Pengertian Konsep Pemasaran

Pengertian Konsep Pemasaran Adalah, Tujuan dan Unsur-Unsur

Posted on

Pengertian Konsep Pemasaran – Pada dasarnya, pemasaran adalah proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan serta menyerahkan nilai dengan tujuan untuk memahami kebutuhan dan juga keinginan konsumen terkait dengan produk atau jasa.

Berdasarkan dari hal tersebut maka diharapkan dapat tercipta hubungan dengan pelanggan sehingga dapat menghasilkan penjualan.

Proses untuk memahami kebutuhan dan keinginan konsumen inilah yang sering disebut dengan konsep pemasaran.

Seorang pemasar harus berusaha untuk memahami pribadi konsumen dan apa saja yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen.

Pemahaman terhadap konsumen sangat penting bagi pemasar karena mereka dapat merancang komunikasi yang tepat dengan target pasar.

Hal ini menyebabkan konsumen dapat menerima produk yang dipasarkan tersebut.

Menurut Kotler dan Keller (2009: 19), konsep pemasaran menegaskan bahwa kunci untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan adalah perusahaan tersebut harus menjadi lebih efektif dibandingkan dengan pesaing untuk menciptakan, menyerahkan serta mengkomunikasikan nilai pelanggan kepada target pasar.

Baca juga | Pengertian Pemasaran, Definisi, Tujuan, Fungsi dan Jenis-Jenis

Tujuan Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran menegaskan bahwa kunci untuk mencapai tujuan perusahaan adalah perusahaan tersebut harus lebih efektif dibanding dengan pesaing dalam menciptakan, menyerahkan dan juga mengkomunikasikan nilai pelanggan kepada sasaran pelanggan.

Menurut Kotler (2007), terdapat beberapa 4 (empat) pilar didalam konsep pemasaran

1. Pasar Sasaran

Perusahaan dapat berhasil bila mereka cermat untuk memilih sasaran pasarnya dan mempersiapkan program pemasaran yang diciptakan untuk pasar tersebut.

2. Kebutuhan Pelanggan

Perusahaan sering dapat memberikan definisi sasaran pasar namun tidak bisa memahami tentang kebutuhan pelanggan dengan akurat.

Memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan ini tidaklah sederhana.

Hal ini dikarenakan terkadang pelanggan memiliki kebutuhan yang tidak mereka sadari.

Kebutuhan pelanggan ini dapat dibagi menjadi 5 (lima) jenis, yaitu kebutuhan nyata, kebutuhan riil, kebutuhan yang tidak dapat dinyatakan, kebutuhan kesenangan dan kebutuhan rahasia.

3, Pemasaran Terpadu

Bila semua pihak didalam perusahaan dapat bekerja sama untuk melayani kebutuhan pelanggan maka dapat menghasilkan pemasaran terpadu.

Pemasaran terpadu ini dapat terjadi pada dua level yaitu fungsi pemasaran harus bekerja sama dan kedua pemasaran harus dirangkul oleh departemen lainnya agar mereka memikirkan pelanggan.

4. Kemampuan Menghasilkan Laba

Tujuan konsep pemasaran terakhir adalah membantu perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Pada perusahaan swasta, tujuan utamanya adalah mendapatkan laba serta bertahan dan menarik cukup dapat untuk melakukan kegiatan mereka.

Perusahaan tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan laba melainkan menciptakan laba sebagai akibat dari penciptaan pelanggan yang unggul.

Perusahaan dapat menghasilkan uang karena mereka memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik dibandingkan dengan pesaingnya.

Baca juga | Pengertian Manajemen Pemasaran, Tujuan Dan Fungsinya

Unsur-Unsur Konsep Pemasaran

Menurut Kotler dan Armstrong, unsur-unsur pemasaran harus bersandr pada beberapa konsep berikut :

Kebutuhan, Keinginan, dan Permintaan (Needs, Wants, and Demands)

Kebutuhan merupakan sesuatu yang dibutuhkan manusia dan harus ada sehingga bisa untuk menggerakkan manusia sebagai alasan berusaha.

Definisi keinginan adalakh hasrat manusia untuk mendapatkan pemuas kebutuhan yang spesifik akan kebutuhan.

Sedangkan definisi permintaan adalah keinginan terhadap sebuah produk yang ditopang oleh kemampaun serta kesediaan untuk membeli.

Penawaran pasar – produk, pelayanan dan pengalaman

Pengertian penawaran pasar adalakh kombinasi dari produk, pelayanan, inormasi atau pengalaman yang ditawarkan pad apasar untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan pasar.

Nilai pelanggan dan kepuasan

Nilai pelanggan dapat terlihat sebagai kombinasi antara mutu, jasa dan harga yang dapat mencerminkan manfaat serta biaya berwujud atau tidak berwujud bagi konsumen.

Sedangkan kepuasan adalah penilaian seseorang dari hasil yang dihasilkan dari produk tersebut dengan harapannya.

Pertukaran dan hubungan

Maksud dari pertukaran adalah tindakan untuk mendapatkan objek yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan.

Dalam pemasaran dapat terdiri dari tindakan yang diambil untuk membangun serta memelihara interaksi dengan transaksi dengan target pasar, pemasok serta para penyalur yang dapat melibatkan produk, pelayanan, ide serta benda lain.

Pasar

Definisi pasar adalah kumpulan semua pembeli yang sebenarnya dan potensial yang memiliki kebutuhan serta keinginan terhadap produk atau jasa tertentu yang sama.

Selain itu mereka bersedia dan memiliki kemampuan untuk menjalankan pertukaran dalam rangka memuaskan kebutuhan dan keinginan tersebut.

Kesimpulan

Dengan konsep pemasaran yang berwawasan pasar adalah salah satu kunci pemasar untuk mencapai tujuan perusahaan.

Pemasar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan sasaran pasar serta memberikan kepuasan yang diinginkan secara efektif dibanding dengan perusahaan pesaing.

Perusahaan harus menyadari bahwa pemasar sangat penting untuk kesuksesan perusahaan dan memiliki filsafah yang sering disebut dengan konsep pemasaran.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Pengertian Konsep Pemasaran Adalah, Tujuan dan Unsur-Unsur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *