pengertian manajemen pemasaran

Pengertian Manajemen Pemasaran, Tujuan Dan Fungsinya

Posted on

Pengertian manajemen pemasaran – Manajemen pemasaran merupakan istilah yang sedang populer saat ini terutama dikalangan pelaku bisnis walaupun istilah ini sudah dikenal sejak lama.

Hal ini bermula dengan munculnya sistem perdagangan pertama yang diadobsi dari sistem barter kemudian uang menjadi dasar dari semua trasaksi yang ada.

Kemudian pertambahan populasi manusia dan kebutuhannya membuat sistem perdagangan memasuki fase industri.

Disinilah banyak pabrik didirikan untuk memproduksi barang dan di harapkan konsumenmau membeli barang yang dihasilkan.

Pada era tersebut tidak ada startegi seperti segmentasi, diferensiasi, dll karena ketika itu perdagangan dan industri hanya berdasarkan kebutuhan pasar.

Dengan banyaknya orang yang melihat bahwa menjadi seorang produsen dapat menghasilkan uang yang lebih maka banyak orang yang mulai menjadi produsen.

Hal inilah yang membuat terjadinya revolusi industri karena semakin ketatnya persaingan antar produsen untuk merebut pasar.

Berasal sinilah terlahir konsep manajemen pemasaran yang digunakan para produsen untuk menarik pelanggan produk mereka.

Pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli

pengertian manajemen keuangan menurut para ahli

Philip Kotler (2001: 14)

Pengertian manajemen pemasaran menurut Philip Kotler (2001: 14) adalah sebuah proses perencanaan dan pelaksanaan ide, penetapan harga, promosi, pendistribusian barang dan jasa untuk memperoleh pertukaran untu mencapai tujuan individu dan perusahaan.

Pertukaran adalah dasar dari prinsip pemasaran karena pemasaran sangat relevan dengan masalah dan tantangan individu atau perusahaan.

Berdasarkan hal ini maka dapat difahami bahwa manajemen pemasaran sangat penting bagi keberhasilan setiap bisnis atau organisasi.

Machfoedz (2005)

Pengertian manajemen menurut Machfoedz (2005) adalah analisis manajemen pemasaran, perencanaan, implementasi, dan program pengendalian yang terpola untuk membuat, membangun, dan memelihara manfaat pertukaran kepada pembeli dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.

Peter Drucker

Pemasaran tidak hanya lebih luas daripada penjualan atau juga bukan aktivitas khusus sama sekali. Ini mencakup seluruh bisnis dilihat dari sudut pandang hasil akhir, yaitu dari sudut pandang pelanggan.

Oleh karena itu, kepedulian dan tanggung jawab untuk pemasaran harus menembus semua bidang perusahaan.

Bartles

Pemasaran adalah proses di mana masyarakat, untuk memasok kebutuhan konsumsinya, mengembangkan sistem distributif yang terdiri dari peserta, yang, berinteraksi di bawah kendala teknis (ekonomi) dan etika (sosial), menciptakan transaksi atau aliran yang menyelesaikan pemisahan pasar dan menghasilkan pertukaran dan konsumsi.

Baca juga | Pengertian Manajemen, Fungsi Manajeman Serta Unsur Manajemen

Tujuan manajemen pemasaran

tujuan manajemen pemasaran

Manajemen pemasaran merupakan bagian dari sistem manajemen untuk menjalankan operasi pemasaran.

Hal ini dapat mencakup perencanaan serta segala bentuk penerapan pemasaran dengan menggunakan beberapa teknik pemasaran yang relevan dengan produk.

Beberapa tujuan manajemen pemasaran :

1. Menciptakan permintaan

Tujuan manajemen pemasaran yang pertama adalah menciptakan permintaan atas produk atau jasa layanan yang dimiliki perusahaan atau organisasi.

Apa jadinya jika anda menjual produk yang tidak memiliki jumlah permintaan sama sekali atau sedikit.

Tentunya produk atau layanan anda akan sulit terjadi pejualan dan menghasilkan keuntungan.

Oleh sebab itu diperlukan cara untuk membuat pasar menjadi tertarik dan membeli produk yang anda miliki.

Dengan adanya rasa tertarik dari masyarakat dapat memancing mereka untuk mencoba produk anda dan mengkoversinya menjadi penjualan.

2. Membangun kepuasan konsumen atau pelanggan

Setelah produk atau layanan anda dapat diterima oleh pasar maka manajemen pemasaran akan menganalisa bagaimana produk yang terjual dapat memuaskan konsumen.

Oleh sebab itu manajemen harus mampu untuk memahami kebutuhan dan keinginan dari konsumen.

3. Memperoleh market share

Hal yang tidak mungkin dihindari dalam dunia bisnis adalah persaingan antara pebisnis yang sejenis.

Oleh sebab itu setiap bisnis harus beradu strategi untuk memasarkan produk atau layanan yang mereka miliki.

Persaingan ini bisa berasal dari pemain lama atau pemain baru oleh sebab itu pebisnis harus mampu mendapatkan progres penjualan yang positif.

Hal inilah yang menjadi tujuan manajemen pemasaran untuk bersaing dengan kompetitor dan berbagi pasar (market share).

4. Mendapatkan keuntungan

Tidak dipungkiri lagi bahwa hampir semua perusahaan yang ada saat ini selalu bertujuan untuk mencari keuntungan.

Penghasilan atau keuntungan yang diperoleh sebuah usaha selalu dijadikan tolak ukur kesuksesan.

Hal ini merupakan salah satu tujuan dari manajemen pemasaran yaitu menjual produk dengan nilai margin yang besar dan memperoleh jumlah penjualan yang maksimal.

5. Membangun brand atau pencitraan

Salah satu tujuan dari pemasaran adalah membangun citra perusahaan atau produk yang baik di dalam pasar.

Dengan memiliki citra yang positif maka perusahaan atau produk anda dapat memperoleh perhatian pasar baik dari pandangan konsumen maupun pandangan pihak investor hingga tenagan kerja.

Hal yang sering dilupakan oleh pebisnis pemula adalah membangun usaha yang tidak hanya mencari keuntungan tapi juga menjaga citra produk atau brand mereka.

6. Menjaga kelangsungan bisnis atau organisasi

Pemasaran merupakan senjata terampuh bagi perusahaan untuk menjaga kelangsungan bisnis atau organisasi.

Hal ini dikarenakan pemasaran memiliki peran penting bagi perusahaan untuk memperoleh penghasilan atau keuntungan.

Sebuah usaha tanpa keuntungan dan penghasilan tentunya tidak dapat menjalankan operasi bisnis secara maksimal.

Dengan menggunakan manajemen pemasaran yang baik akan membantu perusahaan untuk mencapai target penjualan dan pencapai target keuntungan.

Baca juga | Fungsi Manajemen Keuangan Dalam Perusahaan yang Harus Diketahui

Fungsi manajemen pemasaran

fungsi manajemen pemasaran

Sebuah usaha baru berkembang harus bisa memahami fungsi manajemen pemasaran karena pada saat ini kompetisi bisnis untuk memasarkan produknya kedalam pasar.

Pemasaran merupakan salah satu istilah yang paling sering kita dengar namun tidak banyak orang yang memahaminya

Berikut beberapa fungsi manajemen pemasaran :

  1. Tujuan pemasaran – Manajemen pemasaran menentukan tujuan pemasaran. Tujuan pemasaran mungkin jangka pendek atau panjang dan membutuhkan pendekatan yang jelas. Mereka harus fokus dengan tujuan dan sasaran organisasi.
  2. Perencanaan – Setelah perumusan tujuan pemasaran, fungsi penting dari manajemen pemasaran adalah merencanakan bagaimana mencapai tujuan-tujuan ini. Ini termasuk perkiraan penjualan, formulasi program pemasaran, strategi pemasaran.
  3. Organisasi – Suatu rencana yang pernah diformulasikan perlu diimplementasikan. Pengorganisasian. Fungsi manajemen pemasaran melibatkan pengumpulan dan koordinasi sarana yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan rencana dan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Organisasi melibatkan struktur organisasi pemasaran, tugas, tanggung jawab dan wewenang berbagai anggota organisasi pemasaran.
  4. Koordinasi – Koordinasi mengacu pada penyesuaian yang harmonis dari kegiatan organisasi pemasaran. Ini melibatkan koordinasi di antara berbagai kegiatan seperti prakiraan penjualan, perencanaan produk, pengembangan produk, produksi, transportasi, dan pergudangan, dll. Arah dalam manajemen pemasaran mengacu pada pengembangan pasar baru, kepemimpinan karyawan, inspirasi, motivasi, membimbing dan mengawasi karyawan.
  5. Kontrol – Kontrol mengacu pada efektivitas dengan rencana pemasaran yang diterapkan. Ini melibatkan penentuan standar, evaluasi kinerja aktual, dan adopsi tindakan korektif dll.
  6. Kepegawaian – Pekerjaan karyawan yang tepat dan mampu sangat penting untuk keberhasilan rencana pasar. Organisasi harus memiliki tenaga pemasaran dengan kemampuan yang diinginkan.
  7. Analisis dan evaluasi -Manajemen pemasaran melibatkan analisis dan evaluasi daerah pemasaran sasaran serta produktivitas dan kinerja karyawan yang melaksanakan kegiatan pemasaran.

Baca juga | 5 Konsep Manajemen Pemasaran Di Era Modern Saat Ini

Faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran.

manajemen pemasaran

Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran organisasi adalah sebagai berikut

  • Target pelanggan
  • Produk, tempat, promosi, dan harga
  • Informasi pemasaran, perencanaan, organisasi, implementasi, dan sistem kontrol
  • Perantara pemasaran, publik, pesaing, dan pemasok
  • Lingkungan demografis dan ekonomi, lingkungan teknologi dan fisik, lingkungan sosial dan budaya, dan lingkungan politik dan hukum.

 Baca juga | Fungsi Manajemen Pemasaran Paling Penting Di Dalam bisnis

Kesimpulan

Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian manajemen pemasaran adalah proses analisis, perencanaan, implementasi, penetapan harga, promosi, dan distribusi serta program pengendalian yang bercorak untuk menciptakan, membangun, serta memelihara manfaat pertukaran kepada pembeli untuk mencapai tujuan perusahaan.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Manajemen Pemasaran, Tujuan Dan Fungsinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *