pengertian diplomasi

Pengertian Diplomasi, Tujuan, Fungsi dan Pola Diplomasi

Posted on

Pengertian diplomasi – Diplomasi adalah salah satu elemen penting didalam pelaksanaan kepentingan suatu negara dan juga sebagai alat utama untuk mencapai kepentingan nasional yang terkait dengan negara lain atau organisasi internasional.

Dengan diplomasi ini sebuah negara dapat membangun citranya didalam hubungan antar negara.

Pada umumnya, hubungan diplomasi ini dilakukan paling awal ketika sebuah negara akan melakukan hubungan bilateral dengan negara lain sehingga mereka dapat mengembangkan hubungan selanjutnya.

Baca juga | Pengertian Negosiasi, Arti, Tujuan, Manfaat, Jenis-jenis dan Ciri-Ciri

Pengertian diplomasi menurut para ahli

diplomasi adalah

Kata diplomasi sendiri berasal dari kata yunani yunani yaitu “diploun” uyang dapat diartikan melipat.

Pengertian diplomosi secara umum adalah seni atau praktek dalam melakukan negosiasi yang dilakukan oleh diplomat untuk mewakili suatu negara atau organisasi.

Untuk lebih mendalami tentang pengertian diplomasi, maka kita dapat mencoba memahami beberapa definisi diplomasi menurut para ahli berikut :

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Pengertian diplomasi adalah urusan ataupun penyelenggaraan perhubungan resmi antara suatu negara dengan negara lainnya. Dapat juga diartikan sebagai urusan kepentingan suatu negara dengan perataraan wakil-wakilnya dinegara lain.

Suward Wiriaatmadha (1970)

Menurut Suward Wiriaatmadha, pengertian diplomasi adalah di dalam diplomasi terdapat prosedur hubungan antara negara yang bebas dan bergantung pada kemampuan serta kecakapan mereka yang melaksanakannya.

David W Ziegler (1984)

Menurut David W Ziegler, pengertian diplomasi adalah alat atau mesin politik luar negeri suatu negara dan diplomasi ini memiliki peran yang sangat vital untuk mengkomunikasi antara negara di dunia dalam menjaga perdamaian.

Geoffrey McDermott

Menurut Geoffrey McDermott, pengertian diplomasi adalah pertimbangan didalam manajemen hubungan internasional masing-masing negara, seberapapun kaliber dan ukurannya, selalu ingin memelihara atau mengembangkan posisinya didalam kancah internasional, meskipun pada kenyataanya akan ada yang lebih baik.

Ellis Briggs

Menurut Ellis Briggs, pengertian diplomasi adalah suatu kegiatan resmi dengan cara mengirimkan seseorang untuk mewakili pemerintahan. Tujuan dari diplomasi adalah menciptakan persetujuan dalam kacamata kebijakan.

Oxford Dictionary

Berdasarkan Oxford Dictionary, Pengertian diplomasi adalah manajemen hubungan internasional yang melalui negoisasi, dimana hubungan ini di selaraskan dan di atur oleh duta besar atau para wakil.

Adam Watson

Menurut Adam Watson, Definisi diplomasi adalah negoisasi antar perangkat politik yang keduanya bersifat independen.

Baca juga | Pengertian Akomodasi | Arti, Tujuan, Fungsi dan Bentuk Akomodasi

Tujuan diplomasi

tujuan diplomasi

Berdasarkan dari pengertian diplomasi diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tujuan diplomasi adalah menjalin hubungan antara negara.

Pada hakikatnya seluruh kegiatan antara negara di dunia merupakan bagian dari diplomasi yaitu memelihara hubungan antara negera.

Oleh sebab itu seorang Diplomat harus bertanggung jawab untuk mencapai tujuan diplomasi diantaranya :

  • Memberi pelindungan warga negaranya di luar negeri
  • Mempresentasikan bangsa dan negaranya diluar negeri
  • Membina, menjaga serta menyelenggarakan hubungan yang baik dengan negara lain
  • Menjaga kepentingan negara sendiri tidak dirugikan dalam kancah politik internasional

Menurut S.L. Roy (1991), tujuan diplomasi diantaranya adalah :

1. Tujuan politik

Tujuan diplomasi ini sangat berkaitan dengan kebebasan dalam berpolitik dan integritas wilayah teritorial negara.

2. Tujuan ekonomi

Hal ini terkait dengan pembangunan nasional dimana dengan adanya hubungan internasional maka diharapkan dapat membuka peluang untuk melakukan kerjasama ekonomi dengan negara lain hingga pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian nasional.

3. Tujuan kultur atau budaya

Tujuan diplomasi ini masih terkait dengan kultur budaya atau melestarikan dan memperkenalkan kebudayaan nasional di kancah internasional.

4. Tujuan ideologi

Tujuan ideologi ini adalah mempertahankan kepercayaan serta keyakinan yang diyakini sebuah bangsa.

Fungsi diplomasi

fungsi diplomasi

Menurut Norman dan Howard C Parkins, terdapat 3 (tiga) fungsi diplomasi, yaitu :

Fungsi representasi

Pada fungsi ini, Diplomat memiliki fungsi sebagai perwakilan sebuah negara dalam perundingan serta mempresentasikan negaranya kepada negara lainnya.

Fungsi negosiasi

Dengan kegiatan negosiasi maka suatu negara bisa melakukan proses negosiasi atau melakukan perundingan dengan negara yang lain.

Fungsi negosiasi ini dapat juga terkait dengan perdagangan , perdamaian atau juga menghindari konflik

Fungsi reporting

Mengawasi serta melaporkan tentang kondisi dan perkembangan negara tempat diplomat berdinas dalam hal budaya, militer, komersial, dll.

Pola diplomasi

pengertian diplomasi adalah

Dalam diplomasi memiliki beberapa pola yang berbeda dan setiap pola, berikut beberapa pola diplomasi :

Diplomasi Bilateral

Pengertian diplomasi bilateral adalah hubungan dua pihak di dalam hubungan internasional yang terkait dengan hubungan dua negara.

Diplomasi Multilateral

Menurut Freeman Jr, diplomasi multilateral adalah interaksi antar tiga negara atau lebih yang memiliki kepentinganyang sama.

Diplomasi Asosiai

Pengertian diplomasi asosiasi adalah pola diplomasi yang terbentuk karena adanya kepentingan nasional yang sama diantara negara-negara yang menjalin hubungan diplomasi bersama.

Diplomasi konfrensi

Diplomasi konfrensi adalah kegiatan diplomasi dimana pihak-pihak yang terkait berkumpul didalam konfrensi yang membahas isu-isu tertentu dan mencapai kesepakatan untuk menyelesaikan konflik yang ada.

Pola diplomasi ini merupakan pengembangan dari pola diplomasi multilateral dimana diplomasi berjalan hanya sebatas perjanjian antara lebih dari dua negara dan pola diplomasi konfrensi memiliki wadah yang resmi seperti PBB.

Diplomasi personal

Diplomasi ini biasanya di kaitkan dengan seorang presiden negara yang berkunjung ke negara lain dengan berbagai urusan negara.

Pola diplomasi personal sering didefinisikan sebagai pola diplomasi yang dilakukan oleh pihak perorangan.

Diplomasi pertemuan puncak

Pola diplomasi ini adalah pertemuan antara kepala-kepala negara untuk melakukan perundingan walau terkadang tidak mendapatkan hasil yang nyata namun mereka bisa saling mengenal dan juga saling membantu untuk menyelesaikan permasalahan yang sama.

Pola ini biasanya bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang bersifat genting dan perumusan kegiatan bersama.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Diplomasi, Tujuan, Fungsi dan Pola Diplomasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *