Pengertian Komunikasi Politik

Pengertian Komunikasi Politik, Tujuan, Fungsi, Unsur-Unsur dan Bentuk

Posted on

Pengertian Komunikasi Politik – Komunikasi politik tidak bisa di definisikan dengan menggabungkan 2 (dua) pengertian yaitu komunikasi dan politik.

Hal ini karena kedua memiliki konsep tersendiri walau sederhananya merupakan gabungan dari kedua konsep tersebut.

Komunikasi dan politik merupakan dua wilayah pencarian yang masing-masing dikatakan berdiri sendiri.

Walaupun demikian kedua pengertian tersebutmemiliki persamaan objek material yaitu manusia.

Adanya kesamaan inilah yang menjadikan kedua disiplin ilmu ini tidak dapat menghindari terjadinya pertemuan bidang kajian.

Pengertian Komunikasi Politik Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa Pengertian Komunikasi Politik Menurut Para Ahli :

Surbakti (2010:152)

Pengertian komunikasi politik menurut Surbakti adalah sebuah proses untuk menyampaikan informasi terkait dengan politik dari pemerintah untuk masyarakat dan begitu juga sebaliknya.

Cangara (2009:32)

Menurut Cangara, pengertian komunikasi politik adalah suatu bidang atau disiplin ilmu yang menelaah perilaku dan aktivitas komunikasi yang bersifat politik, memiliki akibat politi atau memiliki pengaruh terhadap perilaku politik.

Nimmo (2005:9)

Pengertian komunikasi politik Menurut Nimmo adalah sebuah kegiatan komunikasi yang di anggap sebagai komunikasi politik atas dasar konsekuensi yang mengatur perbuatan manusia di dalam kondisi konflik.

R.M. Perloff

Pengertian komunikasi politik menurut R.M. Perloff adalah proses di mana pemimpin, media dan warga negara sebuah bangsa bertukar serta menyerap arti pesan yang terkait dengan kebijakan publik.

Mueller (1973)

Pengertian komunikasi politik menurut Mueller adalah hasil yang memiliki sifat politik apabila ditekan pada hasil.

McNair (2003)

Menurut McNair, pengertian komunikasi politik tidak hanya menjadi komunikasi para aktor politik kepada pemilih untuk mencapai tujuan tertentu.

Akan tetapi komunikasi ini ditujukan pada para politisi oleh pemilih dan kolumnis surat kabar serta komunikasi terkait dengan aktor politik dan kegiatan mereka.

Sebagaimana terdapat berita, editorial dan bentuk diskusi politk media lainnya.

Miriam Budiardjo

Menurut Miriam Budiardjo, definisi komunikasi politik adalah salah satu fungs dari partai politik yaitu menyampaikan berbagai pendapat dan aspirasi masyarakat dan mengaturnya sedemikian rupa.

Jack Plano dkk

Menurut Jack Plano dkk, arti dari komunikasi politik adalah penyebaran aksi, makna atau pesan ang bersangkutan dalam fungsi sistem politik yang melibatkan unsur-unsur komunikasi seperti komunikator, pesan, dll.

Lord Windleshan

Menurut Lord Windleshan, definisi komunikasi politik adalah pemnyampaian pesan politik dari pengirim kepada penerima dengan menekankan untuk membuat penerima dapat menerima hal yang disampaikan oleh pengirim dan menolak pesan dari pihak lainnya.

Gabriel Almond (1960)

Menurut Gabriel Almond, pengertian komunikasi politik adalah salah satu fungsi yang ada pada setiap sistem politik.

Sosialisasi politik, perekrutan, artikulasi kepentingan, agregasi kepentingan, pembuatan dan penerapan aturan yang diterapkan dalam komunikasi.

Maswadi Rauf

Menurut Maswadi Rauf, pengertian komunikasi politik adalah bagian dari objek dari kajian ilmu politik.

Hal ini dikarenakan pesan yang disampaikan didalam proses komunikasi memiliki ciri politik yaitu terkait dengan kekuasaan politik negara, pemerintahan atau kegiatan komunikator sebagai pelaku politik.

Baca juga | Macam Macam Media Promosi Pemasaran yang Tepat dan Efektif

Tujuan Komunikasi Politik

Tujuan dari komunikasi politik berhubungan dengan pesan politik yang disampaikan oleh komunikator politik.

Sesuai tujuan komunikasi maka tujuan komunikasi politi tersebut terkadang hanya menyampaikan informasi, pembentukan citra politik, pembentukan pendapat umum dan dapat mengendalikan pendapat atau tuduhan lawan politik.

Komunikasi politik juga bertujuan untuk menarik simpatik publik untuk meningkatkan partisipasi politik saat menjelang pemilihan umum atau pemilihan kepala daerah.

a. Membangun Citra Politik

Tujuan pertama dari komunikasi politik adalah membangun citra politik yang baik bagi khalayak.

Citra politik tersebut dibangun dan dibentuk atas dasar informasi yang kita terima baik itu secara langsung atau melalui media politik.

b. Membentuk serta membina pendapat publik

Pembentukan pendapat umum pada komunikasi politik sangatlah ditentukan oleh peranan media politik terutama media massa.

Media seperti pers, televisi, film selain memberikan informasi, menghibur, mendidik, juga memiliki fungsi untuk membentuk citra politik dan juga pendapat umum yang penting dalam kehidupan politik.

c. Mendorong Partisipasi Politik

Partisipasi politik merupakan salah satu tujuan komunikasi politik dengan tujuan agar setiap individu berperan serta pada kegiatan politik.

Bentuk partisipasi politik yang penting adalah ketika publik ingin memberikan suaranya kepada seorang politikus atau partai politik tertentu dalam pemilihan umum.

Berdasarkan dari pembahasan diatas maka tujuan komunikasi politik dapat terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu membangun citra politik, membentuk dan membina pendapat umum serta mendorong partisipasi politik.

Baca juga | Pengertian Public Relation Adalah, Tujuan, Fungsi dan Tugas PR

Fungsi Komunikasi Politik

Pada dasarnya komunikasi politik dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu :

1. Fungsi komunikasi politik dalam struktur masyarakat

Fungsi pertama adalah komunikasi politik yang berada didalam struktur pemerintah atau sering disebut dengan istilah the governmental political sphere.

The governmental political sphere ini memiliki isi tentang informasi yang terkait dengan seluruh kebijakan yang dilaksanakan oleh pemerintah.

Isi komunikasi politik ini ditujukan untuk upaya mewujudkan loyalitas dan integritas nasional untuk mencapai tujuan negara yang lebih luas.

2. Fungsi komunikasi politik dalam struktur masyarakat

Fungsi kedua dari komunikasi politik berada di struktur masyarakat atau sering disebut dengan istilah the socio political sphere.

Pengertian the socio political sphere adalah agregasi kepentingan dan artikulasi kepentingan dimana kedua fungsi ini sebagai proses komunikasi yang berlangsung diantara kelompok asosiasi dan proses penyampaian isi komunikasi terhadap pemerintah dari hasil agregasi dan artikulasi itu.

Unsur-Unsur Dalam Komunikasi Politik

Sama halnya denga ilmu komunikasi lainnya, komunikasi politik sebagai body of knowledge juga terdiri dari berbagai unsur.
Berikut adalah unsur-unsur komunikasi politik, yaitu :

1. Komunikator Politik

Komunikasi politik tidaklah hanya terkait dengan partai politik tapi juga terkait dengan lembaga pemerintahan legislatif dan eksekutif.

Dengan demikian, komunikator politik merupakan individu yang memberikan informasi yang terkait dengan makna politik seperti presiden, menteri, Politiisi, Fungsioaris, LSM dan juga kelompok penekan dalam masyarakat yang dapat mempengaruhi jalan pemerintah.

2. Pesan Politik

Pesan politik adalah pernyataan yang di sampaikan dengan tertulis atau tidak tertulis, verbal atau non verbal, tersembunyi atau terang-terangan, disadari atau tidak disadari.

Contoh pesan politik diantaranya adalah pidato politik, Pernyataan politik, Undang-Undang pemilu, dll.

3. Saluran atau Media Politik

Saluran atau Media Politik adalah sarana yang dipakai oleh komunikator politik dalam menyampaikan pesan politiknya.

Contoh media politik diantaranya adalah surat kabar, majalah, radio, televisi, film, spanduk, reklame, dll.

4. Sasaran atau Target Politik

Target politik adalah anggota masyarakat yang diharapkan bisa memberikan dukungn seperti dukungan suara pada partai atau kandidat saat pemilihan umum.

Sasaran politik ini merupakan seluruh tingkatan masyarakat yang memiliki hak pilih atau warga negara yang akan menjadi calon pemili dengan ketentuan cukup umur untuk mengikuti pemilihan umum.

5. Pengaruh dan Efek Komunikasi Politik

Dampak yang diharapkan dari Komunikasi Politik adalah terciptanya pemahaman pada sistem pemerintahan dan partai politik dimana pada awalnya dimulai dari pemberian suara saat pemilihan umum.

Pemberian suara ini sangat berpengaruh pada terpilih atau tidaknya seorang kandidat untuk posisi tertentu seperti presiden, anggota DPR, Gubernur, dll.

Baca juga | Iklan Politik Adalah : Pengertian, Tujuan, Jenis-Jenis Beserta Contohnya

Bentuk Komunikasi Politik

Menurut Arifin (2003:65), Komunikasi politik memiliki bebereapa bentuk yang dapat dijalankan oleh komunikator dalam rangka mencapai tujuannya :

1. Retorika

Istilah retorika berasal dari bahasa Yunani yaitu “Rhetorica” yang bisa di artikan sebagai seni berbicara.

Hal ini digunakan berasal dari perdebatan dalam ruang sidang pengadilan untuk saling mempengaruhi yang sifatnya kegiatan antar personal.

Kemudian hal ini berkembang pada kegiatan komunikasi massa seperti dalam pidato kepada publik.

2. Agitasi Politik

Istilah Agitasi berasal dari bahasa Yunani yaitu “Agitare” yagn memiliki arti bergerak atau menggerakkan.

Tujuan dari agitasi adalah membangkitkan rakyat untu gerakan politik baik itu lisan maupun tulisan untuk merangsang emosi rakyat.

Hal ini dapat dimulai dengan menciptakan kontradiksi di dalam masyarakat dan menggerakkan publik untuk menantang fakta hidup yang terjadi.

3. Propaganda

Istilah propaganda berasal dari bahasa Latin yaitu “Propagare” yang berarti menanamkan tunas tanaman.

Propagandis merupakan seseorang yang melakukan propaganda dan dapat menjangkau masyarakat yang lebih besar.

Biasanya hal ini dijalankan oleh politikus atau kader partai yang memiliki keahlian.

4. Public Relations Politics

Pengertian Public Relations Politics adalah usaha alternatif untuk mengimbangi propaganda yang bisa membahayakan kehidupan sosial dan politik.

Tujuan dari Public Relations Politics adalah membuat hubungan saling percaya, terbuka, harmonis serta akomodatif antar politisi, profesional, aktivis dengan masyarakat umum.

5. Kampanye Politik

Pengertian kampanye politik adalah salah satu bentuk komunikasi politik yang dijalankan oleh seseorang atau kelompok pada waktu tertentu untuk mendapatkan serta memperkuat dukungan politik masyarakat atau pemilih.

Kampanye politik ini merupakan serangkaian kegiatan komunikasi terencana dengan tujuan menciptakan dampak tertentu pada sebagian besar masyarakat yang dijalankan secara berkelanjutan dalam periode tertentu.

6. Lobi Politik

Kata lobi diambil dari tempat tamu menunggu untuk berbincang di dalam hotel.

Di dalam lobi politik adalah pengaruh dari pribadi seorang politisi sangat berpengaruh seperti kompetensi, penguasaan masalah dan karisma.

Lobi politik merupakan arena vital bagi pembicaraan politisi atau kader terkait dengan kekuasaan, pengaruh, konflik atau konsesus.

7. Media Massa

Media Massa merupakan perluasan panca indra manusia dan juga sebagai media pesan terkait dengan pesan politik untuk memperoleh pengaruh kekuasaan otoritas.

Hal ini juga dapat membentuk atau merubah opini publik atau citra politik bagi khalayak yang lebih luas.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Komunikasi Politik, Tujuan, Fungsi, Unsur-Unsur dan Bentuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *