Pengertian Komunikasi Bisnis

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli dan Tujuannya

Posted on

Pengertian komunikasi bisnis – Komunikasi bisnis merupakan salah satu cabang dari ilmu komunikasi dimana komunikasi terjadi antara dua atau lebih pihak yang berkaitan dengan urusan bisnis.

Berdasarkan dari penjelasan ini maka tujuan utama dari komunikasi bisnis adalah bertukar informasi, keinginan,sikap, dll yang berkaitan dengan kegiatan bisnis.

Bahkan komunikasi bisnis merupakan pondasi utama untuk kehidupan bisnis dan proses manajemen karena tanpa adanya komunikasi maka bisnis tidak dapat beroperasi atau berjalan.

Komunikasi bisnis dapat dilakukan oleh pihak internal dan eksternal dalam perusahaan atau organisasi.

Baca juga | Pengertian Manajemen Operasi, Fungsi dan Ruang Lingkupnya

Pengertian komunikasi bisnis

definisi komunikasi bisnis

Menurut Wikipedia, pemgertian komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan dan informasi yang mempunyai tujuan tertentu yang di sajikan secara personal atau impersonal dengan simbol-simbol tertentu.

Beberapa pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli :

Brennan

Pengertian komunikasi bisnis adalah ekspresi, penyaluran, penerimaan dan pertukaran ide dalam perdagangan dan industri.

William Scott

Definisi komunikasi bisnis adalah Komunikasi organisasional adalah proses yang melibatkan transmisi dan replikasi akurat dari ide-ide yang dijamin oleh umpan balik untuk tujuan memilih tindakan yang akan mencapai tujuan organisasi.

W. H. Meaning

Pengertian komunikasi bisnis Pertukaran ide, berita dan pandangan sehubungan dengan bisnis di antara pihak-pihak terkait disebut komunikasi bisnis.

Berdasarkan dari beberapa pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa komunikasi bisnis adalah proses di mana informasi terkait bisnis, pesan, berita, dll.

Bertukar di antara pembeli, penjual, produsen, pemasok, pesaing, lembaga pemerintah, dll. Komunikasi bisnis sangat penting untuk melakukan fungsi manajemen dan untuk memastikan keberhasilan organisasi.

Baca juga | Pengertian Manajemen Bisnis dan Fungsinya Dalam Perusahaan

Tujuan komunikasi bisnis

tujuan komunikasi bisnis

Komunikasi bisnis terjadi antara dua atau lebih pihak untuk bertukar informasi terkait bisnis. Keberhasilan bisnis bergantung pada kemanjuran komunikasi bisnis. Untuk ini, komunikasi dianggap sebagai sumber kehidupan bisnis.

Tujuan komunikasi bisnis dibahas di bawah ini:

1. Bertukar informasi

Komunikasi terutama pertukaran informasi antara dua pihak atau lebih. Melalui komunikasi, organisasi bertukar informasi dengan pihak internal dan eksternal.

Komunikasi juga membawa dinamika dalam kegiatan organisasi dan membantu dalam mencapai tujuan.

2. Mempersiapkan rencana dan kebijakan

Komunikasi membantu dalam mempersiapkan rencana dan kebijakan organisasi. Rencana dan kebijakan yang realistis memerlukan informasi yang memadai dan relevan.

Para manajer mengumpulkan informasi yang diperlukan dari sumber yang dapat dipercaya melalui komunikasi.

3. Pelaksanaan rencana

Untuk pelaksanaan rencana dan kebijakan tepat waktu, manajer harus menyebarluaskannya di seluruh organisasi.

Untuk menyebarluaskan rencana dan kebijakan kepada pihak internal dan eksternal, manajer bergantung pada komunikasi.

Baca juga |  Pengertian Segmentasi Pasar, Manfaat dan Syarat-Syaratnya

4. Meningkatkan efisiensi karyawan

Komunikasi juga membantu meningkatkan efisiensi karyawan. Dengan bantuan komunikasi, tujuan organisasi, rencana, kebijakan, aturan, arahan dan hal-hal rumit lainnya menjelaskan kepada karyawan yang memperluas pengetahuan mereka dan dengan demikian membantu mereka menjadi efisien.

5. Mencapai tujuan

Komunikasi yang efektif membantu karyawan di semua level menjadi sadar dan penuh perhatian. Ini memastikan pencapaian pekerjaan tepat waktu dan pencapaian tujuan yang mudah.

6. Memecahkan masalah

Melalui berbagai saluran komunikasi, manajer dapat diberitahu tentang berbagai masalah rutin dan non-waktu dari organisasi dan karenanya mereka mengambil tindakan yang diperlukan dari langkah-langkah untuk memecahkan masalah.

7. Membuat keputusan

Membuat keputusan yang tepat waktu membutuhkan informasi terbaru. Melalui komunikasi yang efektif, manajer dapat mengumpulkan informasi dari berbagai penjuru dan dapat membuat keputusan yang tepat.

8. Meningkatkan hubungan industrial

Hubungan industrial adalah hubungan antara pekerja dan manajemen di tempat kerja. Hubungan industrial yang baik selalu diinginkan untuk kesuksesan bisnis.

Komunikasi memainkan peran penting dalam menciptakan dan memelihara hubungan industrial yang baik.

9. Publisitas barang dan jasa

Di era modern, bisnis menjadi sangat kompetitif. Produsen yang hampir sangat bersaing menghasilkan produk konsumsi umum. Namun, semuanya tidak bisa terjual sama baiknya. Organisasi yang dapat berkomunikasi dengan lebih baik, juga bisa menjual lebih baik.

10. Menghapus kontroversi

Komunikasi yang efektif memungkinkan kelancaran arus informasi di antara berbagai pihak yang terlibat dalam negosiasi atau transaksi. Akibatnya, konflik, kontroversi, dan perselisihan dapat diselesaikan dengan mudah.

11. Meningkatkan kepuasan karyawan

Jika ada aliran informasi yang bebas dan adil dalam organisasi, itu pasti akan membawa pengertian bersama antara manajemen dan pekerja. Pemahaman seperti itu meningkatkan kepuasan karyawan.

Baca juga | Cara Merekrut Karyawan Baru Berkualitas Untuk Usaha Kecil

12. Meningkatkan kesetiaan

Komunikasi yang efektif membantu para manajer untuk menyadari kinerja bawahan mereka. Dalam situasi seperti itu, para bawahan berusaha menunjukkan kinerja mereka yang baik. Kemudian, jika manajemen memuji kinerja mereka, itu akan meningkatkan loyalitas karyawan.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli dan Tujuannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *