pengertian manajemen operasi

Pengertian Manajemen Operasi, Fungsi dan Ruang Lingkupnya

Posted on

Pengertian manajemen operasi – Pada saat ini, seluruh perusahaan yang ada pasti memiliki operasi atau dasar-dasar tertentu untuk menciptakan output yang optimal yang berasal dari berbagai sumber daya yang dimiliki.

Dengan memiliki dasar-dasar mengelola operasi perusahaan ini tentunya secara langsung dapat membantu untuk mencapai dari tujuan bisnis anda.

Pada artikel ini, saya akan mencoba sedikit menjelaskan tentang pengertian manajemen operasi, latar belakang, konsep manajemen operasi, dll.

Dengan pembahasan ini maka diharapkan dapat membantu anda untuk memahami tentang manajemen operasi.

Pengertian manajemen operasi

definisi manajemen operasi

Berdasarkan Wikipedia, definisi manajemen operasi adalah wilayah bisnis yang memiliki fokus kepada proses produksi dan memastikan pemeliharaan serta perkembangan usaha berjalan dengan efektif dan efisien.

Manajemen operasi dapat di katakan sebagai fungsi bisnis yang bertanggung jawab untuk mengelola proses pembuatan barang dan jasa.

Fungsi bisnis ini dapat melibatkan berbagai fungsi manajemen yaitu perencanaan, organisasi, koordinasi dan pengendalian sumber daya yang diperlukan untuk menghasilkan barang atau jasa.

Dengan demikian manajemen operasi merupakan bagian dari fungsi manajemen yang memerlukan pengelolaan orang, peralatan, teknologi, informasi serta sumber daya lain yang dibutuhkan dalam proses produksi.

Apapun jenis bisnis yang dijalankan, manajemen operasi merupakan fungsi utama dari setiap perusahaan baik itu manufaktur atau untuk mencari keuntungan ataupun tidak.

Baca juga |  Pengertian Segmentasi Pasar, Manfaat dan Syarat-Syaratnya

Fungsi manajemen operasi bagi bisnis

fungsi manajemen operasi

Bagi sebuah bisnis kecil, operasi sangatlah sederhana karena setiap orang dapat mengambil bagian untuk mengelola usaha untuk mencapai tujuan.

Namun hal ini berbeda dengan bisnis yang memiliki karyawan yang banyak sehingga membuat operasi perusahaan itu menjadi rumit.

Tentunya anda tidak akan mungkin mengandalkan karyawan untuk melakukan pekerjaan dengan benar.

Oleh sebab itu anda memerlukan prosedur standar agar seluruh karyawan dapat bekerja dengan efisien dan efektif.

Berikut beberapa manfaat dari manajemen operasi :

Output yang lebih baik

Dengan manajemen operasi maka dapat meningkatkan dan mengoptimalkan proses usaha sehingga dapat berdampat terhadap produk atau layanan.

Dengan hal ini tentunya dapat menghasilkan output yang lebih baik dengan biaya yang kecil dan tingkat risiko yang rendah.

Keunggulan kompetitif

Dengan output yang lebih baik tentunya akan meningkatkan kemungkinan produk atau layanan anda memiliki keunggulan kompetitif.

Tentunya ini kana membuat bisnis anda menjadi lebih menonjol dari pesaing sehingga meningkatkan peluang untuk mendapatkan pelanggan baru.

Keuntungan yang lebih tinggi

Dengan memiliki output yang lebih baik dan keunggulan komptetitif maka pada akhirnya dapat meningkatkan keuntungan dan laba perusahaan.

Baca juga | Pengertian Manajemen Bisnis dan Fungsinya Dalam Perusahaan

Keahlian yang di butuhkan dalam manajemen operasi

manajemen operasi

Untuk menjalankan manajemen operasi maka dibutuhkan beberapa keahlian atau keterampilan diantaranya :

1. Kemampuan organisasi.

Pengorganisasian proses dalam organisasi membutuhkan seperangkat keterampilan dari perencanaan dan memprioritaskan melalui eksekusi untuk pemantauan.

Kemampuan ini bersama-sama membantu manajer mencapai produktivitas dan efisiensi.

2. Kemampuan analitik / pemahaman proses

Kemampuan untuk memahami proses di area Anda sering kali mencakup pemahaman yang luas tentang fungsi lain juga.

Perhatian terhadap detail sering membantu untuk lebih mendalam dalam analisis.

3. Koordinasi proses

Setelah proses dianalisis dan dipahami, mereka dapat dioptimalkan untuk efisiensi maksimum.

Pengambilan keputusan yang cepat adalah keuntungan nyata di sini, serta pemecahan masalah fokus yang jelas.

4. Keterampilan orang

Kekurangan dalam interaksi dengan karyawan atau anggota manajemen senior dapat secara serius merusak produktivitas.

Jadi seorang manajer operasi harus memiliki keterampilan orang untuk menavigasi dengan baik garis-garis halus dengan rekan-rekan mereka.

Lebih jauh lagi, komunikasi yang jelas tentang tugas dan sasaran berfungsi sebagai motivasi besar dan memberi tujuan bagi semua orang.

5. Kreativitas

Sekali lagi, keterampilan memecahkan masalah sangat penting untuk pendekatan kreatif jika hal-hal tidak berjalan ke arah yang benar.

Ketika mereka melakukannya, kreativitas membantu menemukan cara-cara baru untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

6. Ketertarikan terhadap teknologi

Untuk memahami dan merancang proses dalam waktu ketika operasi semakin bergantung pada teknologi, ketertarikan terhadap teknologi adalah keterampilan yang tidak dapat diremehkan.

Manajer operasi harus terbiasa dengan teknologi yang paling umum digunakan dalam industri mereka, dan memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang teknologi operasi spesifik di organisasi mereka.

Baca juga | Cara Mengelola Keuangan Usaha Kecil yang Efektif

Ruang lingkup kegiatan manajemen operasi

ruang lingkup manajemen operasi

Ada tiga kelompok besar kegiatan yang dilakukan oleh manajemen operasi, yang berasal dari perencanaan atau perancangan, pengorganisasian, dan fungsi pengawasannya.

Semua kegiatan melibatkan mempertimbangkan aset, biaya, dan sumber daya manusia, dan didahului oleh analisis proses yang menyeluruh.

Desain

Sebelum merencanakan proses atau merancang produk, manajemen operasi harus sibuk menganalisis pasar untuk menguji tuntutan.

Jika memberikan hasil yang menjanjikan, misalnya niche untuk menargetkan atau produk atau layanan baru untuk dikembangkan, Anda dapat mulai merencanakan.

Dalam banyak kasus, perencanaan melibatkan perancangan produk baru, dari konsep awal hingga peluncuran yang sebenarnya , dengan beberapa fase pengujian yang terlibat.

Selama perencanaan, Anda harus mempertimbangkan persyaratan teknis dan bisnis. Terkadang proses perlu diperbarui: merancang rantai pasokan baru atau proses logistik lainnya.

Jika produk Anda adalah layanan, desain proses bertujuan untuk berbagai persyaratan dan tingkat kontak pelanggan.

Sekali lagi dalam kasus lain, ini tentang fasilitas baru: perusahaan Anda memutuskan untuk memperluas operasinya, dan Anda harus memutuskan lokasi fasilitas, kapasitasnya, dan tata letaknya.

Rencana harus selalu mendukung tujuan bisnis: mereka fokus ketika mempertimbangkan biaya dan menemukan kualitas dan kapasitas yang cocok terbaik, atau menghitung persediaan dan kebutuhan tenaga kerja manusia.

Oleh karena itu, penting untuk menetapkan langkah-langkah yang tepat dalam tahap perencanaan, untuk mengetahui apakah kinerja aktual memenuhi mereka, atau ada kebutuhan untuk penyesuaian.

Kapasitas adalah salah satu dari ukuran ini, seperti kualitas produk, atau waktu pengiriman. Angka awal biasanya perkiraan berdasarkan analisis pasar yang dilakukan sebelumnya.

Manajemen / Organisasi

Jadi, Anda memiliki fasilitas untuk produksi, desain produk Anda sudah siap, dan begitu juga cara itu akan diproduksi: dengan bahan dan sumber daya manusia apa, berapa biayanya, dengan alur kerja apa.

Ini adalah basis awal yang solid untuk memaksimalkan efisiensi operasi Anda.

Namun, Anda akan memerlukan manajemen yang konstan dan kompeten untuk memperbaiki kesalahan yang tidak disengaja dalam perencanaan, untuk menyesuaikan produksi dengan mengubah biaya atau peraturan, dan menjaga mereka tetap efisien pada berbagai tingkatan.

Manajer operasi memilih dan menjadwalkan proses untuk hasil yang optimal dan melakukan hal yang sama dengan bahan untuk kualitas dan kapasitas yang ideal.

Pengorganisasian pemeliharaan peralatan juga merupakan bagian dari kegiatan manajemen mutu. Selanjutnya, persediaan dan seluruh rantai pasokan harus dikelola agar dapat menghasilkan lebih efisien.

Seperti dalam semua fungsi manajemen, manajemen sumber daya manusia adalah kegiatan yang penting.

Dalam manajemen operasi, perencanaan tingkat pekerjaan yang sebenarnya dapat memiliki dampak besar pada apakah suatu organisasi dapat beroperasi secara efektif.

Memperbaiki

Selalu ada ruang untuk memperbaiki ketika datang ke proses yang digunakan, kualitas dan kapasitas yang dicapai, atau sejauh tingkat persediaan dan sumber daya manusia yang bersangkutan.

Banyak tugas manajemen operasi, oleh karena itu, berasal dari kebutuhan ini, dan ini adalah di mana langkah-langkah perencanaan jangka panjang.

Tapi ingat, perubahan yang dibuat menurut rencana ini hanya sebagus perbaikan yang mereka bawa dalam hal bisnis.

Cara yang lebih baik untuk meramalkan permintaan membuat Anda lebih dekat dengan peningkatan proses, karena penghematan biaya dan waktu pengiriman terjadi.

Kualitas suatu produk akan lebih tinggi jika Anda telah menetapkan Total Quality Control dan menilai risiko operasional dengan benar.

Akun kontrol inventaris untuk penggunaan persediaan yang lebih baik. Dengan manufaktur  maka  masalah kapasitas dapat dipecahkan.

Kolaborasi adalah strategi umum yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan efektivitas sumber daya manusia Anda.

Demikian pembahasan tentang Pengertian Manajemen Operasi, Fungsi dan Ruang Lingkupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *