interaksi sosial

Pengertian Interaksi Sosial Adalah, Tujuan, Ciri-Ciri, Syarat dan Jenis

Posted on

Pengertian interaksi Sosial – Pada dasarnya manusa adalah mahluk sosial dimana manusia bergantung dan membutuhkan individu lainnya atau mahluk lainnya.

Di dalam hidup bermasyarakat, manusia di tuntut untuk saling berinteraksi dengan sesama manusia baik agar dapat tercipta masyarakat yang damai dan tentram.

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian interaksi sosial menurut para ahli :

Partowisastro (2003)

Menurut Partowisastro, pengertian interaksi sosial adalah relasi sosial yang memiliki fungsi untuk menjalin berbagai jenis relasi sosial yang dinamis, baik relasi itu dalam bentuk antar individu, kelompok dengan kelompok atau individu dengan kelompok.

Soekanto (2002)

Menurut Soekanto, definisi interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis yang terdiri dari hubungan antara orang perorangan, antara kelompok manusia atau antara perorangan dengan kelompok manusia.

Sarwono dan Meinarno (2009)

Menurut Sarwono dan Meinarno, arti interaksi sosial adalah hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi antara individu dengan individu lain, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok lainnya.

Gerungan (2006)

Menurut Gerungan, pengertian interaksi sosial adalah proses individu satu dapat menyesuaikan diri secara autoplastis kepada individu lain, dimana dirinya dipengaruhi oleh diri yan lain.

Walgito (2007)

Walgito mengartikan bahwa interaksi sosial merupakan hubungan antara individu satu dengan individu lain dimana individu satu bisa mempengaruhi individu lainnya atau sebaliknya sehingga ada hubungan yang saling timbal balik.

Hubungan itu bisa terjadi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok.

Basrowi (2015)

Menurut Basrowi, pengertian interaksi sosial adalah hubungan dinamis yang mempertemukan orang dengan orang, kelompok dengan kelompok atau orang dengan kelompok manusia.

Bentuk interaksi sosial ini tidak hanya bersifat kerja sama namun juga dapat berbentuk tindakan, persaingan, pertikaian dan sejenisnya.

H. Bonner

Menurut H. Bonner, pengertian interaksi sosial adalah hubungan antara dua atau lebih individu manusia dimana kelakuan individu yang satu mempengaruhi, mengubah atau memperbaiki kelakuan individu yang lain atau sebaliknya.

Selo Soemardjan

Selo Soemardjan mendefinisikan interaksi sosial sebagai hubungan timbal balik antar manusia dengan berbagai segi kehidupan bersama.

Astrid S. Susanti

Definisi interaksi sosial menurut Astrid S. Susanti adalah hubungan antara manusia yang menciptakan hubungan tetap hingga pada akhirnya memungkinkan terbuat struktur sosial.

John Lewis Gillin

Arti interaksi sosial menurut John Lewis Gillin adalah sebuah hubungan sosial yang dinamis dan terkait dengan hubungan antara individu, kelompok atau antara kelompok.

Berdasarkan dari beberapa pengertian interaksi sosial menurut para ahli diatas maka dapat disimpulkan interaksi sosial adalah hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi, mengubah, memperbaiki yang berlangsung antara individu dengan individu, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok.

Baca juga | Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli dan Tujuannya

Tujuan Interaksi Sosial

Berikut adalah beberapa tujuan interaksi sosial :

  • Menjalin hubungan persahabatan antara individu
  • Menjalin hubungan pada bidang tertentu untuk memenuhi kebutuhan hidup.
  • Menjalankan kerjasama yang saling menguntungkan
  • Membicarakan serta merundingkan masalah untuk mencari solusi
  • Meniru kebudayaan orang lain yang lebih baik.

Ciri-Ciri Interaksi Sosial

Berikut adalah ciri-ciri interaksi sosial :

  • Proses interaksi sosial dapat terjadi bila terdapat lebih dari satu orang
  • Adanya proses komunikasi antara pelaku sosial dengan menggunakan simbol-simbol dimana komunikasi antara pelaku dilakukan dengan cara isyarat, lisan atau gestur tubuh.
  • Terdapat dimensi waktu yang meliputi masa lampau, sekarang dan masa mendatang yang dapat menentukan sifat aksi yang sedang berlangsung.
  • Interaksi sosial dilakukan karena terdapat tujuan tertentu yang ingin di capai.

Jenis-Jenis Interaksi Sosial

Terdapat beberapa jenis interaksi sosial, yaitu

  • Interaksi sosial antar individu dengan individu lain secara langsung seperti dua orang yang saing bersalaman saat bertemu atau saling menyapa.
  • Jenis Interaksi sosial antar individu dengan kelompok misalkan seseorang yang sedang berpidato di hadapan masyarakat desa.
  • Interaksi sosial antar kelompok dengan kelmpok lainnya seperti pertemuan dua organisasi masyarakat.
  • Aspek-Aspek Interaksi Internasional

Menurut Soekamto (2002), terdapat beberapa aspek interaksi sosial :

1. Aspek Kontak Sosial

Definisi kontak sosial adalah peristiwa terjadinya hubungan individu antara individu satu dengan individu lainnya.
Kontak yang terjadi tidak hanya sekedar fisik belaka namun juga dapat berupa simbol seperti jabat tangan, senyum, dll.

Akibat dari kontak sosial dapat positif yang mengarah pada kerja sama atau berdampak negatif mengarah pada pertentangan.

2. Aspek Komunikasi

Komunikasi merupakan menyampaikan informasi, konsepsi, ide, pengetahuan dan perbuatan kepada sesama secara timbal balik sebagai penyampai atau komunikator atau penerima atau komunikan.

Tujuan komunikasi adalah menciptakan pengertian bersama dengan tujuan untuk mempengaruhi pikiran dan tingkah laku individu ke arah positif.

Baca juga | Pengertian Nilai Sosial Adalah, Ciri-Ciri dan Fungsi

Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial

Interaksi sosial dapat terjadi antara orang perorangan atau orang dengan kelompok yang memiliki hubungan timbal balik dan dapat tercipta adanya kontak sosial dan komunikasi yang menimbulkna berbagai bentuk interaksi sosial.

Menurut Sarwono dan Meinarno (2009), terdapat beberapa bentuk interaksi sosial yaitu :

1. Kerjasama

Kerjasama adalah kegiatan yang dilakukan secara bersama untuk mencapai tujuan dan terdapat unsur saling membantu satu sama lainnya.

2. Persaingan

Persaingan merupakan sebuah tindakan yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan untuk meniru atau melebihi apa yang dilakukan atau dimiliki orang lain.

3. Konflik

Konflik adalah suatu ketegangan yang terjadi antara dua orang atau lebih karena terdapat perbedaan cara memecahkan masalah.

4. Akomodasi

Pengertian akomodasi adalah suatu upaya yang dilakukan untuk mengurangi terjadinya ketegangan, perbedaan dan meredakan pertentangan dengan melakukan kompromi sehingga terjadi kesepakatan dengan pihak lain.

Baca juga | Faktor Pendorong Perubahan Sosial di Masyarakat

Faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial

Secara umum, interaksi sosial bisa dipengaruhi oleh perkembangan konsep diri seseorang khususnya dalam hal individu memandang positif atau negatif pada dirinya.

Menurut Monks dkk (2002) terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi interaksi sosial, yaitu :

  • Jenis kelamin : Kecenderungan pria untu berinteraksi dengan teman-teman dibandingkan dengan wanita.
  • Kepribadian ekstrovert : seseorang ekstrovert lebih komformitas dibandingkan dengan introvert.
  • Besar kelompok : pengaruh kelompok menjadi besar bila besar kelompok bertambah.
  • Keinginan memiliki status : Terdapat dorongan untu memiliki status dapat membuat seseorang berinteraksi dengan sejawatnya.
  • Interaksi orang tua : suasana rumah yang tidak menyenangkan dan tekanan orang tua menjadi dorangan individu untuk berinteraksi.
  • Pendidikan : dengan pendidikan yang tinggi merupakan salah satu faktor yang mendorong manusia untuk berinteraksi karena seseorang yang berpendidikan tingi memiliki wawasan pengetahuan yang luas.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Interaksi Sosial, Ciri-Ciri, Syarat dan Jenis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *