pengertian kreatif

Pengertian Kreatif Serta Ciri-Ciri Orang Kreatif yang Jarang Di Ketahui

Posted on

Apakah pengertian kreatif ?

Bagaimana ciriciri orang kreatif ?

Tentunya anda sering mendengar istilah kreatif dan inovatif terutama jika kita melihat sesorang menciptakan sebuah produk baru, unik ataupun ide baru.

Untuk menjawab kedua pertanyaan tersebut di atas maka akan coba saya bahas pada tulisan ini.

Pengertian Kreatif

kreatif adalah

Pengertian kreatif adalah kemampuan untuk mengembangkan ide atau cara-cara baru untuk memecahkan permasalahan dan menjadikannya sebagai peluang.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian kreatif dapat di definisikan sebagai sesuatu yang memiliki kemampuan untuk menciptakan, menciptakan daya cipta atau bersifat (mengandung) daya cipta.

Pada saat ini banyak contoh usaha kreatif dapat anda temukan di Indonesia seperti Gojek, iGrowth, dll.

Baca juga | 12 Ciri-ciri Orang Sukses yang Harus Anda Kenali

Pengertian kreatif menurut para ahli

Menurut James R. Evans, kreatif dapat di artikan sebagai skill untuk menemukan hubunganbaru, melihat subjek dari sudut pandang dari yang berbeda kemudian memgkombinasikan beberapa konsep yang mainstream di masyarakat di ubah menjadi konsep yang berbeda.

Menurut Widayatum (1999) mengartikan kreatif sebagai kemampuan untuk menyelesaikan kasus yang memberi kesempatan kepada personal untuk berkreasi untuk mendapatkan ide baru. Ide baru ini memiliki fungsi dan kegunaan secara menyeluruh untuk berkembang.

Arti kreatif menurut Asep adalah kemampuan personal untuk berpikir mencapaiproduk yang beragam baik dalam keilmuan, seni, sastra atau bidang lainnya. Produk tersebut di telah di terima dan disukai masyarakat sebagai sesuatu yang bermanfaat

Menurut Utami Munandar, pengertian kreatif adalah kemampuan umum dalam menciptakan hal yang baru. Kemampuan ini akan memberikan gagasan baru yang dapat di aplikasikan untuk memecahkan permasalahan. Selain itu kemampuan ini dapat melihat hubungan baru antara unsur-unsur yang ada sebelumnya.

Pengertian kreatif menurut Yatin Rianto adalah sesuatu yang baru bagi diri sendiri dan tidak harus hal baru bagi orang lain atau dunia pada umumnya.

Menurut Freedam (1982), pengertian kreatif adalah kemampampuan untuk memahami dunia, menginterprestasikan pengalaman dan memecahkan permasalahan dengan cara baru dan asli.

Baca juga | Pengertian Inovasi : Apa Itu Inovasi ? Dan Ciri-Ciri Inovasi

Ciri-ciri orang kreatif

ciri-ciri orang kreatif

Setelah anda telah mengetahui pengertian orang kreatif maka selanjutnya kita akan membahas tentang ciri-ciri orang kreatif.

Berikut beberapa ciri-ciri orang kreatif :

1. Suka berimajinasi

Salah satu ciri-ciri orang kreatif adalah suka berimajinasi atau berfantasi di luar batas. Hal ini dikarenakan otak kanan orang kreatif lebih dominan di bandingkan dengan otak kiri dalam berfantasi.

Orang kreatif selalu berpikir di luar batas bahkan banyak orang yang menilai mereka nyeleneh. Fantasi-fantasi inilah yang dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang tidak pernah di sangka.

Hal ini yang menyebabkan seorang yang kreatif suka berkhayal bahkan khayalan yang tidak wajar.

Maka tidak mengherankan jika seseorang yang memiliki kreatifitas sangat suka melamun dan membayangkan berbagai kemungkinan.

Mereka sering di lukiskan sebagai pemimpi yang realistis karena mereka dapat menghasilkan solusi dari imajinasi mereka.

2. Orang kreatif menyukai tantangan

pengertian kreatif adalah

Orang kreatif biasanya sangat suka dengan tantangan dan tidak suka dengan kemudahan. Jika orang kreatif sedang menghadapi kesulitan ataupun kegagaln mereka akan selalu memandang dengan rasa optimis.

Bahkan mereka menganggap sebuah masalah merupakan tantangan yang harus dilewati. Orang kreatif juga tidak memandang sebuah masalah sebagai ancaman berbahaya tapi justru mereka lebih suka mengelola permasalahan tersebut menjadi ide baru.

Mereka akan cenderung termotivasi untuk mencari cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Mereka juga cenderung berani untuk mengambil resiko dan tidak takut mengalami kegagalan untuk menyelesaikan permasalahan.

Ketika mereka mampu untuk mengatasi sebuah masalah maka mereka akan memperoleh kepuasan atas capaian mereka.

3. Mudah beradaptasi

Ciri-ciri orang kreatif selanjutnya adalah mampu beradaptasi dengan segala kondisi lingkungannya. Mereka akan cepat berpikir untuk mencari gagasan atau ide untuk memecahkan sebuah permasalahan.

Hal ini dikarenakan orang kreatif tergolong sangat peka terhadap lingkungan sekitar. Selain itu orang kreatif sangat suka membantu untuk menyelesaikan permasalahan secara bersama.

Orang kreatif juga memiliki pemikaran yang fleksibel sehingga mereka mudah untuk beradaptasi.

4. Selalu berpikir logis

Ciri-ciri orang kreatif biasanya selalu berpiki secara logis dalam membuat keputusan. Orang kreatif akan mengumpulkan data dan fakta yang cukup dalam membuat keputusan

Hal ini membuat mereka mampu untuk mengendalikan diri sehingga mereka mampu untuk membuat keputsan yang tepat.

5. Orang kreatif adalah seorang visioner

pengertian kreatif menurut para ahli

Salah satu ciri khas dari seorang yang kreatif adalah mereka merupakan seorang visioner. Mereka selalu memiliki visi yang jauh ke depan bahkan visi mereka tidak pernah terbayangkan oleh kebanyakan orang.

6. Orang kreatif selalu memiliki pribadi yang misterius

Kepribadian seseorang kreatif akan sulit di tebak dan misterius karena mood mereka mudah berubah dalam waktu sesaat. Hal ini dikarenakan orang kreatif memiliki sensitifitas dan rasa empati yang mendalam dalam menghadapi sesuatu.

7. Suka bertanya dan selalu ingin tahu terhadap sesuatu

Ciri orang kreatif selanjutnya mereka sangat bertanya bahkan pada hal yang tidak penting. Hal ini dikarenakan mereka sedang mencari mencoba untuk mencari kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi.

Mereka mencari tahu karena mereka memilik ketertarikan untuk mengamati sesuatu misalkan mengamati benda, peristiwa ataupun orang lain.

8. Cepat bosan

orang kreatif

Seseorang yang kreatif selalu terbuka terhadap hal-hal yang baru dan selalu ingin menciptakan ide-ide yang baru. Hal ini dikarenakan orang yang kreatif cepat bosan terhadap sesuatu sehingga mereka akan berusaha untuk menciptakan hal yang baru.

9. Orang kreatif adalah pemikir

Orang-orang kreatif merupakan seorang yang pemikir yang out of the box bahkan terkadang mereka di nilai sebagai pemberontak.

Mereka dapat menghargai masa lalu tapi mereka tetap berpikir untuk mencari sesuatu yang baru dan lebih baik.

demikianlah pembahasan tentang Pengertian Kreatif Serta Ciri-Ciri Orang Kreatif yang Jarang Di Ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *