pengertian inovasi

Pengertian Inovasi : Apa Itu Inovasi ? Dan Ciri-Ciri Inovasi

Posted on

Pengertian inovasi – Inovasi merupakan salah satu bagian terpenting dalam bisnis global saat ini.

Pada saat ini banyak inovasi yang di pengaruhi oleh teknologi karena dengan penggunaan teknologi dapat mempermudah seseorang dalam menciptakan produk-produk baru.

Inovasi juga dapat di kaitkan dengan berbagai hal seperti pada kebudayaan, perekonoman, dll

Pengertian inovasi

apa itu inovasi

Pengertian Inovasi adalah sebuah penemuan yang berbeda dengan sesutu yang pernah ada atau di kenal sebelumnya.

Inovaasi ini dapat dapat dilakuan oleh setiap orang karena mereka memiliki sifat inovasi di dalam dirinya.

Seseorang yang inovatif biasanya akan memperbaiki terhadap hal-hal yang sudah ada dan juga akan akan menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

Mengapa manusia membutuhkan inovasi di dalam kehidupannya ?

Kecenderungan manusia yang ingin tampil beda akan membuat seseorang akan selalu berinovasi untuk menciptakan dan menyajikan hal-hal yang berbeda.

Untuk memperjelas tentang pengertian inovasi berikut beberapa pengertian inovasi menurut para ahli :

Pengertian inovasi menurut Stephen Robbins

Menurut Stephen Robbins, pengertian inovasi adalah gagasan baru yang di gunakan untuk memperbaiki jenis sebuah jenis produk ataupun jasa. Stephen Robbin mengkhususkan inovasi pada 3 (tiga) hal berikut :

  • Inovasi adalah gagasan baru dimana gagasan baru tersebut berasal dari cara pemikiran sesorang untuk melihat fenomena yang terjadi. Kemudian gagasan atau ide baru tersebut dapat jadikan sebagai penemuan baru.
  • Produk atau jasa adalah hasil yang berasal dari gagasan baru untuk yang direalisasikan dengan berbagai kajian, penelitian dan percobaan yang dapat menciptakan konsep baru dalam bentuk produk atau jasa.
  • Usaha yang sistematis dan dilakukan untuk melakukan penyempurnaan dan perbaikan secara terus menerus agar inovasi dapat lebih bermanfaat.
Pengertian inovasi menurut Everett M, Roger

Menurut Everett M, Roger, pengertian inovasi adalah sebiah ide atau gagasan yang diterima seseoranga atau kelompok sebagai hal baru atau berbeda dan dapat di gunakan di dalam kehidupan.

Pengertian inovasi menurut Kuniyoshi Urabe

Menurut Kuniyoshi Urabe, pengertian inovasi adalah kegiatan yang tidak bisa di hasilkan pada satu kali pukul melainkan proses panjang yang meliputi proses pengambian keputusan dari penemuan ide sampai dengan implementasi di pasar.

Pengertian inovasi menurut Van de Ven, Andrew H.

Menurut Van den Ven, Andew H, pengertian inovasi adalah pengembangan dan implementasi gagasan yang baru oleh seseorang dalam jangka waktu tertentu yang dilakukan dengan berbagai aktivitas transaksi didalam tatanan organisasi.

Baca juga | Pengertian Kreatif Serta Ciri-Ciri Orang Kreatif yang Jarang Di Ketahui

Tujuan dan fungsi inovasi

contoh inovasi

Beberapa tujuan dan fungsi inovasi :

  1. Meningkatkan kualitas produk dan pelayanan yang sudah ada sehingga produk tersebut memiliki keunggulan dan manfaat dari lebih dari sebelumnya.
  2. Inovasi memiliki tujuan untuk mengurangi biaya tenaga kerja. Contohnya adalah sebuah usaha yang sebelumnya menggunakan banyak tenaga kerja kemudian mereka berinovasi menggunakan mesin untuk membantu proses produksi
  3. Tujuan inovasi adalah untukmenciptakan pasar baru dengan cara membuka dan memulai usaha yang baru.
  4. Dengan inovasi juga dapat memperluas jangkauan produk yang tentunya juga sangat bermanfaat bagi konsumen.
  5. Melakukan inovasi juga dapat mengurangi kerusakan lingkungan seperti penggunakan bahan bakar fosil untuk menjalankan mesin kemudian inovasi dilakukan untuk mengganti bahan bakar fosil tersebut.
  6. Mengganti produk atau jasa yang telah ada misalkan teknologi handphone yang terus berkembang hingga saat ini. Dengan inovasi-inovasi baru maka penggunaan handphone tidak hanya di gunakan untuk menelpon atau sms. Tapi sudah berkembang dan dapat di gunakan untuk kebutuhan lainnya.

4 (empat) ciri-ciri inovasi yaitu :

  1. Ciri-ciri inovasi paling utama adalah memiliki ciri yang khas di dalam setiap aspeknya. Apabila sebuah inovasi tidak terdapat kekhasan dan gagasan yang sudah adal sebelumnya maka hal tersebut tidak dapat dikatakan sebagai sebuah inovasi.
  2. Ciri-ciri kedua dari inovasi adalah bersifat baru. Sebuah ide atau gagasan dapat dikatakan sebagai sebuah inovasi harus merupakan gagasan atau ide yang baru dan tidak pernah di publikasikan sebelumnya.
  3. Ciri-ciri inovasi selanjutnya adalah inovasi harus di ciptakan melalui program yang terencana. Sebuah inovasi biasanya di buat secara terencana untuk mengembangkan hal-hal tertentu. Oleh sebab itu inovasi harus di buat dengan perencanaan dengan matang dan jelas.
  4. Ciri inovasi ke empat adalah memiliki tujuan sehingga sebuah inovasi harus memiliki target yang akan di capai.
    Sifat perubahan dalam inovasi
Terdapat 6 (enam) sifat perubahan dalam inovasi
  • Pergantian (Subtitution) : contoh inovasi pergantian (subtitution) adalah pergantian bentuk perabotan, mengganti sistem operasi komputer lama dengan sistem operasi komputer yang baru.
  • Perubahan (alternation) : contoh inovasi perubahan (alternation) adalah mengubah tugas seorang sistem pengajaran seorang pelatih yang sebelumnya hanya mengajarkan teori kemudian cara pengajaran di rubah tidak hanya berorientasi pada teori tapi juga mengajarkan melalui praktek.
  • Penambahan (Addition) : contoh inovasi penambahan (addition) adalah mengenalkan cara menyusun dan menganalisa item tes objektif di kalangan guru SD dan tidak mengganti dan mengubah sistem yang sudah ada.
  • Penyusunan kembali (Restructturing) : contoh inovasi penyusunan kembali (restructturing) adalah upaya menyusun kembali susunan peralatan, menyusun kembali susuai dengan ukuran dan daya tampung kelas.
  • Penghapusan (Elimination) : merupakan upaya menghapus sistem yang lama atau menghapus hal-hal yang tidak diperlukan.
  • Penguatan (Reinforcement) : upaya untuk meningkatkan atau memantapkan kemampuan dari sesuatu yang sudah ada sehingga dapat berfungsi lebih optimal dan mempermudah untuk mencapai tujuan.

Baca juga | 12 Ciri-ciri Orang Sukses yang Harus Anda Kenali

Kesimpulan

inovasi adalah

Berdasarkan dari penjelasan tentang pengertian inovasi diatas maka dapat di tarik kesimpulan bahwa inovasi sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Dengan menggunakan inovasi dapat menyempurnakan fungsi dari produk atau sumber daya yang telah ada.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Inovasi : Apa Itu Inovasi ? Dan Ciri-Ciri Inovasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *