pengertian pdb

Pengertian PDB Adalah, Fungsi, Jenis-Jenis, Komponen dan Rumus

Posted on

Pengertian PDB Adalah – Produk Domestik Bruto atau PDB di negara yang sedang berkembang adalah konsep paling penting dibandingkan dengan Pendapatan nasional lainnya.

PDB adalah nilai barang dan jasa yang di produksi di suatu negara dalam jangka waktu tertentu dimana didalamnya juga dapat meliputi output barang dan jasa di sebuah perekonomian yang diproduksi oleh perusahaan milik negara atau milik negara asing yang berada didalam negara tersebut.

Hal ini berarti dengan semakin besarnya PDB suatu negara maka dapat dikatakan bahwa kinerja perekonomian negara tersebut semakin baik.

Dengan demikian PDP dapat dikatakan sebagai indikator pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Baca juga | Pengertian Pertumbuhan Ekonomi Dan Indikator Pertumbuhan Ekonomi

Pengertian PDB Menurut Para Ahli

Untuk memahami tentang pengertian PDB, berikut adalah beberapa pengertian PDB menurut para ahli :

Sadono (2001: 22)

Pengertian PDB menurut Sadono adalah nilai seluruh barang dan jasa yang di produksi pada wilayah tersebut dalam periode tertentu (Per tahun).

PDB menghitung hasil produksi perekonomian tanpa memperhatikan siapa saja pemilik faktor produksi.

Herlambang dkk (2001:22)

Pengertian PDB menurut Herlambang dkk adalah jumlah total pendapatan yang dihasilkan dalam sebuah negara termasuk pendapatan orang asing yang bekerja didalam negara tersebut,

Produk Domestik Bruto (PDB) mengukur nilai barang dan jasa yng diproduksi di dalam wilayah negara tanpa membedakan kewarganegaraan pada periode tertentu.

Mankiw

Pengertian Produk Domestik Bruto (PDB) menurut Mankiw adalah jumlah produk barang atau jasa yang di hasilkan sebuah negara dalam periode satu tahun.

PDB menghitung nilai total barang atua jasa suatu negara tanpa membedakan kewarganegaraan.

McEachern (2000: 146)

Pengertian PDB adalah jumlah nilai barang atau jasa akhir yang diproduksi oleh sumber daya yang berada dalam sebuah negara dalam periode tertentu (Pertahun).

PDB dapat di manfaatkan untuk mempelajari perekonomian dari waktu ke waktu.

Prasetyo (2011: 28)

Pengertian PDB menurut Prasetyo adalah semua barang atau jasa yang diproduksi atau dihasilkan oleh seluruh warga negara pada sebuah wilayah negara (termasuk warga negara asing) pada periode tertentu dalam satu tahun.

Baca juga | Pengertian Ekspor Adalah, Manfaat, Jenis dan Tujuan

Fungsi PDB

Berdasarkan dari beberapa pengertian PDB menurut para ahli diatas maka PDB dapat berfungsi sebagai indikator laju pertumbuhan ekonomi sebuah negara.

Berikut adalah beberapa fungsi PDB, diantaranya adalah :

  • PDB dihitung atas dasar total nilai tambah (value added) yang dihasilkan dari semua kegiatan produksi. Hal ini menunjukkan bahwa laju PDB dapat menggambarkan peningkatan balas jasa atas faktor produksi.
  • Produk Domestik Bruto dihitung atas dasar konsep siklus aliran (circulair flow concept) yang berarti perhitungan PDB dapat meliputi jumlah nilai produk yang dihasilkan pada periode tertentu dan tidak mencakup perhitungan pada periode sebelumnya.
  • Batasan perhitungan Produk Domestik Bruto adalah satu negara atau perekonomian domestik yang berarti dapat memungkinkan untuk menilai efektivitas kebijakan ekonomi yang dijalankan oleh pemerintah yang bertujuan untuk mendorong kegiatan ekonomi domestik.

Baca juga | Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi Suatu Negara

Jenis-Jenis PDB

Mceachern (2000: 146) memyatakan bahwa terdapat 2 (dua) jenis PDB, yaitu :

PDB harga tetap / riil

Pengertian PDB harga tetap / riil adalah jumlah total nilai harga barang atau jasa yang di hasilkan oleh sebuah negara pada periode tertentu (satu tahun) dan di hitung atas dasar harga yang berlaku pada periode tertentu.

PDB Nominal / Harga berlaku

Pengertian PDB Nominal / Harga berlaku adalah jumlah seluruh nilai harga barang atau jasa yang dapat dihasilkan sebuah negara dalam periode tertentu dan dihiting berdasarkan harga yang sedang berlaku saat penilaian berlangsung.

Baca juga | Pengertian Ekonomi Makro, Tujuan, Ruang Lingkup dan Masalah

Komponen Produk Domestik Bruto

PDB atau Produk Domestik Bruto memiliki setidaknya 4 (empat) komponen, yaitu :

  • Konsumsi rumah tangga
  • Investasi
  • Konsumsi Pemerintah
  • Ekspor bersih atau selisih total ekspor dan impor

Rumus PDB

Berdasarkan dari komponen PDB diatas maka utnuk mencari PDB dapat menggunakan Rumus berikut :

PDB (Produk Domestik Bruto) = C + I + G + ( X – M )

Keterangan :

  • C : Konsumsi rumah tangga
  • I : Investasi
  • G : Konsumsi pemerintah
  • X : Ekspor
  • M : Impor

Berdasarkan dari rumus PDB diatas dapat dikatakan bahwa bila terjadi peningkatan konsumsi maka akan berpengaruh pada peningkatan nilai PDB.

Dan bila investasi, jumlah investasi, pengeluaran pemerintah serta jumlah ekspor bersih mengalami peningkatan maka jumlah PDB akan meningkat.

Hal ini disebabkan oleh seluruh komponen didalam PDB terdapat didalam satu fungsi linier.

Oleh sebab itu, sebuah negara harus selalu melakukan upayan dalam meningkatkan jumlah konsumsi, investasi, pengeluaran pemerintah dan juga nilai ekspor bersih.

Demikianlah Pembahasan tentang Pengertian PDB Adalah, Fungsi, Jenis-Jenis, Komponen dan Rumus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *