pengertian etika bisnis

Pengertian Etika Bisnis Dan Prinsip Etika Bisnis Dalam Perusahaan

Posted on

Pengertian etika bisnis – Salah satu kunci kesuksesan dalam bisnis adalah pengambilan keputusan yang etis dan baik.

Dengan adanya etika dalam berbisnis maka akan mengarahkan perusahaan atau individu akan berperilaku dengan cara yang bertanggung jawab secara sosial dan juga akhirnya mereka termotivasi oleh keuntungan.

Ketika anda mengetahui perbedaan antara benar dan salah maka hal ini akan menjadi pondasi utama dalam hal pengambilan keputusan.

Contoh masalah etika diantaranya adalah seseorang menghadapi situasi dimana harus memilih antara tindakan yang etis atau tidak etis.

Etika dapat didefinisikan sebagai tolak ukur moral yang digunakan untuk menilai sesuatu benar atau salah.

Baca juga | Pengertian Manajemen Bisnis dan Fungsinya Dalam Perusahaan

Pengertian etika bisnis

etika bisnis

Pengertian etika bisnis adalah seperangkat nilai moral yang diterima dan standar perilaku perusahaan dalam sebuah organisasi bisnis.

Menurut Kirk O. Hanson , seorang ahli etika terkenal yang juga merangkap sebagai Direktur Eksekutif Markkula Center for Applied Ethics, menyatakan bahwa pengertian etika bisnis adalah studi tentang standar perilaku bisnis yang mendorong kesejahteraan manusia dan kebaikan.

Etika bisnis sendiri dapat diwujudkan baik sebagai standar moral yang tertulis maupun tidak tertulis yang penting bagi kegiatan dan masa depan sebuah organisasi bisnis.

Standar etika bisnis ini dapat berbeda antara perusahaan satu dengan perusahaan lain karena perbedaan budaya, struktur operasional serta orientasi strategis.

Baca juga | Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli dan Tujuannya

Prinsip etika bisnis dalam perusahaan

prinsip etika bisnis

prinsip-prinsip etika bisnis adalah standar umum untuk menentukan benar atau salah terhadap perilaku perusahaan atau individu.

Dengan prinsip-prinsip etika bisnis ini dapat memberikan panduan untuk membuat keputusan tapi juga mereka dapat menetapkan kriteria tertentu sehingga keputusan tersebut dapat dinilai oleh orang lain.

Berikut prinsip-prinsip etika bisnis :

Kejujuran

Salah satu kunci keberhasilan dan landasan kepercayaan dalam bisnis adalah prinsip kejujuran.

Kejujuran merupakan prinsip paling penting dalam etika bisnis karena dengan kejujuran dapat membantu kesuksesan dalam bisnis.

Prinsip kejujuran merupakan pertanda kepatuhan untuk melaksanakan komitmen serta pekerjaan yang telah disepakati.

2. Integritas

Untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain adalah dengan memiliki dan mempertahankan integritas pribadi.

Integritas merupakan karakter yang baik yang ditunjukkan dengan sinerginya antara pikiran, perkataan dan tindakan.

Untuk mempertahankan nilai integritas dibutuhkan keberanian dan kekuatan untuk batin untuk melakukan hal yang benar walau dihadapkan dengan nominal yang lebih besar.

Pada dasarnya prinsip ini mengajarkan agar pelaku bisnis dapat menjalankan usaha mereka dengan tetap menjaga reputasi perusahaan.

Baca juga | Manfaat Komunikasi Bisnis Untuk Menjalankan Usaha yang Efektif

3. Komitmen

Prinsip etika bisnis agar anda dapat dipercaya adalah mereka akan berkomitmen untuk memenuhi tanggung jawab serta tugas mereka.

Mereka tidak akan pernah menafsirkan semua komitmen mereka dengan secara tidak wajar untuk merasionalkan ketidakpatuhan atau menciptakan alasan untuk melepas komitmen mereka.

5. Loyalitas

Dengan menunjukkan kesetiaan dan pengabdian kepada individu atau lembaga walau dalam kondisi yang sulit akan membuat anda pantas untuk dipercaya.

Mereka tidak akan memanfaatkan atau mengungkapkan segala informasi yang rahasia demi keuntungan pribadi.

Dengan prinsip loyalitas, mereka akan setia kepada perusahaan atau kolega serta bekerja secara profesional dan independen untuk menghindari konflik kepentingan.

6. Keadilan

Hal tersulit dalam menjalankan bisnis adalah bersikap adil karena kita akan sering terbentur dengan pilihan yang tidak adil namun berpotensi lebih menguntungkan.

Dalam prinsip etika bisnis hal ini tergolong sangat tidak etis dan tidak adil walaupun dapat memberikan peluang untuk kemajuan dan keuntungan.

Dalam prinsip ini anda harus membuat semua orang peduli dengan prinsip keadilan dan juga memastikan bahwa perusahaan anda melakukan hal yang benar.

7. Kepedulian

Peduli terhadap orang lain merupakan hal yang sangat penting dalam etika bahkan dalam sebuah bisnis.

Ketika berbicara tentang etika dalam perusahaan maka kepedulian ini dapat mencakup kepada kepedulian terhadap karyawan, pelanggan dan juga mitra bisnis.

Apabila ditemukan praktik-praktik yang dapat berpotensi merugikan karyawan, pelanggan atau mitra bisnis maka praktik ini dapat dikatakan sebagai praktik yang tidak etis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *