Pengertian Email Marketing

Pengertian Email Marketing Dan Manfaat bagi Bisnis Online

Posted on

Pengertian Email Marketing – Mungkin istilah email marketing sering anda dengar saat ini namun apa itu email marketing ?.

Pada dasarnya, pengertian email marketing adalah pemanfaatan email dalam mempromosikan produk atau jasa layanan anda.

Namun secara definisi, email marketing adalah penggunaan email untuk menjalin hubungan dengan pelanggan potensial.

Pada umumnya, pesan yang dikirim tersebut merupakan iklan, pesan komersial, permintaan penjualan atau juga panggilan bisnis.

Email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran di internet yang dapat terdiri pemasaran online melalui sosial media, situs web, dll.

Konsep ini sebenarnya hampir sama dengan pengiriman surat melalui jasa pos namun pemasaran email merupakan cara pengiriman pesan melalui email.

Namun, masih banyak orang yang beranggapan bahwa email marketing ini sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan zaman dan mereka tidak sepenuhnya salah.

Strategi pemasaran melalui email ini sudah dilakukan sejak internet dilahirkan dan sejak itulah email marketing berkembang dengan cepat dan menjadi alat pemasaran yang efektif.

Bahkan saat ini banyak pelaku usaha yang beranggapan bahwa email marketing sangat penting bahkan mereka menganggap bahwa email marketing merupakan strategi akuisis pelanggan paling efektif.

Baca juga | Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Jenis-Jenis Email Marketing

Berikut adalah beberapa jenis email marketing yang sering digunakan oleh pemasar online, diantaranya adalah :

Direct Email

Pengertian Direct Email adalah pesan yang dikirim ke list email pelanggan dimana seluruh email tersebut berisikan pesan penawaran atau promosi.

Direct email ini dapat berbentuk teks atau juga berbentuk HTML yang berisikan pesan multimedia yang menarik.

Jenis direct email ini sering digunakan untuk memberitahu para pelanggan terkati produk baru, penjualan, penawaran khusus.

Pemasar akan memberikan informasi kepada pelanggan secara langsung tentang produk dan biasanya mencantumkan link atau cara lainnya agar pelanggan dapat mudah untuk mengakses produk tersebut.

Email Transaksional

Jenis Email Transaksional adalah jenis email yang dikirim setelah tindakan tertentu untuk memicu mereka.

Pada saat pelanggan membeli produk atau membuat reservasi, email akan dikirim untuk melakukan konfirmasi atas transaksi tersebut.

Pemasar melegitimasi perdagangan online dengan memberikan pelanggan cara untuk membuktikan bahwa mereka telah membeli sesuatu.

Email Newsletters

Jenis email marketing ini merupakan jenis email reguler yagn dikirim kepada list pelanggan yang telah memilih untuk menerima pesan email dari pemasar.

Email newsletters biasanya tidak mengandung pesan penjualan secara terbuka akan tetapi memiliki pesan untuk membangun hubungan antara pelanggan dan merek.

Isi pesan dalam email newsletter biasanya bernada percakapan dan mengandung informasi atau berita yang menarik bagi pelanggan.

Hal ini bertujuan untuk menjaga agar pelanggan tetap terhubung denga perusahaan sekalipun mereka tidak membeli apapun dari perusahaan tersebut.

Baca juga | Pengertian Internet Marketing Dan Manfaat Internet Marketing Bagi Bisnis

Manfaat Email Marketing Bagi Bisnis

Terdapat beberapa manfaat email marketing bagi bisnis online anda, diantaranya adalah :

1. Bersifat pribadi

Email marketing lebih cenderung bersifat pribadi dan personal sehingga berkemungkinan mendapatkan perhatian dari pelanggan.

Pelanggan akan lebih merasa nyaman ketika mereka menerima email dari pemasar sehingga akan lebih mudah untuk menawarkan produk kepada mereka.

2. Pengiriman informasi dapat cepat

Melakukan promosi atau penawaran melalui email terbilang sangat cepat dibandingkan dengan melalui surat pos.

Bila pemasar menggunakan mengunakan surat pos maka mereka membutuhkan waktu untuk menerima respon dari pelanggan sehingga cara ini tidak efektif.

Dengan menggunakan email marketing maka pemasar dapat menjangkau para pelanggan dengan lebih cepat dan sehingga pemasar bisa mendapatkan respon dengan cepat juga.

3. Biaya yang dibutuhkan tidak tinggi

Manfaat email marketing selanjutnya adalah biaya yang dibutuhkan dalam email marketing tidak besar namun terbilang efektif dibandingkan dengan menggunakan surat pos.

Respon dari direct email juga terbilang tinggi sehingga menyebabkan email marketing sangat menguntungkan.

4, Kampanye dapat diukur

Kampanye atau pemasaran dengan menggunakan email dapat di ukur dengan baik karena pemasar dapat melihat email yuang terkirim pada pelanggan dan menghitung responnya.

Dengan demikian, pemasar dapat menganalisa dengan baik terhadap kampanye yang telah dilakukan dan segera memperbaikinya bila kampanye tersebut tidak berjalan efektif.

5. Membangun hubungan dengan pelanggan

Salah satu manfaat dari email marketing adalah membangun hubungan dengan para pelanggan melalui email.

Email tersebut dapat berisikan berbagai informasi yang menarik atua juga promosi produk, dll.

Baca juga | Belajar Instagram Marketing : Strategi Marketing di Instagram

Kelebihan dan Kelemahan Email Marketing

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kelemahan dari email marketing :

Kelebihan :
  • Tingkat pengembalian investasi dapat dilacar dengan tepat
  • Biaya yang dibutuhkan dalam email marketing lebih murah dan lebih cepat dibandingkan dengan surat tradisional yang membutuhkan waktu dan biaya yang besar.
  • Pengiklan dapat menjangkau sebagian besar pelanggan email yang memilih untuk menerima email terkait dengan subjek yang menarik bagi mereka.
  • Bila dibandingkan dengan email yang standar maka pemasaran email langsung bisa menghasilkan respon yang lebih tinggi dan nilai pesanan rata-rata lebih tinggi pada bisnis ecommerce.
Kekurangan :
  • Email dapat dikategorikan sebagai spam dimana kota masuk seseorang dapat dibanjiri dengan email baik itu diminta atau tidak diminta.
  • Pemasaran email membutuhkan penyesuaian yang berkelanjutan dimana untuk membuat pelanggan tetap terlibat.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Email Marketing Dan Manfaat bagi Bisnis Online,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *