pengertian manajemen bisnis

Pengertian Manajemen Bisnis dan Fungsinya Dalam Perusahaan

Posted on

Pengertian manajemen bisnis – Dalam menjalankan bisnis diperlukan semangat yang kuat untuk mencapai kesuksesan.

Namun ternyata semangat saja tidak cukup karena anda harus memiliki keahlian dalam bisnis untuk mengelola usaha anda sehingga dapat bertahan dalam waktu yang lama.

Beberapa keterampilan yang harus difahami pebisnis diantaranya adalah perencanaan bisnis, strategi keuangan dan pemasaran.

Apabila dalam bisnis anda mempekerjakan karyawan maka anda harus memahami keterampilan tentang komunikasi, kepemimpinan serta cara memotivasi dan menghargai.

Selain itu anda juga harus memiliki visi strategis yang jelas dalam bisnis anda dan juga kemampuan membuat keputusan bisnis yang tepat.

Singkatnya untuk memulai dan menjalankan bisnis dibutuhkan banyak pengetahuan serta keterampilan bisnis (manajemen bisnis).

Pengertian manajemen bisnis

materi manajemen bisnis

Kata manajemen bisnis berasal dari dua kata yaitu manajemen dan bisnis.

Arti manajemen dan bisnis menurut wikipedia

  • Manajemen : seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain
  • Bisnis : organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya.

Pengertian manajemen bisnis dapat didefinisikan sebagai cara mengelola, mengarahkan, merencanakan serta mengendalikan jalannya bisnis yang bertujuan untuk mencari keuntungan secara terus menerus.

Baca juga | Fungsi Manajemen Pemasaran Paling Penting Di Dalam bisnis

Fungsi manajemen bisnis

manajemen bisnis

Tujuan utama dari manajemen bisnis adalah pemanfaatan berbagai sumber daya yang ada didalam perusahaan secara efektif sehingga dapat mencapai tujuan bisnis.

Sebagai sarana untuk mencapai tujuan bisnis tersebut maka manajemen bisnis memiliki 5 (lima) fungsi yaitu :

1. Perencanaan

Fungsi perencanaan merupakan titik awal untuk anda memnbuat rencana bisnis dan juga bagaimana anda mencapainya.

Namun tahap perencanaan ini tidaklah semudah yang dibanyangkan karena anda harus membuat rencana yang realistis mengenai tujuan bisnis.

Serta anda juga harus memetakan strategi bisnis secara detail dan juga membuat alternatif rencana B jika rencana A gagal.

Dengan demikian anda dapat menjalankan usaha dengan efektif untuk mencapai tujuan atau sasaran.

2. Pengorganisasian

Fungsi manajemen bisnis selanjutnya adalah pengorganisasian yang mengikuti perencanaan yang telah dibuat.

Didalam pengorganisasian, andaharus mengatur segala sumber daya yang dimiliki dalam bisnis lalu mengkombinasikan dan menyinkronisasikan dengan benar.

Dengan fungsi pengorganisasian maka anda dapat menetapkan bidang pekerjaan, hirarki perusahaan dan koordinasi diantara sumber daya yang ada.

3. Staffing

Fungsi staffing atau penetapan staf berhubungan dengan mendapatkan, memaksimalkan dan mempertahankan tenaga kerja yang trampil untuk mencapai tujuan bisnis.

Tujuan dari staffing ini adalah membuat dampat positif terhadap efektifikas bisnis serta dengan staffing maka anda akan memperoleh seseorang yang tepat pada posisi yang tepat untuk melakukan pekerjaan dengan tepat.

Istilah paling populer untuk staffing atau penentapan staf ini adalah delegasi tugas.

4. Leading

Fungsi paling penting dalam proses manajemen bisnis adalah leading atau kepemimpinan.

Memimpin merupakan cara anda menyelaraskan tugas karyawan dengan tujuan perusahaan secara menyeluruh.

Seorang pemimpin harus pandari untuk memotivasi, mempengaruhi serta meninspirasi karyawan serta membuat kinerja mereka menjadi baik ditempat kerja.

Dengan tenaga kerja yang termotivasi akan mempermudah anda dalam mencapai tujuan usaha atau bisnis.

Karyawan yang termotivasi juga akan memberikan kinerja terbaik mereka serta berpartisipasi secara sukarela untuk mencapai pertumbuhan atau perkembangan perusahaan.

5. Pengendalian

Pengendalian dalam manajemen bisnis adalah proses pemantauan yang dilakukan secara aktif dan konstan terhadap karyawan, proses dan sumber daya lainnya didalam perusahaan.

Hal ini dilakukan untuk melacak seluruh kinerja sumber daya yang ada dan memastikan semuanya telah berjalan pada jalur yang tepat.

Dengan pengendalian sumber daya yang ada dengan akurat maka anda dapat melakukan evaluasi apakah sumber daya tersebut telah optimal digunakan untuk perkembangan usaha.

Selain itu anda dapat melakukan koreksi kapanpun apabila terjadi kesalahan ataupun terjadi penyimpangan.

Jenis manajemen yang dibutuhkan dalam bisnis

materi kuliah manajemen bisnis

Untuk mencapai tujuan atau sasaran bisnis maka dibutuhkan 4 (empat) jenis manajemen yaitu :

1. Manajemen keuangan

Fungsi manajemen keuangan adalah mengatus seluruh keuangan perusahaan agar cash flow dapat berjalan dengan optimal sehingga keuangan perusahaan dalam kondisi yang baik.

Pengelolaan keuangan ini akan membuat seluruh komponen keuangan perusahaan akan terdata rapi serta mempermudah anda dalam melakukan analisa dalam pengambilan keputusan.

Baca juga | Cara Mengelola Keuangan Usaha Kecil yang Efektif

2. Manajemen SDM

Salah satu hal terpenting dalam menjalankan usaha adalah sumber daya manusia yang berkualitas.

Hal ini dikarenakan manusia adalah pelaku utama untuk menjalankan usaha dan segala strategi perusahaan yang telah direncanakan.

Karena fungsi SDM sangatlah vital maka diperlukan pengaturan dan pengelolaan khusus dengan sistem yang sering disebut dengan manajemen SDM.

Dengan adanya manajemen SDM maka seluruh SDM akan dapat bekerja sama dengan efektif dan efisien untuk mencapai tujuan atau sasaran perusahaan.

Baca juga | Definisi Manajemen SDM Dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

3. Manajemen Operasional

Manajemen operasional adalah proses pengelolaan sumber daya yang ada secara maksimal seperti tenaga kerja, peralatan usaha, mesin, bahan baku, dll.

Fungsi dari manajemen operasional adalah menjalankan dan melaksanakan selurh fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, staffing, kepemimpinan serta pengendalian.

Manajemen operasional sangat penting bagi bisnis karena jenis manajemen ini akanmemastikan seluruh output bisnis anda memiliki kualitas yang baik.

4. Manajemen pemasaran

Tujuan manajemen pemasaran dalam bisnis adalah memastikan bahwa produk yang ditawarkan di minati oleh konsumen.

Oleh sebab itu perusahaan harus mampu untuk melakukan promosi agar target market anda mengetahui tentang produk anda.

Disinilah pentingnya manajemen pemasaran untuk menetapkan tujuan pemasaran bagi perusahaan dengan mempertimbangkan sumber daya yang ada dan peluang pasar.

Baca juga | Pengertian Manajemen Pemasaran, Tujuan Dan Fungsinya

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Manajemen Bisnis dan Fungsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *