pengertian manajemen pendidikan

Pengertian Manajemen Pendidikan, Tujuan, Ruang Lingkup dan Fungsi

Posted on

Pengertian manajemen pendidikan – Manajemen pendidikan biasanya selalu dikaitkan dengan lembaga pendidikan seperti sekolah atau perguruan tinggi.

Untuk memahami tentang pengertian manajemen pendidikan maka sebaiknya kita memahami terlebih dahulu tentang arti manajemen dan arti pendidikan.

Manajemen merupakan pondasi dalam sebuah organisasi yang bertujuan untuk mengelola dan mengkoordinasi seluruh kegiatan didalam organisasi.

Hesyey dan Blanchad (2008) mengatakan pengertian manajemen adalah proses kerja sama orang-orang atau kelompok untuk mencapai tujuan organisasi yang sudah ditetapkan.

Sedangkan menurut Rochaety (2008: 4) menyatakan bahwa pengertian manajemen secara umum adalah proses yang khas dan terdiri dari tindakan perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, pelaksanaan serta pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan memanfaatkan sumber daya yang telah ada.

Pengertian pendidikan menurut Rivai adalah proses yang sistematis mengubah tingkah laku seseorang untuk mencapai tujuan.

Sedangkan menurut UU No. 20 tahun 2003 menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar yang sudah terencanan untuk mewujudkan suasana belajar dan pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan seluruh potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia dan keterampilan yang diperlukan dirinya, bangsa dan negara.

Baca juga | Pengertian Manajemen, Fungsi Manajeman Serta Unsur Manajemen

Pengertian manajemen pendidikan

manajemen pendidikan

Berdasarkan dari pemaparan di atas maka dapat disimpulkan bahwa pengertian manajemen pendidikan adalah proses yang dilaksanakan secara sadar dan sudah terencana untuk menciptakan suasan belajar dan proses pembelajaran serta mencapai tujuan pendidikan.

Serta mencapai tujuan pendidikan di mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan dengan menggunakan sumber daya yang ada.

Baca juga | Pengertian Pendidikan, tujuan, Fungsi dan Jenis-jenis

Pengertian manajemen pendidikan menurut para ahli

Menurut Yamin, pengertian manajemen pendidikan adalah sebagai suatu proses yang sistematik, sitemik dan komprehensif dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Arti manajemen pendidikan juga dapat di definisikan sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan pengelolaan proses pendidikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, baik tujuan jangka pendek, menengah dan panjang.

Menurut E. Mulyasa, pengertian manajemen pendidikan adalah prose pengembangan kegiatan kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

Proses pengendalian tersebut mencakup perencanaan, pengorganisasian, aktualisasi dan pengawasan.

Pengertian manajemen pendidikan menurut Daryanto adalah cara bekerja dengan orang-orang dalam usaha untuk mencapai tujuan pendidikan efektif.

Dasuqi dan Somantri menyatakan bahwa pengertian manajemen pendidikan adalah upaya menerapkan kaidah manajemen di dalam pendidikan.

Definisi manajemen pendidikan menurut Sagala adalah proses penerapan manajemen di dalam pendidikan atau penerapan manajemen untuk pengembangan, pembinaan serta pengendalian usaha dan praktek pendidikan.

Baca juga | Tujuan Manajemen Bagi Perusahaan Atau Organisasi

Tujuan manajemen pendidikan

tujuan manajemen pendidikan

Tujuan manajemen pendidikan sangat berkaitan dengan tujuan pendidikan secara umum karena pada hakikatnya manajemen pendidikan merupakan media untuk mencapai tujuan pendidikan dengan optimal.

Dengan mempelajari manajemen pendidikan yang efektif maka kita bisa memperoleh cara, teknik atau metode yang baik sehingga sumber daya ada dapat di maksimalkan untuk mencapai tujuan pendidikan dengan efektif dan efisien.
Secara mendetail, tujuan manajemen pendidikan diantaranya :

  • Terwujudnya suasana belajar dan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
  • Menciptakan peserta didik yang aktif untuk meningkatkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang di butuhkan oleh dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.
  • Tercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efisien
  • Membekali tenaga pendidik dengan teori tentang proses dan tugas administrasi pendidikan
  • Mengatasinya masalah mutu pendidikan

Ruang lingkup manajemen pendidikan

ruang lingkup manajemen pendidikan

Ruang lingkup manajemen pendidikan pada umumnya dapat di bagi menjadi 3 (tiga) kategori, yaitu :

1. Berdasarkan wilayah kerja

Ruang lingkup manajemen pendidikan berdasarkan wilayah kerja di antaranya adalah manajemen kelas, manajemen unit kerja, manajemen satu propinsi, manajemen satu negara.

2. Berdasarkan objek garapan

Ruang lingkup manajemen pendidikan berdasarkan objek garapan di antaranya manajemen tenaga pendidik, manajemen siswa, manajemen prasarana dan sarana, manajemen pelaksanaan pendidikan, manajemen biaya serta manajemen humas

3. Berdasarkan fungsi kegiatan

Ruang lingkup manajemen pendidikan berdasarkan objek garapan di antaranya perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkomunikasian, pengkoordinasian, pegawasan dan pengevaluasian.

4. Ruang lingkup manajemen pendidikan Pelaksana

Ruang lingkup manajemen pelaksana di antaranya adalah guru sebagai administrator di lingkungan kelas.

Guru dapat dikatakan sebagai manajer dilingkungan kelas dan berkewajiban untuk mengelola seluruh aktivitas atau kegiatan kelas.

Baca juga | Ruang Lingkup Manajemen Keuangan Dalam Perusahaan

Fungsi Manajemen Pendidikan

fungsi manajemen pendidikan

Dalam proses manajemen pendidikan maka orang-orang yang terlibat didalamnya harus melaksanakan fungsi-fungsinya dalam satu periode tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Pada dasarnya fungsi manajemen pendidikan adalah perencanaan (planning), Pengorganisasian (organizing), kepemimpinan (leading) dan pengawasan (controlling).

1. Perencanaan (planning)

Perencanaan adalah kegiatan yang telah ditentukan sebelumnya untuk dilaksanakan dalam satu periode tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Menurut Bintoro Tjokroaminoto, Pengertian perencanaan adalah proses untuk mempersiapkan kegiatan secara sistematis yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu.

SP Siagian menyatakan bahwa definisi perencanaan adalah keseluruhan proses pemikiran dan penentuan secara matang yang berkaitan hal-hal yang akan dikerjakan di masa yang akan datang untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Berdasarkan dari beberapa definisi diatas maka pengertian perencanaan secara umum adalah kegiatan yang akan dilakukan di masa yang akan datan untuk mencapai tujuan.

Berdasarkan pengertian perencanaan diatas maka perencanaan pendidikan adalah keputusan yang di ambil untuk melakukan tindakan selama waktu tertentu agar penyelenggaraan sistem pendidikan dapat lebih efektif dan efisien.

Dengan penyelenggaran sistem pendidikan yang efektif dan efisien diharapkan dapat menghasilkan lulusan terbaik dan bermutu serta relevan dengan kebutuhan pembangunan.

2. Pengorganisasian (organizing)

Kata organisasi merupakan kata yang berasal dari bahasa latin yaitu organum yang dapat berarti alat, bagian atau anggota badan.

Exekutif General Motors yang bernama Mooney dalam bukunya The Principle of Organization (1947) menyatakan bahwa pengertian organisasi adalah satua kelompok orang atau lebih yang bergabung untuk mencapai tujuan tertentu.

Walaupun para pakar manajemen memberikan pengertian organisasi yang berbeda tapi pada intinya adalah sama yaitu organisasi adalah kerjasama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan secara efektif termasuk dalam lembaga pendidikan.

Unsur-unsur yang membentuk organisasi :

  • Memiliki tujuan bersama yang telah ditetapkan
  • Terdiri dari dua orang atau lebih
  • Adanya pembagian tugas yang diatur dengan hak, kewajiban dan tanggung jawab
  • Adannya kehendak untuk bekerja sama untuk mencapai tujuan

3.  Pelaksanaan (actuating)

Pelaksanaan adalah tindakan untuk mengusahakan agar seluruh anggota kelompok merealisikan untuk mencapai tujuan sesuai dengan perencanaan yang telah ditentukan sebelumnya.

Selain itu pelaksanaan adalah proses pergerakan orang untuk melakukan kegiatan untuk mencapai tujuan sehingga mewujudkan efisiensi proses dan efektifitas hasil kerja.

Fungsi manajemen pendidikan ini dapat bermanfaat untuk memotivasi bawahan utuk bekerja dengan lebih sungguh-sungguh dan maksimal sesuai dengan ketentuan agar tujuan tercapai dengan efisien dan efektif.

Selain itu dengan adanya fungsi pelaksanaan ini dapat mengerakkan seluruh anggota organisasi menggunakan sumber daya yang ada dengan maksimal untuk menjalankan pekerjaan mereka dalam waktu bersamaan.

4. Pengawasan (controlling)

Pengawasan merupakan kegiatan untuk mengusahakan agar seluruh pekerjaan dapat terlaksana sesuai dengan rencana atau tujuan yang sudah ditentukan.

Dengan kata lain pengawasan adalah mengadakan penilaian sekaligus koreksi sehingga apa yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan benar.

Menurut mudrick, pengawasan merupakan proses dasar yang secara esensial tetap diperlukan bagaimanapun rumit dan luasnya suatu organisasi.

Proses dasarnya terdiri dari tiga tahap, yaitu :

  • Menentukan standar pelaksanaan,
  • Pengukuran pelaksanaan pekerjaan dibandingkan dengan standar dan
  • Menentukan kesenjangan (deviasi) antara pelaksanaan dengan standar dan rencana

Dalam proses pengawasan setidaknya ada tiga fase yang harus ada dilalui, yaitu :

  • Pemimpin harus menentukan atau menetapkan standar
  • Evaluasi
  • Corrective action, yaitu mengadakan tindakan perbaikan dengan maksud agar tujuan pengawasan itu dapat di realisikan.

Tujuan utama dari pengawasan ini adalah mengusahakan agar apa yang di rencanakan dapat tercapai.

Kesimpulan

Manajemen pendidikan merupakan sesuatu penting dalam sistem pendidikan agar sistem tersebut dapat dijalankan dengan lebih terstruktur dan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Manajemen Pendidikan, Tujuan, Ruang Lingkup dan Fungsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *