pengertian manajemen kinerja

Pengertian Manajemen Kinerja Adalah, Tujuan dan Tahapan

Posted on

Pengertian Manajemen Kinerja – Istilah manajemen kinerja terdiri dari dua kata yaitu “manajemen” dan “kinerja”.

Menurut Stooner, definisi manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan serta pengawasan usaha anggota organisasi dan penguna sumber daya organisasi lainnya agar bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Menurut Melayu, S.P. Hasibuan, manajemen adalah seni yang mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dengan efektif yang didukung dengan sumber lainnya didalam organisasi untuk mencapai tujuan tertentu.

Sedangkan istilah kinerja merupakan kata yang berasal dari kata “Performance” yang dapat diartikan sebagai hasil kerja atau prestasi kinerja.

Tapi kinerja juga dapat didefinisikan secara luas, bukan hanya sebagai hasil kerja tapi juga termasuk proses pekerjaan berlangsung untuk mencapai tujuan.

Menurut Armstrong dan Baron menyatakan bahwa pengertian kinerja adalah sebuah hasil kerja yang terkait dengan tujuan strategis sebuah perusahaan, kepuasan konsumen dan juga hasil kontribusi pada ekonomi.

Berdasarkan dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa pengertian manajemen kinerja adalah segala hal yang terkait dengan bagaimana kinerja itu dikelola.

Pondasi utama dalam menjalankan manajemen kinerja adalah perumusan tujuan dimana didalamnya terdapat kesepakatan dan kerjasama yang bersifat berkelanjutan, terdapat komunikasi dua arah dan memiliki umpan balik.

Pengertian Manajemen Kinerja Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian manajemen menurut para ahli, diantaranya adalah :

Bacal

Menurut Bacal, pengertian manajemen kinerja adalah komunikasi yang berlangsung secara terus menerus, di jalankan berdasarkan atas kemitraan antara karyawan dengan penyelia langsung.

Wibowo

Sedangkan menurut Wibowo, pengertian manajemen kinerja adalah gaya manajemen untuk mengelola sumber daya yang berorientasi pada kinerja yang melakukan proses komunikasi secara terbuka dan berkelanjutan dengan menciptakan visi bersama dan pendekatan strategis terpadu sebagai kekuatan pendorong untuk mencapai tujuan.

Irham Fahmi (2014:128)

Pengertian manajemen kinerja menurut Irham Fahmi adalah ilmu yang mengkombinasikan seni untuk menjalankan konsep manajemen yang memiliki fleksibilitas yang representif dan juga aspiratif untuk merealisasikan visi serta misi perusahaan dengan cara menggunakan orang yang ada didalam organisasi secara maksimal.

Dessler

Definisi manajemen kinerja menurut Dessler adalah suatu proses konsolidasi untuk menentukan tujuan, penilaian serta proses pengembangan kinerja menjadi satu sistem tunggal bersama yang bertujuan untuk memastikan seluruh kinerja karyawan mendukung tujuan strategis perusahaan.

Kreitner dan Angelo Kinicki (2014:246)

Menurut Kreitner dan Angelo Kinicki, pengertian manajemen kinerja adalah sebuah sistem perusahaan dimana manajer mengintegrasikan kegiatan penentuan tujuan, pengawasan dan evaluasi, penyediaan umpan balik dan pelatihan serta penghargaan kepada karyawan secara berkelanjutan.

Baca juga | Pengertian Manajemen, Fungsi Manajeman Serta Unsur Manajemen

Tujuan Manajemen Kinerja

Tujuan Pelaksanaan Manajemen Kinerja bagi Pimpinan dan Manajer menurut Moeheriono (2009: 76) adalah :

  • Mengurangi keterlibatan dalam semua hal
  • Menghemat waktu opersional sehingga karyawan bisa mengambil keputusan sendiri dan memastikan karyawan memiliki pengetahuan serta pemahaman yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan yang tepat.
  • Adanya kesatuan pendapat dan mengurangi kesalahpahaman di antara karyawan tentang siapa yang harus mengerjakan dan siapa saja yang harus bertanggung jawab.

Adapun bagi karyawan, tujuan dari pelaksanaan manajemen kinerja adalah:

  • Membantu karyawan memahami apa yang seharusnya mereka kerjakan dan mengapa hal tersebut harus dikerjakan serta memberikan kewenangan untuk mengambil keputusan.
  • Memberikan kesempatan bagi karyawan untuk mengembangkan keahlian dan kemampuan yang baru
  • Para karyawan bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik terkait dengan pekerjaan dan tanggung jawab kerja mereka.

Baca juga | Pengertian Kinerja dan Faktor yang Mempengaruhi Kinerja

Tahapan Manajemen Kinerja

Manajemen kinerja merupakan kegiatan untuk memastikan bahwa tujuan organisasi dapat tercapai secara konsisten dengan cara yang efektif dan efisien.

Fokus dari manajemen kinerja adalah pada organisasi, karyawan serta proses untuk menghasilkan produk atau layanan.

Menurut Williams, tahapan manajemen kinerja terdapat 4 (empat) tahapan yang saling terkait satu dengan lainnya.

1. Directing atau Planning

Tahapan manajemen kinerja yang pertama adalah tahap indentifikasi perilaku kerja dan dasar pengukuran kinerja.

Setelah itu dilakukan pengarahan terhadap perilaku kinerja dan perencanaan sasaran yang akan dicapai, kapan akan dicapai dan bantuan yang dibutuhkan.

Menurut Khera, Penentuan target efektif ini bisa mendapatkan mengadopsi SMART (Spesific, Measureable, Achievable, Realistic dan Timebound).

2. Managing atau Supporting

Pada tahapan kedua, didalam manajemen kinerja dilakukan penerapan monitoring pada proses organisasi.

Tahapan ini memiliki fokus pada manage, dukungan serta pengendalian pada jalan proses agar tetap berada pada jalurnya.

Yang dimaksud jalur pada tahapan ini adalah kriteria dan proses kerja yang sesuai dengan prosedur yang berlaku di dalam perusahaan.

3. Review / Appraising

Pada tahapan ketiga ini mencakup langkah evaluasi yang dilakukan dengan cara dengan flashback atau review kinerja.

Setelah itu, kinerja yang dilakukan dapat dinilai atau diukur (appraising).

Di tahapan ini membutuhkan dokumentasi atau record data yang berhubungan dengan objek yang dievaluasi.

Evaluator memiliki sifat objektif dan netral sehingga mendapatkan hasil evaluasi yang valid.

4. Developing atau Rewarding

Pada tahapan manajemen kinerja ini berfokus pada pengembangan dan penghargaan.

Hasil evaluasi ini dapat menjadi pedoman penentu keputusan terhadap kegiatan yang dilakukan selanjutnya.

Keputusan-keputusan ini bisa berwujud langkah perbaikan, pemberian reward, melanjutkan kegiatan atau prosedur yang telah ada serta penetapan harga.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Manajemen Kinerja Adalah, Tujuan dan Tahapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *