pengertian ekonomi kreatif

Pengertian Ekonomi Kreatif, Ciri-Ciri, Jenis dan Manfaat Ekonomi Kreatif

Posted on

Pengertian ekonomi kreatif –  Pada saat ini, ekonomi kreatif adalah salah satu sektor yang paling berpengaruh dalam perekonomian dunia.

Sektor ekonomi kreatif ini fokus pada kreativitas sebagai pendorong terutama dibidang ekonomi, budaya, teknologi dan aspek sosial lainnya.

Produk kreatif merupakan produk yang sangat bagus karena mengandalkan ide, pengetahuan, keterampilan dan juga kemampuan dalam mencari peluang usaha.

Baca juga | Pengertian Ekonomi, Prinsip Ekonomi dan Pelaku Ekonomi

Pengertian ekonomi kreatif

ekonomi kreatif adalah

Apa itu ekonomi kreatif ?

Pengertian ekonomi kreatif secara umum adalah suatu gagasan perekonomian yang terdorong dan terfokus pada kreativitas dan juga informasi dengan mengandalkan ide, ilmu pengetahuan dan SDM sebagai kunci utama dalam faktor produksi.

Konsep ekonomi kreatif ini, pada umumnya akan di dukung dengan industri kreatif sebagai poros utamanya.

Pengertian ekonomi kreatif menurut para ahli

konsep ekonomi kreatif

Untuk lebih memahami tentang pengertian ekonomi kreatif, berikut beberapa definisi yang dikemukakan oleh beberapa ahli

John Howkins

Di dalam bukunya yang berjudul ” The Creative Economy : How People Make Money From Ideas“,  John Howkins menyatakan bahwa pengertian ekonomi kreatif adalah ekonomi yang berdasarkan dari peciptaan nilai dari hasil ide.

John Howkins menjelaskan, sebagian waktu kegiatan ekonomi dimasyarakat, sebagian besarnya akan dihabiskan untuk menciptakan ide.

Di sini Howkins berkesimpulan bahwa suatu ekonomi akan mengandalkan suatu ide yang dipikirkan dengan matang sehingga dapat menghasilkan produk yang lebih baik.

Simantupang (2007)

Menurut Simatupang, pengertian industri kreatif adalah sebuah industri yang sangat mengandalkan dan berkonsentrasi pada keahlian, bakat dan juga kreativitas yang dapat berpotensi meningkatkan kemakmuran dan penciptaan lapangan kerja yang lebih luas.

DCMS Creative Industries Task Force (1998):

Menurut DCMS Creative Industries Task Force , pengertian Industri kreatif adalah industri yang berasal dari kreativitas, keahlian serta bakat seseorang dan memiliki potensi mendapatkan kekayaan serta membuka lapangan pekerjaan melalui ekploitasi kekayaan intelektual dan konten.

Baca juga | Pengertian Kreatif Serta Ciri-Ciri Orang Kreatif yang Jarang Di Ketahui

Ciri-ciri ekonomi kreatif

ciri ciri ekonomi kreatif

Berdasarkan dari pembahasan tentang pengertian ekonomi kreatif diatas maka dapat disimpulkan bahwa ekonomi kreatif memiliki karakteristik atau ciri-ciri.

Ciri paling utama dari ekonomi kreatif adalah selalu mengedepankan kreativitas dalam melakukan kegiatan ekonomi.

Berikut ciri-ciri ekonomi kreatif :

  • Pondasi utama dari ekonomi kreatif adalah ide atau gagasan
  • Ekonomi kreatif dapat dikembangkan diberbagai bidang
  • Membutuhkan kolaborasi dari berbagai elemen yang berperan dalam industri kreatif seperti para intelektual, pemilik usaha, pemerintah sebagai basis utama.
  • Konsep didalam ekonomi kreatif dapat diciptakan dan dikembangkan secara relatif.

Jenis-jenis ekonomi kreatif

ekonomi kreatif

Di dalam buku “Pengembangan Industri Kreatif 2025”, menurut Departemen Perdagangan Republik Indonesia (2008) menyatakan bahwa jenis ekonomi kreatif dapat terbagi menjadi 14 (empat belas) sektor, yaitu

Periklanan

Aktivitas ekonomi kreatif ini sangat berhubungan dengan jasa periklanan yang dapat meliputi proses kreasi, produksi serta distribusi dari sebuah iklan yang dihasilkan.

Arsitektur

Jenis ekonomi kreatif ini sangat berkaitan dengan desain bangunan, rencana biaya konstruksi, pengawasan konstruksi baik secara menyeluruh hingga level yang mikro.

Pasar barang seni

Jenis ekonomi kreatif ini masih berhubungan dengan produk asil, unil dan langka serta memiliki nilai seni yang tinggi.

Contohnya peralatan musik, berbagai kerajinan, lukisan, dll.

Kerajinan

Kegiatan ekonomi ini memiliki kaitan dengan produksi, kreasi serta distribusi barang yang dihasilkan oleh pengerajin dari bermula dari tahapan desain hingga tahapan penyelesaian produk.

Jenis barang kerajinan ini biasanya dibuat secara terbatas dan dalam jumlah yang sedikit.

Desain

Kegiatan ini sangat berkaitan dengan kreativitas di bidang desain grafis, desain interior, desain produk, jasa pemasaran, dll.

Fashion

Jenis ekonomi kreatif ini masih berhubungan dengan desain pakaian, asesoris, alas kaki atau produks pakaian, konsultan fashion,dll.

Film, Video dan dan fotografi

Contoh kegiatan industri pada jenis ekonomi kreatif ini diantaranya pembuatan film. jasa fotografi, pendistribusian film dan termasuk penulisan skrip, sinematografi, dll.

Permainan interaktif

Jenis kegiatan ekonomi kreatif ini dapat dikaitkan dengan produksi serta distribusi dengan permainan komputer atau juga video yang bersifat hiburan dan edukasi.

Dalam jenis ekonomi permainan kreatif ini tidak hanya mencakup jenis permainan yang menghibur saja tapi juga sebagai alat yang digunakan untuk pembelajaran atau pelatihan.

Musik

Jenis ini masih berhubungan dengan kreasi pertunjukan musik, rekaman , pendistribusian remaman musik dan lagu.

Seni pertunjukan

Hal ini masih berkaitan dengan pengembangan konten, produks pertunjukan, desai dan pembuatan pakaian pertunjukan, tata cahaya panggung, dll.

Penerbitan dan percetakan

Kegiatan ini sangat berkaitan dengan pembuatan konten dan penerbitan buku, jurnal majalah, konten atau juga kegiatan pencari berita.

Kegiatan ini juga berkaitan dengan penerbitan uang krtas, blangko cek, obligasi, surat saham, tiket, dll.

Layanan komputer dan software

Kegiatan ini masih berhubungan dengan teknologi informasi termasi jasa pengolahan data, database, pembuatan software, desain komputer, dll.

Radio dan televisi

Kegiatan ini masih berhubugan dengan industri kreatif seperti produksi dan pengemasan acara televisi atau juga penyiaran konten melalui radio.

Riset dan pengembangan

Kegiatan ini merupakan kegiatan ekonomi yang inovatif dan menawarkan penemuan ilmu atau teknologi sehingga dapat memperbaik produk yang ada atau menciptakan produk yang baru.

Seluruh jenis industri kreatif kreatif diatas dapat memberikan peluang bagi seluruh masyarakat untuk menjalankan industri kreatifnya sendiri sesuai dengan bakat, keahlian dan kreativitas yang mereka miliki.

Setiap orang tidak akan pernah diberikan batasan untuk mengembangkan industri kreatif bahkan mereka diberikan kebebasan untuk memilih jenis ekonomi kreatif yang mereka minati.

Baca juga | Perbedaan kreatif dan inovatif yang Wajib Di Ketahui

Manfaat ekonomi kreatif

manfaat ekonomi kreatif

Perkembangan ekonomi kreatif membuat perubahan yang sangat signifikan terhadap gaya hidup dan perekonomian dunia khususnya di Indonesia.

Perubahan ini telah memberikan berbagai manfaat seperti munculnya inovasi dan kreativitas baru untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Berikut beberapa manfaat ekonomi kreatif :

1. Perkembangan inovasi baru yang cepat

Dengan adanya ide dan kreativitas baru membuat batasan-batasan yang ada semakin tidak terlihat.

Pada saat ini, banyak inovasi baru dari industri kreatif yang dapat mempermudah masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya.

2. Menciptakan lapangan pekerjaan baru

Dengan berkembangnya inovasi-inovasi baru dalam dunia bisnis tentunya akan membuat banyak bisnis-bisnis baru bermunculan.

Hal ini tentunya dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru yang cukup banyak sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran.

3. Kreativitas semakin meningkat

Dengan adanya pekembangan industri ekonomi kreatif tentunya hal ini akan membuat para pelaku ekonomi dituntut untuk selalu berpikir kreatif.

Para pelaku ekonomi akan terus dipaksa untuk terus menemukan ide yang baru dan berbeda dari yang lainnya.

Dengan semakin meningkatnya kreativitas ini tentunya semakin banyak kebutuhan manusia akan terpenuhi.

4. Tingkat persaingan akan terus meningkat

Perkembangan ekonomi yang semakin pesat tentunya akan membuat banyak pebisnis baru terjun ke dalam dunia bisnis.

Mereka akan terus berkompetisi untuk menciptakan produk yang unik dan berbeda agar bisnis mereka menjadi sukses.

Hal ini tentunya akan meningkatkan persaingan usaha yang sangat kompetitif.

5. Meningkatnya kualitas produk

Manfaat ekonomi kreatif lainnya adalah semakin meningkatnya kualitas produk yang dihasilkan.

Dengan adanya persaingan yang sangat kompetitif tentunya setiap pebisnis akan memeras kreativitasnya untuk menciptakan barang yang lebih berkualitas.

6. Pertumbuhan ekonomi semakin meningkat

Dengan tumbuhnya bisnis diberbagai sektor ekonomi tentunya akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi negara.

Dengan bermunculannya bisnis-bisnis baru akan membuat pertumbuhan akan meningkat karena semua rantai ekonomi dapat dipenuhi.

Hal ini akan membuat tingkat kesejahteraan masyarakat juga semakin meningkat.

Baca juga | Pengertian Ekonomi Makro, Tujuan, Ruang Lingkup dan Masalah

Kesimpulan

Berdasarkan dari pembahasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa ekonomi kreatif sangat berkaitan dengan industri kreatif dalam menjalankan kegiatan ekonomi dengan berkonsentrasi pada kreativitas SDM sebagai porosnya dalam menciptakan peningkatan nilai ekonomi.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Ekonomi Kreatif, Ciri-Ciri dan Jenis Ekonomi kreatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *