pengertian laba ditahan

Pengertian Laba Ditahan, Rumus dan Manfaat

Posted on

Pengertian laba ditahan secara umum adalah sebagian dari laba bersih yang di peroleh perusahaan yang di tahan dan tidak jadikan deviden untuk dibayarkan kepada para pemegang saham.

Pada umumnya, laba ditahan ini akan dipergunakan oleh perusahaan untuk kelangsungan hidup perusahaan atau dapat juga di gunakan untuk pelunasan utang yang dimiliki perusahaan.

Laba ditahan ini akan dijumlahkan dan di lapprkan sebagai ekuitas pemilik didalam neraca dan secara umum jumlah laba ditahan akan ditentukan oleh kebijakan komisaris perusahaan sehingga setiap perusahaan akan memiliki jumlah yang berbeda.

Baca juga | Pengertian Penjualan, Fungsi, Tujuan, Jenis-Jenis dan Tahapan

Pengertian Laba ditahan Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian laba ditahan menurut para ahli :

Kieso (2002: 354- 355)

Menurut Kieso, pengertian laba ditahan adalah laba yang ditahan yang di manfaatkan untuk kegiatan bisnis.

Sumber laba ditahan ini berasal dari operasional perusahaan dan pemegang saham menanggung risiko terbesar di dalam jalannya perusaaan serta memikul kerugian atau keuntungan dari kegiatan perusahaan tersebut.

Setiap laba yang tidak di bagikan kepada pemegang saham akan menjadi tambahan ekutitas.

Bambang Riyanto (1995: 243)

Menurut Bambang Riyanto, pengertian laba ditahan adalah keuntungan yang didapatkan perusahaan dimana sebagian dibayarkan menjadi deviden dan sebagian lagi di tahan oleh perusahaan.

Jika penahanan laba tersebut sudah memiliki tujuan maka akan dibentuk cadangan dan bila belum memiliki tujuan penggunaan maka laba tersebut akan menjadi laba ditahan (retained earnings).

Berdasarkan dari beberapa pengertian laba ditahan menurut para ahli diatas maka dapat disimpulkan bahwa laba ditahan merupakan laba yang tidak dibagikan kepada para pemegang saham sebagai deviden.

Laba ditahan ini akan dimanfaatkan oleh perusahaan untuk menambah ekuitas untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan.

Baca juga| Pengertian Laporan Laba Rugi, Fungsi, Penguna dan Bentuk

Rumus Laba Ditahan

Menurut Munawir (2004: 29) bahwa laporan laba ditahan perusahaan dapat dihitung dengan mengurangkan laba ditahan tahun saat ini dengan laba ditahan tahun lalu.

Untuk mencari laba ditahan dapat menggunakan rumus berikut :

Laba Ditahan = Laba bersih setelah pajak – dividen

Baca juga | Pengertian Deviden, Tujuan, Bentuk dan Faktor yang Mempengaruhi

Manfaat Laba ditahan

Menurut Blom, manfaat dari laba ditahan bagi perusahaan diantaranya adalah :

  • Stabilisasi perusahaan
  • Investasi
  • Memperbaik struktur finansial

Nilai laba ditahan juga menambah ekuitas pemilik saham di neraca karena laba ditahan akan menambah ekuitas pemilik saham di neraca karena laba ditahan ini juga merupakan milik pemegang saham dalam bentuk keuntungan yang tidak dibagikan.

Jumlah laba ditahan perusahaan tergantung dengan nilai laba yang dihasilkan oleh perusahaan dan juga kebijakan pembagian deviden yang dijalankan.

Kebijakan pembagian deviden ini dapat berbeda di setiap periodenya karena sangat tergantung dengan kondisi dan situasi perusahaan saat itu.

Bila perusahaan melihat terdapat peluang yang menjanjikan di masa yang akan datang maka sebagian keuntungan perusahaan akan ditahan oleh perusahaan dalam bentuk laba ditahan untuk menambah modal atau membiayai kebutuhan perusahaan.

Ruthiana dan Ramadhania (2010: 30-31) menyatakan bahwa bila perusahaan menambah lab dengan jumlah besar maka nilai deviden yang akan diterima oleh pemegang saham akan berkurang.

Apabila hal ini terjadi secara terus menerus maka para pemegang saham yang membutuhkan dana jangka pendek akan merasa kecewa.

Begitupun sebaliknya, apabila deviden yang dibagikan ditingkatkan maka laba yang ditahan akan berkurang.

Bila nilai laba yang ditahan kecil maka dapat membuat perusahaan akan memiliki ketergantungan pada permodalan asing.

Ketika hal ini terjadi maka akan berdampak negatif bagi perusahaan karena perusahaan akan memiliki banyak utang terutama bila keadaan perekonomian sedang menurun sehingga perusahaan tidak berjalan dengan efisien.

Oleh sebab itu bila nilai laba ditahan dapat ditingkatkan maka modal yang dimiliki perusahaan akan meningkat sehingga perusahaan dapat membiayai kegiatannya dalam jangka pendek atau jangka panjang dan membuat tingkat solvabilitas perusahaan meningkat.

Dengan meningkat solvabilitas perusahaan dapat meningkatkan kepercayaan investor atau calon investor terhadap perusahaan.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Laba ditahan, Rumus dan Manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *