Pengertian Customer Service

Pengertian Customer Service (CS) dan Tugas Customer Service

Posted on

Pengertian Customer Service – Di era modern saat ini terdapat tren permintaan konsumen yang cenderung menyukai hal yang instan dan tidak ingin repot.

Oleh sebab itu banyak pebisnis yang menawarkan kepada pelanggannya kemudahaan untuk membeli atau melakukan komplain.

Hal ini dilakukan untuk merebut hati konsumen sehingga mereka dapat memenangkan persaingan pasar yang semakin ketat.

Di sinilah peran penting seorang Customer Service untuk berinteraksi dan memberikan pelayanan kepada konsumen atau calon konsumen terkait dengan produk yang ditawarkan.

Bahkan saat ini peran Customer Service telah menjadi bagian vital bagi keberhasilan perusahana atau usaha.

Pengertian Customer Service

Istilah Customer Service berasal dari bahasa inggin yaitu “Customer” yang berarti pelanggan dan kata “Service” yang berarti pelayanan.

Berdasarkan dari hal tersebut maka Customer Service dapat di definisikan sebagai kegiatan yang di tujukan untuk memberikan pelayanan kepada setiap keluhan atau permasalah dari pelanggan.

Secara khusus, pengertian Customer Service dapat di artikan melayani setiap permasalahan atau keluhan yang di alami oleh pelanggan agar dapat teratasi sehingga akan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Menurut Kasmir. SE, MM, pengertian Customer Service adalah kegiatan yang ditujukan dan di peruntukkan untuk memberikan kepuasan pada konsumen dengan pelauyanan yang dapat memenuhi kegiatan kebutuhan nasabah.

Sedangkan menurut Rosadi, pengertian Customer Service merupakan bentuk pelayanan yang bertujuan untuk menarik simpati dan kepercayaan konsumen untuk menggunakan produk yang dijual atau ditawrarkan.

Berdasarkan dari beberapa pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa peranan Customer Service sangat penting karena terkait dengan keberhasilan perusahaan.

Hadirnya seorang Customer Service diharapkan bisa memberikan pelayanan secara akurat, baik, cepat dan ramah pada setiap konsumen.

Dengan pelayanan yang baik, memuaskan dan maksimal yang di lakukan Customer Service dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan.

Baca juga | Pengertian Promosi Adalah, Tujuan, Fungsi dan Strategi Promosi

Tugas Customer Service

Menurut Kasmir di dalam buku Pemasaran Bank (2004), fungsi dan tugas Customer Service adalah sebagai berikut :

1. Sebagai Reception atau penerima tamu

Seorang Customer Service memiliki tugas untuk menerima tamu yang datan dengan ramah, simpatik, menarik serta menyenangkan.

Oleh sebab itu harus dapat memberikan perhatian, berbicara dengan lembut dan jelas serta dengan bahasa yang mudah dimengerti.

2. Deskman

Customer Service memiliki tugas untuk melayani berbagai jenis aplikasi yang diajukan oleh nasabah atau pelanggan.

Mereka harus bisa memberikan berbagai informasi terkait dengan produk, menjelaskan manfaat dan ciri-cirinya.

Selain itu mereka harus mampu menjawab segala pertanyaan konsumen terkait produk serta memandu pelanggan bila mereka mengalami kesulitan.

c. Salesman

Menjadi Customer Service tidak hanya memiliki tugas melayani pelanggan tapi mereka jug amemiliki tugas untuk menjual produk dengan melakukan pendekatan dan juga mempertahankan pelanggan yang lama.

Mereka harus dapat mengatasi segala permasalahan yang dihadapi pelanggan seperti keluhan atau komplain.

d. Menjadi Customer Service Relation Officer

Tugas yang tidak kalah pentingnya adalah seorang Customer Service harus dapat terus membina hubungan baik dengan seluruh konsumen.

e. Komunikator

Customer service juga memiliki tugas untuk menghubungi konsumen serta memberikan berbagai informasi terkait dengan hal-hal yang terkait dengan perusahaan.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Pengertian Customer Service (CS) dan Tugas Customer Service.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *