pengertian peluang usaha

Pengertian Peluang Usaha Dan Ciri-ciri Peluang Usaha yang Potensial

Posted on

Pengertian peluang usaha – Pada saat ini peluang usaha merupakan salah satu kata populer dan banyak di cari oleh netizen. Namun banyak di antara kita tidak mengetahui pengertian peluang usaha dan ciri-ciri peluang usaha.

Peluang Usaha terdiri dari kata “Peluang” yang berarti sebagai kesempatan dan kata “Usaha” yang berarti upaya untuk memperoleh sesuatu yang diharapkan.

Pengertian peluang usaha

Berdasarkan pengertian tersebut maka peluang usaha dapat di artikan sebagai kesempatan yang dapat digunakan untuk memperoleh sesuatu yang di inginkan dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang di miliki.

Beberapa hal yang biasanya ingin di capai dapat berupa keuntungan, uang, kekayaan, dll. Seseorang akan memanfaatkan sumber daya yang ada baik secara internal maupun eksternal.

Sumber daya internal biasanya berasal dari diri anda sendiri sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri anda seperti modal, tempat usaha, lingkungan, dll.

Ciri-ciri peluang usaha yang potensial

usaha yang baik

Untuk memilih jenis usaha yang potensial tidaklah mudah karena banyak hal yang dapat mempengaruhi kesuksesan usaha.

Oleh sebab itu sebelum anda memulai usaha sebaiknya anda mengetahui ciri-ciri peluang usaha yang potensial.

Berikut beberapa ciri-ciri peluang usaha yang potensial yang dapat anda pertimbangkan :

1. Produk dengan nilai jual tinggi

Salah satu faktor penentu kesuksesan bisnis adalah anda harus dapat memilih peluang usaha yang memiliki nilai jual tinggi.

Hal ini dikarenakan usaha yang memiliki nilai jual tinggi memiliki potensi untuk berkembang.

Untuk mengetahui peluang usaha yang memiliki nilai jual tinggi maka anda dapat sedikit melakukan riset terhadap sebuah produk. Selain itu dengan menjual produk dengan nilai jual yang tinggi tentunya akan membuat usaha anda dapat bertahan lama.

2. Memenuhi kebutuhan masyarakat

Ciri-ciri peluang usaha yang potensial lainnya adalah dapat memenuhi kebutuhan masyarakat luas. Tentunya usaha dengan ciri-ciri seperti ini berpotensi untuk menghasilakn keuntungan yang lebih stabil.

Anda dapat berjualan produk yang di butuhkan masyarakat seperti sembako, pakaian, pangkas rambut, dll.

Baca juga | Pengertian Peluang Usaha Dan Ciri-ciri Peluang Usaha yang Potensial

3. Kerugian usaha yang minimal

Hal paling di takutkan oleh pebisnis terutama pebisnis pemula adalah mengalami kerugian. Ketakutan ini memang biasa di hadapi oleh seseorang untuk memulai usaha.

Bagi anda yang ragu untuk memulai usaha maka sebaiknya anda memilih usaha yang memiliki resiko kerugian yang kecil. Cara ini merupakan cara teraman bagi anda untuk memulai usaha karena masih belum menguasai lapangan.

4. Jenis usaha tidak bersifat musiman

Memulai jenis usaha yang bersifat musiman tergolong mudah dan cepat menghasilkan keuntungan. Namun jenis usaha ini tidak dapat bertahan lama dan pendek karena produk laris hanya berdasarkan musim.

Usaha seperti ini biasanya memiliki ciri harus menunggu musim atau momentum terlebih dahulu baru dapat di jalankan.

5. Dapat bertahan lama di pasar

Ciri usaha yang berpotensi untuk berkembang adalah dapat bertahan lama di pasar. Oleh sebab itu jika anda ingin membangun sebuah usaha maka sebaiknya anda memilih usaha yang dapat bertahan lama. Dengan demikian anda akan memiliki kesempatan untuk membuat usaha mencapai titik kesuksesan.

6. Ketersedian produk mudah untuk dapatkan dengan harga yang murah

Sebagus apapun potensi sebuah peluang usaha tanpa di dukung oleh ketersedian produk atua bahan baku tentunya akan menyulitkan anda. Coba anda bayangkan permintaan produk sangat tinggi namun anda tidak mampu memenuhi permintaan pasar. Tentunya hal ini membuat usaha anda tidak dapat menghasilkan penjualan dan keuntungan.

Menyadari pentingnya ketersediaan produk atau bahan baku maka sebaiknya anda memastikan bahwa anda memiliki akses yang cukup untuk memperolehnya.

Baca juga | Cara Memulai Usaha Kuliner yang Menjanjikan Untuk Pemula

Ciri-ciri peluang usaha yang baik

ciri-ciri peluang usaha

Selain mengetahui ciri-ciri usaha yang pontensial maka sebagai pebisnis maka sebaiknya anda mengetahui ciri-ciri usaha yang baik.

Berikut adalah ciri-ciri usaha yang baik yang wajib anda ketahui :

1. Bersifat orisinil atau tidak plagiat

Usaha yang bersifat orisinil biasanya akan mudah untuk di kenali dan menarik minat konsumen. Hal ini dikarenakan bisnis tersebut memiliki ciri khas tersendiri. Tentunya bisnis anda akan mudah di ingat oleh konsumen.

2. Memiliki kelayakan usaha

Hal yang sering di lupakan oleh pebisnis pemula adalah melakukan riset terhadap kelayakan sebuah peluang usaha sebelum memulai usaha.

Padahal dengan mengetahui kelayakan sebuah usaha adalah hal penting untuk membantu untuk mempersiapkan rencana dan juga strategi pemasaran usaha anda.

3. Anda memiliki passion untuk menjalankan bisnis

Dalam memulai dan menjalankan bisnis tidak hanya sekedar memperoleh keuntungan tapi juga anda harus memiliki passion. Tanpa memiliki passion yang tepat maka anda tidak akan terbebani dalam menjalankan bisnis anda.

Baca juga | Pengertian Resiko Usaha Dan Contoh Resiko Usaha

4. Mengembangkan bisnis dengan ide yang kreatif

Hal yang tidak bisa di hindari dari menjalankan usaha adalah menghadapi persaingan bisnis yang ketat. Oleh sebab itu dalam menjalankan usaha maka anda harus terus mengembangkan bisnis dengan ide-ide kreatif.

5. Dapat beradaptasi

Ciri-ciri usaha yang baik selanjutnya adalah dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi dan situasi. Dalam menjalankan usaha tentunya anda akan menghadapi berbagai perubahan seperti perubahan pasar, persaingan, kualitas barang, dll.

Oleh sebab itu usaha anda harus memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai kondisi tersebut.

Baca juga | Contoh Usaha Kreatif Dan Ide Bisnis Unik yang Menjanjikan

Kesimpulan

Pada saat ini untuk memulai bisnis sangatlah mudah karena banyak peluang usaha yang potensial yang dapat anda jalankan.

Namun sebelum anda memulainya maka sebaiknya anda mengetahui tentang pengertian peluang usaha dan bagaimana ciri-ciri peluang usaha yang potensial dan baik.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian peluang usaha dan ciri-ciri peluang usaha yang potensial.

Baca juga | Macam-Macam Jenis Usaha Dan Bisnis yang Laku Setiap Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *