll

Jenis-Jenis Budaya Kerja

Menurut Tika, Jenis-jenis budaya kerja dapat dibagi menjadi 4 (empat) kategori, yaitu :

Budaya Rasional

Pada jenis budaya kerja ini, proses informasi individual dapat diasumsikan sebagai sarana untuk tujuan kerja kerja yang ditunjukkan seperti efisiensi, produktivitas serta keuntungan.

Budaya Ideologis

Pada jenis budaya kerja, proses informasi intuitif dapat diasumsikansebagai bagi tujuan revitalisasi (dukungan dari luar, perolehan sumber daya dan pertumbuhan).

Budaya Konsesus

Di dalam budaya ini proses informasi kolektif dapat diasumsikan sebagai sarana tujuan kohesi (iklim, moral dan kerjasama kelompok.

Budaya Hierarki

Pada budaya hierarki, pemrosesan informasi formal serpeti komputerisasi, dokumentasi dan evalusasi diasumsikan sebagai saran tujuan berkesinambungan.

Baca juga | Faktor Penyebab Perubahan Sosial Budaya dan Contohnya

Indikator Budaya Kerja

Indikator budaya kerja menurut Nurhadijah adalah sebagai berikut :

Disiplin

Perilaku yang selalu berlandaskan pada peraturan atau noram yang berlaku didalam atau diluar perusahaan.

Setiap karyawan yang memiliki kedisiplinan yang tinggi akan menjalankan semua tata tertib dengan baik dan bertanggung jawab.

Keterbukaan

Kesiapan dalam memberi dan menerima inforamsi yang benar dari sesama mitra kerja untuk kepentingan perusahaan.

Sikap keterbukaan ini adalah kemampuan dalam mengungkapkan pendapat serta perasaan secara langsung dan jujur.

Saling Menghargai

Indikator budaya kerja selanjutnya adalah sikap atau perlaku yang menghargai setiap individu, tugas dan tanggung jawab dari orang lain sesama mitra kerja.

Contoh sikap saling menghargai ini diantaranya adalah menghormati pendapat orang lain, membiarkan orang lain melakukan sesuatu yang menjadi haknya, dll.

Kerja Sama

Pada yang individu bersedia untuk memberi atau menerima kontribusi kepada mitar kerja didalam mencapai tujuan perusahaan.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Pengertian Budaya Kerja, Tujuan, Manfaat, Jenis-Jenis dan Indikator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *