pengertian etika bisnis

Pengertian Etika Bisnis Dan Prinsip Etika Bisnis Dalam Perusahaan

Posted on

Pengertian etika bisnis – Salah satu kunci kesuksesan dalam bisnis adalah pengambilan keputusan yang etis dan baik.

Dengan adanya etika dalam berbisnis maka akan mengarahkan perusahaan atau individu akan berperilaku dengan cara yang bertanggung jawab secara sosial dan juga akhirnya mereka termotivasi oleh keuntungan.

Ketika anda mengetahui perbedaan antara benar dan salah maka hal ini akan menjadi pondasi utama dalam hal pengambilan keputusan.

Contoh masalah etika diantaranya adalah seseorang menghadapi situasi dimana harus memilih antara tindakan yang etis atau tidak etis.

Pilihan terhadap tindakan tersebut dapat berpengengaruh terhadap citra baik dari perusahaan atau juga tingkat kepercayaan orang lain terhadap bisnis anda.

Etika dapat didefinisikan sebagai tolak ukur moral yang digunakan untuk menilai sesuatu benar atau salah.

Baca juga | Pengertian Manajemen Bisnis dan Fungsinya Dalam Perusahaan

Pengertian etika bisnis

etika bisnis

Membuat definisi tentang etika dalam lingkungan bisnis agak sedikit berbeda dengan mendefinisikan moral dan nilai pribadi.

Pengertian etika bisnis adalah seperangkat nilai moral yang diterima dan standar perilaku perusahaan dalam sebuah organisasi bisnis.

Menurut Kirk O. Hanson , seorang ahli etika terkenal yang juga merangkap sebagai Direktur Eksekutif Markkula Center for Applied Ethics, menyatakan bahwa pengertian etika bisnis adalah studi tentang standar perilaku bisnis yang mendorong kesejahteraan manusia dan kebaikan.

Menurut Muslich, pengertian etika bisnis adalah pengetahuan tentang tata cara yang ideal dalam mengatur dan mengelola bisnis dengan memperhatikan norma dan moralitas yang berlaku secara universal, ekonomi dan sosial, serta penerapan norma dan moralitas ini untuk menunjang pencapaian maksud dan tujuan kegiatan bisnis.

Selain itu, arti etika bisnis adalah sistem kepercayaan moral dan etika yang mengarahkan nilai-nilai, perilaku dan keputusan perusahaan dan individu dalam perusahaan itu sendiri.

Etika bisnis sendiri dapat diwujudkan baik sebagai standar moral yang tertulis maupun tidak tertulis yang penting bagi kegiatan dan masa depan sebuah organisasi bisnis.

Standar etika bisnis ini dapat berbeda antara perusahaan satu dengan perusahaan lain karena perbedaan budaya, struktur operasional serta orientasi strategis.

Baca juga | Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli dan Tujuannya

Tujuan etika bisnis

tujuan etika bisnis

Tujuan dari bisnis adalah menghasilkan uang dan etika bisnis memberikan batasan-batasan untuk mencapai tujuan itu.

Hal ini dikarenakan banyak pebisnis yang suka bekerja sama dengan perusahaan yang memiliki etika bisnis yang baik sehingga mereka dapat mempercayainya.

Sehingga hal tersebut dapat memberikan manfaat kepada pada perusahaan untuk jangka waktu yang panjang dari perilaku etis mereka.

Dengan demikian dengan etika bisnis, perusahaan bisa membangun kepercayaan dan kredibilitas perusahaan dengan baik.

Dengan etika bisnis yang baik maka perusahaan tidak mungkin merugikan bisnis lainnya,  tidak melanggar hukum yang berlaku dan dan selalu menjaga jalannya bisnis dalam kondisi yang kondusif.

Tujuan etika bisnis secara umum adalah:

  • Untuk mendapatkan konsep yang sama mengenai penilaian baik dan buruknya perilaku atau tindakan manusia dalam ruang dan waktu tertentu.
  • Mengarahkan perkembangan masyarakat menuju ke arah suasana yang harmonis, tertib, teratur, damai dan sejahtera.
  • Mengarahkan orang-orang untuk bersikap kritis dan rasional untuk mengambil keputusan secara otonom.

Baca juga | Manfaat Komunikasi Bisnis Untuk Menjalankan Usaha yang Efektif

Prinsip etika bisnis dalam perusahaan

prinsip etika bisnis

prinsip-prinsip etika bisnis adalah standar umum untuk menentukan benar atau salah terhadap perilaku perusahaan atau individu.

Dengan prinsip-prinsip etika bisnis ini dapat memberikan panduan untuk membuat keputusan tapi juga mereka dapat menetapkan kriteria tertentu sehingga keputusan tersebut dapat dinilai oleh orang lain.

Berikut adalah beberapa prinsip etika bisnis :

1. Kejujuran

Salah satu kunci keberhasilan dan landasan kepercayaan dalam bisnis adalah prinsip kejujuran.

Kejujuran merupakan prinsip paling penting dalam etika bisnis karena dengan kejujuran dapat membantu kesuksesan dalam bisnis.

Prinsip kejujuran merupakan pertanda kepatuhan untuk melaksanakan komitmen serta pekerjaan yang telah disepakati.

2. Integritas

Untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain adalah dengan memiliki dan mempertahankan integritas pribadi.

Integritas merupakan karakter yang baik yang ditunjukkan dengan sinerginya antara pikiran, perkataan dan tindakan.

Untuk mempertahankan nilai integritas dibutuhkan keberanian dan kekuatan untuk batin untuk melakukan hal yang benar walau dihadapkan dengan nominal yang lebih besar.

Pada dasarnya prinsip ini mengajarkan agar pelaku bisnis dapat menjalankan usaha mereka dengan tetap menjaga reputasi perusahaan.

Baca juga | Manfaat Komunikasi Bisnis Untuk Menjalankan Usaha yang Efektif

3. Komitmen

Prinsip etika bisnis agar anda dapat dipercaya adalah mereka akan berkomitmen untuk memenuhi tanggung jawab serta tugas mereka.

Mereka tidak akan pernah menafsirkan semua komitmen mereka dengan secara tidak wajar untuk merasionalkan ketidakpatuhan atau menciptakan alasan untuk melepas komitmen mereka.

5. Loyalitas

Dengan menunjukkan kesetiaan dan pengabdian kepada individu atau lembaga walau dalam kondisi yang sulit akan membuat anda pantas untuk dipercaya.

Mereka tidak akan memanfaatkan atau mengungkapkan segala informasi yang rahasia demi keuntungan pribadi.

Dengan prinsip loyalitas, mereka akan setia kepada perusahaan atau kolega serta bekerja secara profesional dan independen untuk menghindari konflik kepentingan.

Baca juga | Manfaat Etika Bisnis Bagi Perusahaan Dalam Jangka Panjang

6. Keadilan

Hal tersulit dalam menjalankan bisnis adalah bersikap adil karena kita akan sering terbentur dengan pilihan yang tidak adil namun berpotensi lebih menguntungkan.

Dalam prinsip etika bisnis hal ini tergolong sangat tidak etis dan tidak adil walaupun dapat memberikan peluang untuk kemajuan dan keuntungan.

Dalam prinsip ini anda harus membuat semua orang peduli dengan prinsip keadilan dan juga memastikan bahwa perusahaan anda melakukan hal yang benar.

Baca juga | Teori Etika Bisnis Paling Dasar yang Wajib Anda Ketahui

7. Kepedulian

Peduli terhadap orang lain merupakan hal yang sangat penting dalam etika bahkan dalam sebuah bisnis.

Ketika berbicara tentang etika dalam perusahaan maka kepedulian ini dapat mencakup kepada kepedulian terhadap karyawan, pelanggan dan juga mitra bisnis.

Apabila ditemukan praktik-praktik yang dapat berpotensi merugikan karyawan, pelanggan atau mitra bisnis maka praktik ini dapat dikatakan sebagai praktik yang tidak etis.

Baca juga | Pengertian Produktivitas Kerja Dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Kesimpulan

Etika atau juga disebut dengan filsafat moral adalah wilayah pemikiran yang berusaha untuk memahami nilai-nilai dasar baik secara pribadi atau profesionanl dan cara untuk memberikan fasilitas terhadap tindakan bisnis yang mencerminkan nilai-nilai itu dengan efektif.

Memiliki etika dalam bisnis sangat penting karena nilai-nilai yang digunakan untuk membangun dan mengelola perusahaan akan berpengaruh selalu berasal dari keputusan dan strategi yang etis.

Oleh sebab itu sebagai pemilik bisnis anda harus mampu untuk memastikan bahwa perusahaan anda telah mengikuti praktik dan perilaku etis.

Serta memastkan bahwa visi, misi  dan nilai perusahaan anda dapat difahami secara etis oleh karyawan serta pemangku kepentingan lainnya.

Secara umum, sebuah pilihan atau tindakan di anggap etis bila jujur adil, menguntungkan kedua belah pihak sehingga memungkinkan citra bisnis menjadi baik.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Etika Bisnis Dan Prinsip Etika Bisnis Dalam Perusahaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *