pengertian influencer

Pengertian Influencer Dan Pentingnya Influencer Dalam Pemasaran

Posted on

Pengertian influencer – Influencer marketing bukanlah hal baru didalam dunia industri tapi beberapa tahun terakhir metode ini sangat populer.

Dengan semakin majunya perkembangan teknologi, Influencer marketing telah menjadi alat pemasaran terdepan dan banyak perusahaan besar menggunakan influencer untuk membantu pemasaran produk mereka.

Biasanya Influencer akan mempromosikan produk atau layanan perusahaan melalui berbagai media seperti Youtube dan Instagram.

Jadi apa pengertian Influencer itu ?

Baca juga | Apa Itu Endorse Dan Cara Mendapatkan Endorse Di Instagram

Pengertian Influencer

pengertian influencer adalah

Apa itu influencer ?

Pengertian Influencer adalah seseorang yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi keputusan pembelian orang lain karena dia memiliki otoritas, pengetahuan atau hubungan yang kuat dengan audiensnya.

Seorang influencer harus menjadi seorang tokoh yang terpercaya dan memiliki pengikut yang setia.

Namun terkadang influencer tidak memiliki kemampuan atau keahlian yang tidak relevan dengan produk.

Dalam kondisi ini, mereka dapat mengandalkan kepercayaan dan loyalitas audiens mereka untuk mempengaruhi pengikut mereka.

Contohnya seorang vlogger gadget yang populer di Youtube dan memiliki pengetahuan luas tentang gadget maka influencer ini dapat mengiklankan brand yang berhubungan dengan gadget.

Contoh lainnya adalah seorang selebriti dapat merekomendasikan produk dengan menggunakan produk dengan memberikan paparan dan penjelasan.

Salah satu kelemahan dari pemasaran influencer adalah tidak dapat dikendalikan seperti cara pemasaran lainnya.

Influencer bukan hanya sekedar alat pemasaran tapi juga merupakan aset yang berharga untuk menjaga hubungan brand dengan cara berkolaborasi dengan tujuan pemasaran.

Salah satu kelemahan yang paling nampak adalah bila influnecer tersandung masalah hukum atau mendapatkan citra negatif maka akan mempengaruhi nilai produk yang dipasarkannya.

Oleh sebab itu pemasar harus mengantisipasi hal ini apabila influencer yang mereka gunakan salah menjelaskan atau menolak.

Mengapa influencer penting dalam proses pemasaran ?

apa itu influencer

Perkembangan teknologi internet ini telah membuat platform media sosial seperti Instagram, Youtube, Facebook menjadi populer karena audiens memiliki kebebasan untuk memilih konten yang mereka inginkan/

Hal inilah yang membuat brand terkendala untuk melakukan pemasaran karena audiens menyebar di berbagai bentuk media sehingga mereka kesulitan menjangkau mereka.

Di tambah lagi dengan semakin skeptisnya konsumen terhadap brand dan taktik pemasaran dalam membangun kepercayaan mereka.

Disinilah pentingnya seorang influencer sebagai solusi pemasar untuk mempromosikan produk mereka.

Dengan pemasaran yang dilakukan influencer, memungkinkan pemasar untuk mencari dan beriklan secara langsung kepada target audiens mereka.

Berpromosi melalui influencer memungkinkan pemasar untuk beriklan melalui seseorang yang dikenal dan dipercaya.

Dengan hal ini maka audiens tidak akan skeptis terhadap iklan media sosial karena konsumen percaya bahwa influencer mereka menyukai produk tersebut.

Baca juga | Cara Menjadi Selebgram Hijab yang Populer Dan Terkenal di Instagram

Hal yang harus di perhatikan dalam pemasaran influencer

influencer adalah

Pemasaran influencer sangatlah berbeda dengan strategi pemasaran lainnya karena membutuhkan tingkat kepercayaan yang sangat tinggi antara brand dengan influencer.

Pemasar harus berhati-hati dalam memilih influencer yang tepat untuk produk mereka karena bisa berpengaruh terhadap reputasi brand yang dipromosikan.

Brand harus benar-benar yakin bahwa konten yang dibuat oleh influencer relevan dengan selaras dengan produk yang dipasarkan terutama bila anda menggunakan influencer muda yang mungkin kurang matang dan profesional.

Penggunaan konten yang tidak wajar dapat berakibat negatif terhadap reputasi brand

Perusahaan harus berhati-hati terhadap follower palsu karena terdapat juga influencer yang membelinya agar terlihat memiliki basis penggemar yang banyak.

Oleh sebab itu sangat penting dalam pemilihan influencer yang benar-benar memiliki pengikut organik.

Perhatikan juga engagement antara influencer dengan audien mereka karena hal ini sangat berpengaruh terhadap efektivitas pemasaran anda.

Beberapa hal lain yang harus anda perhatikan ketika melakukan influencer marketing :

Beberapa strategi yang efektif dalam influencer marketing adalah :

  • Mengidentifiasi influencer yang paling relevan berdasarkan geografi, kategori dan data-data lainnya.
  • Menjalin dan mengembangkan hubungan dengan influencer sebelum meminta mereka untuk mempromosikan produk anda.
  • Menemukan preferensi influencer anda dan kirim konten atau materi iklan dalam format yang sesuai dengan mereka.
  • Jangan pernah mengabaikan media sosial kecil karena terkadang banyak pemasar yang hanya mengarahkan pemasaran mereka ke jejaring yang besar seperti Facebook atau Youtube.

Cara melakukan influencer marketing yang efektif

arti influencer adalah

Langkah pertama dalam pemasaran influencer adalah menetapkan tujuan strategi pemasaran.

Biasanya tujuan dari marketing influencer adalah untuk meningkatkan penjualan dan juga meningkatkan kesadaran publik.

Oleh sebab itu, sebelum anda memilih influencer, pemasar harus menetapkan tujuan mereka dengan terukur dan menguraikannya apa saja yang ingin mereka ingin capai secara tepat.

Setelah memiliki tujuan yang jelas, maka langkah pemasar selanjutnya adalah mengidentifikasi influencer yang ingin mereka gunakan dengan melakukan riset demografi dan target pasar.

Untuk mempermudah,anda juga bisa menggunakan jasa riset terpecaya yang untuk menentukan target pasar influencer yang paling dipengaruhi.

Kemudian pemasar dapat menggunakan hasil riset ini untuk menentukan jumlah influencer yang akan digunakan dan memilih influencer yang dapat memenuhi tujuan pemasaran.

Langkah selanjutnya adalah menganalisa data tentang influencer, siapa saja audiensnya dan jenis konten yang mereka sebarkan.

Dengan mempelajari preferensi influencer dapat membuat pemasar mudah untuk menjangkaunya.

Setelah itu hubungi influencer dan aja mereka berkomunikasi untuk membentuk hubungan organik dan tidak hanya berdasarkan pada penjualan.

Bila anda dapat membentuk hubungan yang baik dengan organik maka influencer akan mempromosikan produk anda dengan cara terbaik.

Langkah terakhir adalah mengevalusasi tujuan pemasaran setiap beberapa bulan dan melacak keberhasilan dan kegagalan infuencer.

Apabila hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan tujuan maka anda harus mencari influencer baru dengan cara yang berbeda.

Namun bila tujuan berhasil dicapai maka anda harus terus menggunakan mereka sebagai influencer produk anda.

Jenis- jenis Influencer

influencer marketing adalah

Influencer dapat terbagi menjadi beberapa kategori dan berikut adalah beberapa contoh kategori influencer :

  • Selebriti
  • Pakar dalam bidang tertentu
  • Blogger atau pembuat konten
  • Influencer mikro

Hampir semua influencer saat ini berada di media sosial terutama influencer mikro dan blogger.

Blogger dan influencer di media sosial memiliki hubungan yang paling otentik dan aktif dengan audiens mereka sehingga audiens akan mudah untuk mengenali produk.

1. Selebriti

Selama bertahun-tahun, pemasaran influencer telah tumbuh bersama dengan selebriti yang mempromosikan atau mendukung produk.

Tapi permasalahan terbesar dari influencer selebriti adalah sangat jarang selebriti yang bersedia untuk berpartisipasi dalam pemasaran influencer dan bilapun mereka bersedia maka harga yang mereka tawarkan terlampau tinggi.

Terkecuali produk tersebut merupakan produk yang sudah disukai dan digunakan oleh selebriti.

Dalam situasi ini, selebriti siap untuk mempergunakan pengaruhnya untuk mempromosikan produk tersebut.

Namun permasalahan menggunakan selebriti sebagai influencer adalah terkadang mereka kruang kredibel dan relevan dengan target pasar produk.

Baca juga | Cara Meminta endorsement selebgram atau influencer (Cara Endorse Artis)

2. Pakar dalam bidang tertentu atau orang yang berpengaruh.

Seseorang yang memiliki pengaruh karena dia memilik kualifikasi, posisi atau pengalaman di bidang mereka sehingga mereka memiliki reputasi dan pengaruh terhadap lingkungannya.

Misalkan saja seorang jurnalis yang dihormati karena dia memiliki tulisan yang luar biasa.

Anda dapat memanfaatkannya sebagai influencer pemasaran anda dengan memberinya peluang untuk mereview produk anda di media mereka.

Tentunya hal ini dapat memberikan pengaruh yang positif bagi citra produk anda.

3. Blogger atau pembuat konten

Pada saat ini, terdapat banyak sekali blog yang memiliki pengaruh yang sangat besar di internet.

Apabila seorang blogger memention produk anda dengan positif dalam sebuah postingan maka hal ini berpeluang pembaca blog untuk menggunakan produk anda.

4. Influencer mikro

Mikro influencer adalah seseorang yang telah dikenal karena mereka memiliki keahlian tertentu.

Biasanya mikro influencer memiliki pengikut sosial media yang sangat besar terutama pengikut yang menyukai niche tertentu.

Bukan hanya sekedar jumlah pengikut yang besar tapi biasanya hubungan interaksi antara influencer mikro dan pengikutnya sangat kuat.

Baca juga | Cara Menjadi Influencer Dengan 12 Langkah Paling Mudah

Kesimpulan

Pengertian influencer adalah individu yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian orang lain dengan otoritasnya.

Selain itu arti influencer adalah individu yang memiliki pengikut yang banyak dalam niche tertentu serta memiliki keterikatan dengan pengikutnya.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Influencer Pentingnya Influencer Dalam Pemasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *