Pengertian Kompetensi

Pengertian Kompetensi Adalah, Arti, Klasifikasi dan Jenis

Posted on

Pengertian Kompetensi – Didalam menjalankan suatu pekerjaan secara efisien didalam perusahaan, seorang karyawan haruslah memiliki kompetensi khusus.

Oleh sebab itu, SDM yang menjalankan pekerjaan tersebut harus disesuaikan dengan kompetensi mereka yang terkait dengan pekerjaan itu.

Sehingga dapat diartikan bahwa setiap karyawan yang memiliki kompeten adalah sumber daya utama dalam perusahaan sehingga bisa didapat keunggulan.

Baca juga | Apa itu HRD ? dan Syarat menjadi HRD Dalam Perusahaan

Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian kompetensi menurut para ahli :

Wibowo (2007:110)

Wibowo mendefinisikan kompetensi sebagai kemampuan dalam menjalankan tugas yang di landasi oleh keterampilan dan pengetahuan serta didukung dengan sikap kerja yang dituntut oleh pekerjaan tersebut.

Veithzal (2003:298)

Menurut Veithzal, pengertian kompetensi adalah kecakapan, keterampilan, kemampuan.

Bila dilihat dari kata dasarnya, kompeten dapat diartikan sebagai cakap, mampu dan terampil.

Komptensi mengacu pada karakteristik yang membuatnya berhasil dalam pekerjaannya.

Djaman Satori (2007:22)

Menurut Djaman Satori, pengertian kompetensi berasal dari kata bahasa Inggris yaitu competency yang dapat diartikan sebagai kecakapan, kemampuan dan wewenang.

Kompetensi performan mengarah pada pencapaian tujuan secara tuntas menuju kondisi yang diinginkan.

Mudrajad Kuncoro (2005:44)

Mudrajad Kuncoro mengatakan bahwa pengertian kompetensi adalah nilai utama perusahaan dalam menciptakan keahlian dan kapabilitas yang disebarkan melalui bermacam garis produksi atau bisnis.

Moh. Uzer Usman (2006:4)

Menurut Moh. Uzer Usman, pengertian kompetensi adalah kemampuan kualitatif seseorang adalah kemampuan sikap dan perbuatan seseorang yang hanya dapat dinilai denganukuran baik dan buruknya.

Sedangkan kemampuan kuantitatif adalah kemampuan seseorang dapat dinilai dan terukur.

Berdasarkan beberapa pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa komptensi adalah sejumlah kemampuan yang harus dimiliki seseorang terutama pegawai untuk mencapai tingkatan pegawai profesional.

Baca juga | Definisi Manajemen SDM Dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Karakteristik Kompetensi

Menurut Spancer, terdapat 5 (lima) karakteristik kompetensi diantaranya adalah :

  • Motif adalah sesuatu yang secara konsisten dipikirkan atau diinginkan sehingga menyebabkan tindakan.
  • Sifat adalah karakteristik fisik dan respon yang konsisten terhadap situasi atau informasi.
  • Konsep diri adalah sikap, nilai atau citra diri seseorang
  • Pengetahuan adalah informasi yang dimiliki seseorang dalam bidang spesifik.
  • Keterampilan adalah kemapanan mengerjakan tugas fisik atau mental tertentu.

Jenis Kompetensi

Menurut Wibowo (2007:115), terdapat beberapa jenis kompetensi yaitu :

  • Planning competency : Tindakan tertentu seperti menentukan tujuan, menilai risiko dan mengembangkan urutan tindakan untuk mencapai tujuan.
  • Influence competency : tindakan seperti memiliki dampak pada orang lain yang memaksa untuk melakukan tindakan tertentu atau membuat keputusan tertentu dan memberikan inspirasi untuk bekerja menuju tujuan organisasi.
  • Communication competency : bentuk kemampuan berbicara, mendengarkan orang lain, komunikasi tertulis dan non verbal.
  • Interpersonal competency : dapat terdiri dari empati, membangun konsesus, networing, persuasi, negoisasi, diplomasi, manajemen konflik, menghargai orang lain dan team player.
  • Thinking competency : berhubungan dengan berpikir dengan strategis, berpikir analitis, berkomitmen pada tindakan, memerlukan kemampuan kognitif, mengidentifikasi mata rantai dan gagasan kreatif.
  • Organizational competency : merencanakan pekerjaan, mengorganisasi sumber daya mendapatkan pekerjaan dilakukan, mengukur kemampuan dan mengambil risiko yagn diperhitungkan.
  • Human resouces management competency : kemampuan dalam bidang, team building, mendorong partisipasi, mengembangkan bakat, mengusahakan umpan balik kinerja dan menghargai keberagaman.
  • Leadership competency : komptensi yang dapat meliputi kecakapan memosikan diri, pengembangan organisasional, mengelola transisi, orientasi strategis, membangun visi, merencanakan masa depan, menguasaio perubahan dan mempelopori kesehatan tempat kerja.
  • Client service competency : kompetensi yang berbentuk mengidentikasi dan menganalisa pelanggan, orientasi pelayanan dan pengiriman, bekerja dengan pelanggan, tindak lanjut dengan pelanggan, membangun partnership dan berkomitmen terhadap kualitas.
  • Bussines competency : kompetensi yang terdiri dari manajemen finansial, keterampilan pengambilan keputusan, bekerja dengan sistem, menggunakan ketajaman bisnis, membuat keputusan bisnis dan meningkatkan pendapatan.
  • Self management competency : terkait dengan menjadi motivasi diri, bertindak dengan percaya diri, mendemonstrasikan fleksibilitas dan berinisiatif.
  • Technical / operational competency : terkait dengan mengerjakan tugas kantor, menggunakan peralatan kantor, demonstrasi keahlian teknis dan membiasakan bekerja dengan data dan angka.

Baca juga | Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Bagi Bisnis Kecil

Faktor yang Mempengaruhi Kompetensi

Menurut Michael Zwell (dalam Wibowo, 2007:126) terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kompetensi seseorang diantaranya adalah :

Keyakinan dan Nilai-Nilai

Keyakinan seseorang tentang dirinya atau terhadap orang lain dapat mempengeruhi perilaku.

Kepercayaan para pekerja bahwa manajemen adalah musu yang mencegah mereka melakukan insiatif yang seharusnya dilakukan.

Keterampilan

Keterampilan seseorang memiliki peran penting dalam mempengaruhi kompetensi.

Seperti berbicara didepan umum adalah keterampilan yang dapat dipelajari serta dipraktekkan dan juga diperbaiki.

Pengalaman

Keahlian dari berbagai kompetensi membutuhkan pengalaman mengorganisasi orang, kominkasi dihadapan kelompok, menyelesaikan permasalahan, dll.

Kepribadian

Kepribadian seseorang dapat mempengaruhi keahlian didalam sejumlah kompetensi termasuk menyelesaikan konflik, kemampuan bekerja dalam tim dam memberi pengaruh dan menjalin hubungan.

Motivasi

Motivasi merupakan faktor yang dapat berpengaruh pada kompentesi dan dapat berubah.

Dengan memberikan dorongan serta apresiasi kepada pekerja, memberikan pengakuan dan perhatian dari atasan dapat berpengaruh pada motivasi pekerja.

Emosi

Hambatan emosional seseorang dapat membatasi untuk menguasai kompetensi seperti takut membuat kesalahan, rasa malu atau kecenderungan membatasi inisiatif.

Intelektual

Kompetensi seseorang sangat tergantung pada intelektual seseorang seperti pemikiran kognitif (pemikiran konseptual dan pemikiran analitis).

Budaya Organisasi

Budaya organisasi dapat berpengaruh kepada sumber daya manusia seperti dalam kegiatan rekrutmen dan seleksi karyawan.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Pengertian Kompetensi Adalah, Arti, Klasifikasi dan Jenis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *