pengertian kwitansi

Pengertian Kwitansi Adalah, Ciri-Ciri, Fungsi dan Jenis

Posted on

Pengertian Kwitansi adalah sebuah alat bukti penerimaan sejumlah uang yang di tanda tangani oleh penerima lalu diserahkan kepada yang telah membayar atau dapat digunakan sebagai bukti transaksi.

Arti kwitansi adalah surat bukti yang menyatakan telah terjadi penyerahan sejumlah uang dari pemberi kepada penerima atau yang di tandatangani oleh penerima uang yang ditulis pada surat tersebut.

Selain itu, kwitansi dapat di definisikan sebagai sebuah surat dokumen yang sering dijadikan sebagai tanda bukti bahwa telah terjadi transaksi penerimaan uang dari pemberi uang kepada penerima uang yang dilengkapi dengan beberapa rincian seperti tujuan pembayaran atau transaksi, tempat dan tanggal dimana terjadinya transaksi tersebut.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah kwitansi sebagai tanda bukti penyerahan uang.

  • Jangan pernah menandatangani kwitansi yang kosong
  • Menuliskan nama penerima uang yang diserahkan dengan lengkap.
  • Di akhir penjelasan sebaiknya diberikan tanda agar penjelasan di kwitansi tidak bisa diberikan tambahan penjelasan sehingga berpotensi kerugian pada salah satu pihak dan kedua belah pihak.
  • Tempat dan tanggal transaksi sebaiknya berdekatan dengan tanda tangan orang yang menerima uang agar urgensi keterangan menjadi jelas.
  • Bila sebuah kwitansi dibubuhi materai maka tanda tangan harus terkena bagian materai yang ditempel agar tidak mudah dilakukan tindakan yang tidak diinginkan.
  • Anda harus bisa mengerti perbedaan antara kwitansi dan nota jual beli.

Baca juga | Pengertian Penjualan, Fungsi, Tujuan, Jenis-Jenis dan Tahapan

Ciri-Ciri Kwitansi

Berikut adalah beberapa ciri-ciri kwitansi :

  • Kwitansi terdiri dari 2 (dua) bagian yaitu sub kwitansi (bukti bagi penerima uang) dan bagian yang diserahkan kepada pemberi uang.
  • Sebuah kwitansi dibuat rangkap yaitu bagian atas atau bagian asli diserahkan kepada pembayar dan bagian bawah dijadikan sebagai arsip penerima uang.
  • Informasi yang di isi dalam kwitansi diantaranya terkait dengan nama lengkap penyerah uang, jumlah nominal uang yang diserahkan dan tempat atau tanggal dilakukannya transaksi diserrtai dengan tanda tangan penerima uang.

Baca juga | Pengertian Invoice / Faktur Pembelian, Fungsi, Jenis-Jenis

Fungsi Kwitansi

Berikut adalah beberapa fungsi kwitansi yaitu ;

  • Tanda bukti bagi pembeli bahwa mereka telah memberikan uang kepada penjual.
  • Sebagai tanda bukti bagi penjual bahwa mereka telah menerima uang dari pembeli sehingga bila suatu saat ada yang mengakui telah membeli barang namun tidak dapat menunjukkan kwitansi berarti pembelian tersebut tidak terjadi.
  • Menjadi alat bukti yang dapat dihadirkan kedalam persidangan bila terjadi gugatan atau permasalahan.

Jenis Kwitansi

Berikut adalah macam-macam kwitansi diantaranya adalah

1. Kwitansi Transaksi produk

Jenis kwitansi transaksi produk merupakan jenis kwitansi yang menjelaskan barang yang dibeli oleh konsumen.

2. Kwintansi Bukti Pembayaran

Jenis kwitansi ini digunakan sebagai bukti pembayaran seperti pembayaran angsuran atau juga pelunasan kredit.

3. Kwitansi Transfer Uang

Jenis kwitansi ini sering digunakan pada instansi perbankan karena didalam kwitansi ini terbdapat keterangan yang lebih jelas dengan mencantumkan nomor rekening.

4. Kwitansi Cash Receipt

Jenis kwitansi ini digunakan pada lingkungan kerja dan kwitansi ini menjelaskan keluar atau masuk uang yang ditembuskan pada arsip sebagai bukti keuangan.

5. Kwitansi Serah Terima Uang

Jenis kwitansi ini merupakan jenis kwitansi yang paling umum digunakan dimana didalam kwitansi harus mencantumkan uang yang diserahkan kepada seseorang, lembaga atau perusahaan.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Kwitansi Adalah, Ciri-Ciri, Fungsi dan Jenis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *