pengertian laporan laba rugi

Pengertian Laporan Laba Rugi, Fungsi, Penguna dan Bentuk

Posted on

Pengertian Laporan Laba Rugi

Pengertian Laporan laba rugi secara umum adalah laporan keuaangan yang memberikan informasi tentang hasi kegiatan operasioanl perusahaan dalam satu periode tertentu.

Tujuan utama dari laporan rugi adalah untuk melaporkan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan.

Menurut PSAK (2012:1), menyatakan laba rugi adalah total pendapatan dikurangi dengan beban belum termasuk komponen pendapatan komprehensif lainnya.

Pengertian Laporan Laba Rugi Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian Laporan Laba Rugi Menurut Para Ahli :

Najmudin (2011: 71)

Menurut Najmudin, arti laporan laba rugi adalah membandingkan pendapatan terhadap beban pengeluarannya untuk menentukan laba atau rugi bersih.

Laporan laba rugi ini dapat memberikan informasi tentang akhir perusahaan dalam periode tertentu.

Kasmir (2010: 67)

Menurut Kasmir, laporan laba rugi dapat memberikan informasi situasi usaha dalam perusahaan dalam perusahaan dalam satu periode tertentu.

Laporan laba rugi harus di buat dalam siklus operasi atau periode tertentu untuk mengetahui jumlah pendapatan (penjualan) dan biaya yang dikeluarkan sehingga dapat di ketahui perusahaan mengalami keuntungan atau kerugian.

Suad Husnan (2006: 60)

Menurut Suad Husnan, laporan laba rugi dapat menunjukkan laba bersih yag di dapat oleh perusahaan di dalam periode tertentu.

Bearley Myers Marcus (2008: 72)

Menurut Brealey Myers Marcus, pengertian laporan laba rugi adalah laporan keuangan yang dapat menunjukkan pendapatan, beban, dan laba bersih perusahaan dalam satu periode waktu.

Warsono (2001: 26)

Menurut Warsono, definisi laporan laba rugi adalah laporan keuangan yang mengambarkan hasil usaha yang dicapai perusahaan selama periode tertentu.

Wild, Subramanyam dan Hasley (2007: 19)

Pengertian laporan laba rugi menurut Wild, Subramanyam dan Hasley adalah suatu laporan yang mengukur kinerja keuangan perusahaan antara tanggal neraca.

Laporan laba rugi ini dapat menunjukkan kegiatan operasional perusahaan dan menyediakan informasi informasi secara mengenai pendapatan, biaya, laba dan rugi perusahaan dalam satu periode tertentu.

Short, Libby dan Libby (2007: 10)

Pengertian laporan laba rugi adalah laporan utama akuntan untuk menghitung kinerja ekonomi perusahaan yaitu pendapatan di kurangi dengan biaya selama periode tertentu.

Brigham dan Houston (2010)

Menurut Brigham dan Houston, Pengertian laporan laba rugi adalah laporan yang merangkum pendapatan dan beban perusahaan dalam satu periode akuntansi.

Baca juga | Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Fungsi Laporan laba rugi

Berikut beberapa fungsi laporan laba rugi, yaitu :

  • Memberikan informasi untuk pengguna keuangan perusahaan tentang keuntungan atau kerugian yang di peroleh perusahaa dalam satu periode tertentu.
  • Menunjukkan tren perusahaan selama periode tertentu dengan membandingkan laba dan rugi perusahaan dari tahun ke tahun.
  • Menganalisa sumber keuntungan paling besar yang di hasilkan dan juga menunjukkan sumber pengeluaran terbesar dalam memakan biaya.
  • Sebagai alat bantu untuk menghitung serta menganalisis pertumbuhan perusahaan.
  • Menjadi pedoman perusahaan untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan keuntungan.
  • Sebagai gambaran perusahaan secara keseluruha di hadapan calon investor dan kreditur yagn akan melakukan kerjasama dengan perusahaan.
  • Sebagai media bagi perusahaan untuk melakukan evaluasi.

Baca juga | Pengertian Laporan Keuangan, Tujuan, Pengguna dan Karakteristik

Pengguna Laporan Laba Rugi

Secara umum terdapat 2 (dua) kelompok pengguna laporan laba rugi, yaitu :

a. Pengguna Internal

Laporan laba rugi dapat digunakan oleh manajemen perusahaan untuk menganalisa usaha mereka secara keseluruhan dan sebagai pedoman untuk mengambil keputusan penting.

b. Pengguna Eksternal

Laporan laba rugi juga dapat digunakan oleh pengguna eksternal seperti investor danv kreditur serta pihak-pihak di luar perusahaan yang tidak memiliki sumber informasi perusahaan.

Bagi investor, laporan laba rugi ini sangatlah penting karena sangat terkait dengan keputusan mereka untuk menginvestasikan modal mereka pada perusahaan.

Bentuk Laporan laba rugi

Bentuk laporan laba rugi menurut Baridwan (2000: 39-40) dalam penyajiannya dapat terbagi menjadi 2 (dua), yaitu :

a. Single Step Model

Single Step Model adalah bentuk laporan laba rugi yang tidak terdapat pengelompokan atas pendapatan dan biaya dalam kelompok-kelompok usaha dan diluar usaha namun hanya di pisahkan antara pendapatan dan laba dengan biaya kerugian.

b. Multi Step Model

Multi Step Model adalah bentuk laporan rugi yang dilakukan dengan pengelompokan pendapatan dan biaya yang di susun di dalam urutan tertentu.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Laporan Laba Rugi, Fungsi, Penguna dan Bentuk .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *