pengertian gaji

Pengertian Gaji Menurut Para Ahli, Tujuan dan Fungsi Gaji

Posted on

Pengertian gaji

Pengertian gaji – Gaji merupakan bentuk balas jasa atau penghargaan yang di berikan secara teratur kepada seseorang atas jasa atau hasil kerja.

Menurut Sembiring (2008: 23) menyatakan bahwa setiap karyawan berhak atas imbalan sebagai imbalan jasa atas pekerjaan yang telah dilakukannya.

Atas jasa yang telah dilakukannya tersebut maka perusahaan harus memberikan imbalan yang biasanya berbentuk upah atau gaji.

Pengertian Gaji Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian gaji menurut para ahli :

Mulyadi (2001)

Menurut Mulyadi, pengertian gajui adalah pembayaran atas penyerahan jasa yang di lakukan oleh karyawan yang mempunyai jenjang jabatan dan di bayarkan secara tetap perbulan.

Andrew F. Sikula (2007: 119)

Menurut Andrew F. Sikula, pengertian gaji adalah balas jasa yang berbentuk unag yang diterima oleh karyawan sebagai konsekuensi dari statusnya sebagai karyawan yang memberikan kontribusi untuk mencapai tujuan perusahaan.

Sadili Samsudin (2010: 189)

Menurut Sadili Samsudin, pengertian gaji adalah sesuatu yang terkait dengan uang yang diberikan kepada karyawan atau pegawai.

Melayu S.P. Hasibuan (2007: 118)

Menurut Melayu S.P. Hasibuan, pengertian gajui adalah balas jasa yang di bayar secara periodik kepada karyawan tetap dan memiliki jaminan pasti.

Anwar Prabu Mangkunegara (2008: 85)

Menurut Anwar Prabu Mangkunegara, pengertian gaji adalah uang yang dibayarkan kepada pegawas atas dasar jasa pelayanan yang diberikannya secara bulanan.

Rivai (2009: 360)

Menurut Rivai, pengertian gaju adalah balas jasa yang berbentuk uang yang di terima oleh karyawan sebagai konsekuensi kedudukannya sebaga karyawan yang memberikan kontribusi dan pikiran untuk mencapai tujuan perusahaan.

Baca juga | Pengertian Organisasi, Tujuan, Fungsi, Ciri Ciri dan Unsur

Tujuan Pemberian Gaji

Tujuan utama pemberian gaji adalah mewujudkan pembayaran yang sama untuk pembayaran yang adil.

Menurut Dale Yoder, tujuan pemberian gaji adalah :

1. Mendapatkan karyawan-karyawan yang cakap

Gaji yang cukup tinggi dapat menarik pelamar karena perusahaan-perusahaan akan bersaing dalam pasar tenaga kerja untuk mendapatkan karyawan yang cakap.

Oleh sebab itu perusahaan harus mengikuti permintaan dan penawaran gaji yang dapat bersaing.

2. Mempertahankan karyawan yang sudah ada di dalam perusahaan.

Bila tingkat gaji didalam perusahaan tidak bersaing dengan perusahaan lain maka akan meningkatkan potensi karyawan meninggalkan perusahaan.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi maka pemberian gaji harus dapat bersaing dengan tingkatan gaji perusahaan lainnya.

3. Menjamin keadilan

Administrasi gaji akan selalu berusaha untuk mendapatkan keadilan intern dan ekstern.

Keadilan ekstern mengharuskan pembayaran gaji sesuai nilai relatif sesuai dengan jabatan.

Artinya tingkatan jabatan yang sama harus mendapatkan jumlah pembayaran gaji yang sama.

Keadilan ekstern membutuhkan pembayaran karyawan pada satu tingkat yang sama dengan pembayaran yang diterima oleh karyawan yang sama di perusahaan lainnya.

4. Menghargai Perilaku yang di inginkan

Dengan pembayaran gaji ini harus dapat memperkuat perilaku karyawan yang di inginkan seperti prestasi kerja yang baik, pengalaman, kesetiaan, tanggung jawab baru dan perilaku lainnya yang dapat di hargai dengan rencana administrasi gaji yang efektif.

5. Mengawasi biaya.

Dengan adanya administrasi gaji yang rasional maka dapat membantu organisasi untuk mendapatkan atau mempertahankan tenaga kerja dengan biaya yang layak.

Tanpa adanya struktur gaji yang sistematik maka perusahaan berkemungkinan membayar gaji kepada karyawannya secara berlebih atau kurang dari yang seharusnya.

6. Menaati Undang-undang

Tujuan pemberian gaji yang layak kepada karyawan merupakan salah satu cara perusahaan untuk mematuhi perundang-undangan yang berlaku.

Pembayara gaji yang baik harus juga mempertimbangan pembatasan nilai gaji karyawan dan juga menjamin semuat peraturan pemerintah di taati.

Baca juga | Tugas Dan Tanggung Jawab HRD Dalam Perusahaan Modern

Fungsi gaji

Berikut adalah beberapa fungsi gaji yaitu

a. Pengalokasian Sumber Daya Manusia secara efisien

Fungsi gaji ini dapat menggambarkan bahwa pemberian gaji yang cukup dapat mendorong karywan untuk dapat berprestasi lebih baik dan akan lebih mendorong karyawan untuk berkerja lebih produktif.

b. Penggunaan Sumber daya Manusia secara efisien dan efektif

Dengan memberikan gaji yang tinggi kepada karyawan bisa menggambarkan bahwa perusahaan atau organisasi akan memanfaatkan karyawan dengan cara yang efisien dan efektif.

Hal ini dapat memberikan dampak bagi perusahaan karena dapat mendapatkan manfaat dan keuntungan yang maksimal.

c. Mendorong stabilitas dan pertumbuhan ekonomi

Dampak dari penggunaan sumber daya manusia di dalam organisasi secara efektif dan efisien maka diharapkan pemberian gaji dapat secara langsung membantu stabilitas perusahaan dan pertumbuhan ekonomi.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Pengertian Gaji Menurut Para Ahli, Tujuan dan Fungsi Gaji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *