pengertian pegawai

Pengertian Pegawai Menurut Para Ahli dan Fungsi

Posted on

Pengertian Pegawai – Pegawai adalah Sumber Daya Manusia yang bekerja pada sebuah institusi baik didalam pemerintah atau swasta dan memperoleh imbalan kerja yang sesuai untuk menjalankan suatu pekerjaan dari pemberi kerja.

Beberapa potensi yang harus dimiliki oleh pegawai atau karyawan yang baik, diantaranya :

a. Memiliki Kemampuan Fisik

Kemampuan fisik ini dapat di pergunakan untuk mengerakkan, mengerjakan, menyelesaikan pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh sumber daya atau faktor produksi lain.

b. Kemampuan psikis

Memiliki kemampuan psikis ini dapat membangkitkan semangat, motivasi, etos kerja, kreativitas, dan profesionalisme dalam melakukan pekerjaan.

c. Kemampuan Karakterisitik.

Dengan adanya kemampuan karakteristik ini dapat membangkitkan intelektual, emosional, spiritual dan sosial yang dapat membuat berkembang serta mampu untuk menghadapi berbagai tantangan

d. Kemampuan Pengetahuan dan Keterampilan

Pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh pegawai dapat mendorong mereka untuk memiliki kompetensi yang dibutuhkan didalam menjalankan pekerjaanna.

e. Pengalaman Hidup

Pengalaman hidup yang dimiliki oleh pegawai dapat membantu mereka untuk melakukan berbagai pertimbangan di dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Baca juga | Pengertian Pekerjaan Kantor, Ciri-Ciri, Fungsi, dan Jenis-Jenis

Pengertian Pegawai Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian pegawai menurut para ahli, yaitu :

Soedaryono (2000: 6)

Menurut Soedaryono, pengertian pegawai adalah seorang yang melakukan penghidupan dengan cara bekerja di dalam kesatuan organisasi baik didalam pemerintah atau swasta.

Robbins

Menurut Robbins, pengertian pegawai adalah orang pribadi yang bekerja pada pemberi kerja baik menjadi pegawai tetap atau tidak yang didasarkan pada kesepakatan kerja yang tertulis ataupun tidak untuk menjalankan pekerjaan di dalam jabatan atau kegiatan yang sudah ditentukan oleh pemberi kerja.

Baca juga | Pengertian Kompensasi Adalah, Fungsi, Tujuan dan Jenis-Jenis

Fungsi Pegawai

Peranan pegawai adalah terlibat didalam perencanaan, sistem, seluruh proses kegiatan didalam usaha untuk mencapai hasil guna dan daya guna yang efesien dan efektif.

Pegawai juga memiliki fungsi sebagai sumber daya organisasi selain sumber daya organisasi lainnya seperti mesin, bahan baku, uang, dll.

Dengan kemampuan kepemimpinannya, pegawai juga dapat menjalankan fungsi manajerial atau menggerakkan sumber daya organisasi lainnya.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Pengertian pegawai menurut para ahli dan fungsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *