pengertian manajemen keperawatan

Pengertian Manajemen Keperawatan, Tujuan, Fungsi dan Prinsip

Posted on

Pengertian Manajemen Keperawatan – Tuntutan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan di era saat ini terus berubah dimana masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat juga berubah.

Masalah keperawatan ini telah menjadi bagian permasalahan kesehatan yang dihadapi masyarakat terus menerus berubah dikarenakan oleh berbagai faktor yang mendasarinya.

Keperawatan telah menjadi bagian profesi penting didalam masyarakat yang terus berubah sejalan dengan masyarakat yang terus berkembang dan berubah.

Dilihat dari berbagai aspek, keperawatan mereupakan bentuk asuhan profesional kepada masyarakat dimana keperawatan sebagai ilmu pengetahuan dan teknologi serta keperawatan sebai kelompok masyarakat ilmuwan dan kelompok masyarakat profesinal.

Baca juga | Pengertian Manajemen Stress dan Cara Mengelola Stres yang Efektif

Pengertian Manajemen Keperawatan Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian manajemen keperawatan menurut para ahli :

Gillies (2000)

Menurut Gillies, pengertian manajemen keperawatan adalah proses bekerja dengan melibatkan anggota staff keperawatan untuk memberikan perawatan, pengobatan dan bantuan kepada pasien.

Kemenkes (2001)

Menurut Kemenkes, definisi manajemen pelayanan keperawatan adalah sebuah proses perubahan atau juga transformasi dari pemanfaatan sumber daya yang tersedia dalam mencapai tujuan pelayanan keperawatan dengan cara pelaksanaan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengaturan ketenagaan, pengarahan, evaluasi dan pengendalian mutu keperawatan.

Huber (2000)

Arti manajemen keperawatan menurut Huber adalah sebuah bentuk pengordinasian dan pengintegrasian sumber keperawatan dengan penerapan proses manajemen untuk mencapai tujuan dan obyektivitas asuhan keperawatan dan pelayanan keperawatan.

Kelly dan Heidental (2004)

Menurut Kelly dan Heidental, pengertian dari manajemen keperawatan adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan serta pengawasan dengan maksud untuk mencapai tujuan.

Swanburg (2000)

Arti dari Manajemen keperawatan adalah sekelompok perawat manajer yang mengelola organisasi serta upaya keperawatan yang akhirnya manajemen keperawatan tersebut menjadi proses untuk menjalankan profesi mereka.

Baca juga | Manajemen Personalia Adalah, Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Manfaat

Tujuan Manajemen Keperawatan

Berikut adalah beberapa tujuan manajemen keperawatan yaitu :

  • Mengarahkan seluruh kegiatan yang direncanakan
  • Mencegah atau mengatasi permasalahan manajerial
  • Pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan efisien dengan melibatkan seluruh komponen yang ada
  • Meningkatkan metode kerja keperawatan agar staf perawat dapat bekerja dengan efektif dan efisien, mengurangi waktu kerja yang sia-sia, mengurangi terjadinya duplikasi tenaga dan upaya

Pada akhirnya manajemen keperawatan ini diharapkan :

  • Terselenggaranya pelayanan
  • Asuhan keperawatan yang berkualitas.
  • Pengembangan staf
  • Budaya riset bidang keperawatan

Fungsi Manajemen Keperawatan

Pada dasarnya manajemen membutuhkan peranan orang-orang yang terlibat di dalamnya untuk menyikapi masing-masing posisi sehingga membutuhkan fungsi yang jelas terkait dengan manajemen.

Fungsi manajemen pertaman kali diidentifikasi oleh Fayol (1937) yaitu perencanaan, organisasi, perintah, koordinasi dan pengendalian.

Sedangkan menurut Gulick (1937) memperluas fungsi manajemen menjadi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), personalia (staffing), pengarahan (directing), pengkoordinasian (coordinating), pelaporan (reporting) dan pembiayaan (budgeting).

Fungsi manajemen keperawatan menurut Terry (2000) terdiri dari :

Perencanaan

Perencanaan merupakan bentuk pembuatan keputusan manajemen yang dapat terdiri dari penelitian lingkungan, penggambaran sistem organisasi, mempelajari visi, dll.

Pengertian perencanaan itu dapat dirumuskan pengertian terkait dengan perencanandalam ruang lingkup manajemen keperawatan adalah proses pengambilan keputusan manajer terkait upaya pencapaian tujuan keperawatan melalui analisa, perkiraan sumber daya alternatif, tindakan dan pelaksanaan tindakan mencapai tujuan.

Manajemen keperawatan harus mempersiapkan ruang keperawatan dan perawat untuk menghadapi tantangan yang akan datang baik yang dapat diramalkan atau tidak terduga.

Pengorganisasian

Dalam menjalankan fungsi manajemen pengorganisasian, kepala ruangan bertanggung jawab untuk mengorganisasi kegiatan keperawatan diunit kerjanya.

Fungsi dari manajemen keperawatan didalam sebuah organisasi adalah mengembangkan seseorang dan merancang organisasi yang paling sederhana dalam menyelesaikan pekerjaan.

Pengorganisasian dapat meliputi proses memutuskan tingkat organisasi yang dibutuhkan untuk mencapai objektif divisi keperawatan, pelayanan dan unit (Swanburg, 2000).

Definisi organizing (Pengorganisasian) merupakan cara menetapkan, mengklasifikasikan serta mengatur kegiatan, menetapkan tugas pokok dan wewenang serta pedelegasian wewenang dari pemimpin kepada staf untuk mencapai tujuan.

Pengarahan

Pengertian pengarahan ini adalah elemen tindakan dari manajemen keperawatan.

Pengarahan ini sering disebut dengan fungsi memimpin dari manajemen keperawatan yang dapat meliputi pendelegasian, pengawasan, koordinasi dan pengendalian implemetasi rencana organisasi.

Iklim kerja yang kondusif diciptakan dengan kemampuan interpersonal manajer pelayanan keperawatan dalam memotivasi dan membimbing staf sehingga meningkatkan kinerja staf.

Pengawasan atau Pengendalian

Menurut Mockler pengawasan (controlling) adalah upaya yang sistematis dalam menentukan standar pelaksanaan sesuai dengan perencanaan, membuat informasi umpan balik, membandingkan aktivitas sebenarnya dengan standar yang di tentukan sebelumnya, mengukur penyimpangan serta melakukan koreksi.

Baca juga | Pengertian Interaksi Sosial Adalah, Tujuan, Ciri-Ciri, Syarat dan Jenis

Prinsip Manajemen Keperawatan

Menurut Swanburg (2000), terdapat beberapa prinsip manajemen keperawatan yaitu :

  • Perencanaan,
  • Penggunaan waktu yang efektif
  • Pembuatan keputusan
  • Memenuhi segala kebutuhan asuhan keperawatan pasien merupakan urusan manajer perawat
  • Suatu perumusan dan pencapaian tujuan sosial
  • Pengorganisasian
  • Suatu fungsi, posisi atau tingkat sosial, disiplin, dan bidang studi
  • Menjadi bagian yang aktif dari divisi keperawatan dan lembaga dimana organisasi itu berfungsi
  • Budaya organisasi mencerminkan nilai-nilai kepercayaan
  • Mengarahkan dan pemimpin,
  • Manajemen keperawatan memotivasi
  • Manajemen keperawatan merupakan komunikasi efektif,dan
  • Pengendalian atau pengevaluasian

Elemen Manajemen Keperawatan

Didalam sistem terbuka, elemen manajemen keperawatan dapat terbagi menjadi :

1. Input

Input didalam proses manajemen keperawatan diantaranya adalah informasi, personil, peralatan dan fasilitas.

2. Proses

Merupakan sekelompok manajer atau pengelola keperawatan sampai pelaksana yang berwenang dalam menjalankan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan untuk pelayanan keperawatan.

3. Output

Proses manajemen keperawatan merupakan asuhan keperawatan, pengembangan staf dan riset.

4. Kontrol

Didalam manajemen keperawatan dapat meliputi budget keperawatan, evaluasi penampilan kerja perawat, SOP dan akreditasi.

5. Umpan Balik

Proses manajemen keperawatan dapat berbentuk laporan keuangan dan hasil audit keperawatan.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Manajemen Keperawatan, Tujuan, Fungsi dan Prinsip.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *