pengertian kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Dan Proses Wirausaha

Posted on

Pengertian kewirausahaan – Secara umum pengertian kewirausahaan adalah tindakan untuk menciptakan atau membangun bisnis yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan.

Namun definisi kewirausahaan dasar ini kurang relevan dengan kondisi saat ini karena definisi kewirausahaan modern saat ini bukan hanya berbicara tentang keuntungan tapi juga sudah berbicara tentang cara memecahkan permasalahan dan mengubah dunia.

Pada saat ini banyak pengusaha memulai mencoba untuk melakukan perubahan sosial seperti menciptakan produk yang inovatif atau memberikan solusi baru untuk merubah kehidupan.

Baca juga | Manfaat Kewirausahaan yang Wajib Kamu Ketahui

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

pengertian kewirausahaan menurut para ahli

Berikut adalah beberapa pengertian kewirausahaan menurut para ahli :

Arif F. Hadipranata

Wirausaha adalah sosok orang yang berani mengambil resiko dari semua kegiatan usaha yang dilakukan.

Thomas W Zimmerer

wirausaha adalah penerapan inovasi dan kreativitas dalam memecahkan berbagai permasalahan dan mampu memanfaatkannya menjadi keuntungan

Soeharto Prawiro

Kewirausahaan adalah sebuah nilai penting yang diperlukan untuk modal awal dalam melakukan sebuah usaha dan pengembangan usaha.

Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz

Wirausaha ialah orang-orang yang memiliki inovasi untuk mengubah sebuah kesempatan menjadi ide yang bisa menghasilkan, mendapatkan nilai plus dari orang lain, biaya, waktu dan kecakapan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.

Peter Drucker

Pengertian kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang lain.

Joseph Schumpeter

Wirausaha merupakan orang yang memperoleh kesempatan dan mampu membuat peluang tersebut menjadi sebuah usaha yang menghasilkan.

Stein dan Jhon F. Burgess

Pengertian kewirausahaan merupakan seorang yang mengorganisasikan, mengelola dan berani untuk mengambil resiko dari apa yang diusahakan.

J.B Say

Menurutnya, wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola berbagai macam sumber daya yang ada secara ekonomis dan mampu meningkatkan produktivitas yang rendah menjadi tinggi.

Achmad Sanusi

Wirausaha yaitu suatu nilai yang diwujudkan di dalam perilaku yang menjadi dasar tujuan, siasat, tenaga penggerak, proses dan hasil bisnis.

Kasmir

Wirausaha adalah orang-orang yang memiliki keberanian untuk mengambil resiko dari peluang usaha yang ada dengan harapan bisa mendapat sebuah pembelajaran baru.

Hervey Leibenstein

Pengertian kewirausahaan adalah kegiatan yang diperlukan untuk melaksanakan dan menciptakan suatu produk dimana saat itu pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas.

Penrose

Definisi wirausaha adalah kegiatan yang mencakup berbagai macam kesempatan atau peluang yang teridentifikasi di dalam suatu sistem ekonomi.

Baca juga | Karakterisitik Kewirausahaan yang Harus Dimiliki Pengusaha

Proses Wirausaha

pengertian kewirausahaan secara umum

Kewirausahaan adalah sebuah proses berkelanjutan yang harus diikuti oleh pengusaha untuk merencanakan dan memulai usaha baru dengan efisien.

Berikut adalah proses wirausaha yang harus dilalui oleh setiap pengusaha :

1. Inovasi / gagasan

Proses kewirausahaan biasanya dimulai dari inovasi atau gagasan yang kemudian oleh pengusaha mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang bisnis.

Identifikasi dan evaluasi peluang merupakan tugas tersulit seorang wirausahaan sehingga dia akan mencari berbagai masukan dari berbagai sumber untuk mencapai peluang usaha yang maksimal.

Seorang wirausahawan dapat melakukan evaluasi peluang dengan mengajukan pertanyaan kepada dirinya sendiri seperti

Apakah peluang bisnis tersebut berharga untuk dijalankan ?

Apakah peluang tersebut dapat menjadi solusi yang layak ?

Adakah keunggulan komptetitif ?

Apa risiko yang mungkin timbul dari peluang tersebut ?

Berdasarkan hal ini seorang wirausahawan harus memiliki kemampuan untuk menganalisisi apakah inovasi yang ada sudah sesuai dengan tujuan wirausaha.

2. Mengembangkan rencana bisnis

Setelah peluang dapat di identifikasi maka langkah selanjutnya seorang pengusaha harus mengembangkannya kedalam rencana bisnis yang lebih komprehensif.

Rencana bisnis ini sangat penting bagi keberhasilan usaha baru karena rencana bisnis ini akan dijadikan sebagai panduan untuk melakukan tindakan dan evaluasi terhadap kemajuan bisnis dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Oleh sebab itu seorang wirausahawan harus meluangkan waktunya untuk membuat komponen rencana bisnis seperti visi dan misi, sasaran dan tujuan, kebutuhan modal, deskripsi produk, dll.

3. Sumber daya (Resourcing)

Proses kewirausahaan selanjutnya adalah mengidentifikasi sumber daya yang ada seperti sumber daya manusia dan keunangan.

Pengusaha harus mampu untuk mencari sumber daya manusia yang tepat untuk menjalankan bisnis dan juga mencari pendanaan usaha seperti menemukan investor.

4, Pengelolaan perusahaan

Setelah bisnis anda telah memiliki modal dan SDM yang memadai maka proses wirausaha selanjutnya adalah memulai untuk menjalankan bisnis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Hal pertama yang harus dilakukan oleh pengusaha adalah membuat struktur manajemen atau hirarki yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan dan masalah yang mungkin muncul.

Baca juga | Proses Kewirausahaan dan Proses Pertumbuhan Wirausaha

5. Menuai hasil

Proses kewirausahaan terakhir yang harus dilakukan pengusaha adalah menuai hasil dan pengusaha harus segera memutuskan langkah bisnis selanjutnya.

Pada saat ini seorang pengusaha akan memutuskan prospek masa depan yaitu pertumbuhan dan perkembangan bisnis.

Baca juga | Apa Itu Entrepreneur ? Dan Keuntungan Menjadi Entrepreneur

Kesimpulan

Pada dasarnya wirausahawan adalah seseorang yang mendirikan bisnis dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.

Namun pernyataan ini masih sedikit agak kabur dan beberapa orang tidak setuju tentang hal tersebut.

Pada saat ini kewirausahaan sering diartikan sebagai seseorang yang memulai dan menciptakan bisnis yang berkesinambungan dan berkelanjutan.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Dan Tahapan Proses Wirausaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *