pengertian pemasaran

Pengertian Pemasaran, Definisi, Tujuan, Fungsi dan Jenis-Jenis

Posted on

Pengertian Pemasaran – Pemasaran merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh perusahan dengan tujuan untuk terus mengembangkan bisnis mereka.

Sebuah perusahaan tidak akan sulit untuk berkembang bila tidak mampu menjalankan kegiatan pemasaran dengan efektif.

Hal ini dikarenakan kegiatan pemasaran ini sangat terkait langsung dengan konsumen yang menjadi target pasar perusahaan.

Pengertian pemasaran menurut para ahli

pengertian pemasaran menurut para ahli

Berikut adalah beberapa pengertian pemasaran menurut para ahli :

Philip Kotler

Pengertian pemasaran menurut Profesor Philip Kotler adalah sebuah proses sosial dan manajerial di mana individu-individu dan kelompok-kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran produk-produk atau value dengan pihak lainnya.

World Marketing Association (WMA)

Menurut World Marketing Association (WMA), definisi pemasaran adalah sebuah disiplin bisnis strategis yang mengarah pada proses penciptaan, penawaran, dan perubahan value dari satu inisiator kepada stakeholder-nya

Kotler dan Armstrong

Menurut Kotler dan Armstrong, pengertian pemasaran adalah aktivitas perusahaan untuk menciptakan nilai bagi pelanggan serta mempererat hubungan yang kuat antara pelanggan dengan tujuan untuk mendapatkan nilai dari pelanggan sebagai imbalannya.

Daryanto

Menurut Daryanto, pengertian pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan atau keinginan mereka dengan cara menciptakan, menawarkan, serta saling bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain.

Jay abraham

Definisi pemasaran menurut Jay Abraham adalah media yang digunakan untuk mencapai kesuksesan dengan cara memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

William J. Stanton

Pengertian pemasaran menurut William J. Stanton adalah seluruh sistem di berbagai aktivitas bisnis atau usaha yang bertujuan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikannya, mendistribusikannya, serta memuaskan konsumen.

John Westwood

Definisi pemasaran menurut John Westwood adalah usaha yang dilakukan secara terpadu yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehingga dapat memberikan laba kepada perusahaan.

Baca juga | Pengertian Manajemen Pemasaran, Tujuan Dan Fungsinya

Tujuan pemasaran secara umum

tujuan pemasaran

Pada saat ini perkembangan dunia pemasaran semakin pesat seiring dengan perkembangan dunia digital, perubahan pola pikir serta pasar yang semakin kritis terhadap produk dan semua kegiatan pemasaran.

Walaupun perkembangan dunia pemasaran semakin pesat akan tetapi tidak mengubah tujuan pemasaran yang sebenarnya.

Pada umumnya tujuan pemasaran hanya terdiri dari 6 hal, yaitu

1. Memahami pasar dan target pasar

Tujuan pemasaran yang harus di capai oleh tim pemasaran adalah memahami dan mengenal pasar serta konsumen yang menjadi potensi target produk mereka.

Tim pemasar harus dapat memahami tentang tingkat persaingan, kebutuhan, selera, keinginan pasar, mengetahui kondisi dari pasar termasuk daya beli dan ketertarikan yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen.

2. Menciptakan produk sesuai dengan potensi pasar

Tujuan pemasaran penting lainnya adalah menciptakan produk yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari pasar.

Hal ini masih berkaitan dengan tujuan pemasaran pada poin pertama yaitu memahami pasar dan target pasar.

Dengan adanya pemahaman pasar maka tim pemasaran dapat membantu perusahaan untuk menciptakan dan menghasilkan produk yang sesuai dengan keinginan pasaranalisa dari pemahaman pasar.

3. Meningkatkan kepopuleran produk di dalam pasar

Salah satu tujuan dari pemasaran yang paling sering dengar adalah meningkatkan kesadaran merek pada target pasar.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk meningkatkan kepopuleran produk dan salah satu cara paling efektif adalah dengan strategi promosi atau iklan.

4. Membentuk citra positif pada brand atau produk

Tujuan pemasaran yang penting selanjutnya adalah membentuk citra positif pada brand atau produk.

Contohnya produk handphone harus mencitrakan produk mereka dengan teknologi paling update saat ini, atau produk mobil maka mereka harus mencitrakan produk mereka dengan kenyamanan atau dengan mobil terkencang.

Pencitraan dapat diciptakan dengan memanfaatkan orang-orang yang terkenal atau memiliki pengaruh yang besar.

Pencitraan ini dapat di buat dengan menggunakan berbagai media promosi seperti iklan, pemasaran konten, pameran, dll.

Menciptakan pencitraan positif ini juga bisa di optimalkan dengan pelayanan atau servis yang maksimal.

5. Meningkatkan penjualan

Meningkatkan penjualan merupakan tujuan dan sasaran jangka pendek dari pemasaran sehingga perusahaan dapat memperoleh laba secepat mungkin.

Setiap tim pemasaran harus dapat bekerja dengan maksimal untuk dapat meningkatkan penjualan perusahaan.

6. Kepuasan konsumen

Tujuan terakhir dari pemasaran adalah memaksimalkan kepuasan konsumen.

Penjualan dapat terus meningkat apabila konsumen merasa puas dan hal ini berarti bahwa setiap adanya penjualan maka diharapkan adanya respon yang positif agar dapat menjadi nilai tambah dari penjualan.

Dengan adanya kepuasan konsumen maka perusahaan dapat mempertahankan kesetiaan pelanggan mereka sehingga konsumen tetap akan loyal menggunakan produk tersebut.

Baca juga | Strategi Promosi Melalui Sosial Media yang Efektif dan Efisien

Fungsi pemasaran

fungsi pemasaran

Menurut Deliyanti (2019:3), Fungsi pemasaran dapat di bagi menjadi 3 (tiga) :

1. Fungsi pertukaran

Fungsi pertukaran dalam pemasaran, pembeli dapat membeli produk dari penjual baik dengan menukar uang dengan barang ataupun pertukaran (barter) barang dengan barang untuk di pakai sendiri atau di jual kembali.

2. Fungsi distribusi fisik

Pendistribusian fisik produk dapat dilakukan dengan mengangkut dan menyimpan produk.

Pengangkutan produk dari lokasi produsen untuk mendekati lokasi konsumen dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik melalui darat, air, udara, dll.

Dalam penyimpanan produk harus selalu memprioritaskan usaha untuk menjaga agar kapasitas produk selalu tersedia saat dibutuhkan.

3. Fungsi perantara

Untuk mendistribusikan produk dari tangan produsen ke tangan konsumen dapat dilakukan melalui perantara atau mediator pemasaran yang dapat menghubungkan kegiatan pertukaran dengan distribusi fisik.

Kegiatan fungsi perantara ini diantaranya penggunaan risiko, pencarian informasi, pembiayaan serta standarisasi atau klasifikasi produk.

Baca juga | Apa Itu Branding ? | Pengertian Branding Dan Pentingnya Merek dalam Bisnis

Jenis pemasaran

jenis pemasaran

Seorang pebisnis atau pemasar harus mengetahui berbagai jenis pemasaran sebelum mereka terjun memulai usaha.

Pemasaran yang efektif merupakan salah satu kunci penting untuk membuat usaha dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Pada dasarnya jenis pemasaran dapat di bagi menjadi 2 (dua), yaitu pemasaran secara langusng dan tidak langsung.

Berikut 2 (dua) jenis pemasaran yang paling umum sekaligus banyak digunakan oleh pengusaha :

1. Pemasaran langsung (Direct marketing)

Arti dari pemasaran langsung adalah aktivitas berpromosi yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu didalam perusahaan itu seperti sales atau pemilik bisnis yang langsung terjun kepasar.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan produk serta untuk menarik perhatian konsumen melalui strategi dan proses pemasaran yang telah di buat sebelumnya.

Beberapa contoh pemasaran secara langsung (direct marketing) diantaranya Personal Selling, Catalog Marketing, Direct Marketing, Telemarketing dan Online Marketing.

a. Personal Selling

Personal selling adalah aktivitas penjualan atau promosi yang dilakukan langsung oleh penjual/pemilik usaha dengan bertatap muka langsung dengan calon pembeli.

Di dalam personal selling penjual akan memberikan pemahaman kepada calon konsumen tentang produk hingga konsumen melakukan pembelian.

Jenis pemasaran ini memiliki kelebihan yaitu penjual lebih leluasa dalam memberikan penjelasan secara mendetail tentang produk kepada konsumen.

Baca juga | Pengertian Personal Selling, Tujuan, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

b. Catalog Marketing

Catalog marketing merupakan aktivitas pemasaran ataua promosi yang dilakukan perusahaan dengan mengirimkan katalog produk kepada calon pembeli yang potensi untuk membeli.

c. Direct Mail Marketing

Direct Mail Marketing adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan cara memberikan penawaran, informasi, pemberitahuaan, brosur kepada seseorang atau target pasar tertentu yang memiliki potensi dan tepat sasaran di di berbagai lokasi yang berbeda.

d. Telemarketing

Jenis pemasaran ini dilakukan dengan cara melakukan promosi melalui panggilan telepon untuk mensosialisikan produk kepada calon pembeli.

Setelah calon pembeli tertarik lalu pihak perusahaan dapat melakukan pertemuan dengan calon pembeli atau dapat bertransaksi lewat telepon

d. Online Marketing

Online marketing merupakan kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan internet seperti media sosial, toko online, blog, dll.

Jenis pemasaran ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan jenis pemasaran lain yaitu ruang lingkup pemasaran lebih luas dan juga penjual akan mudah untuk terhubung dan berinteraksi dengan calon pembeli.

Baca juga | Perbedaan Pemasaran dan Penjualan Dalam Kegiatan Perusahaan

2. Pemasaran tidak langsung

Pengertian pemasaran tidak lansung adalah cara untuk mempromosikan produk dengan tujuan untuk mempengaruhi calon pembeli secara tidak langsung.

Beberapa contoh pemasaran tidak langsung diantaranya media iklan, Humas atau pemasaran internet secara tidak langsung.

a. Media iklan

Media iklan merupakan salah satu contoh pemasaran tidak langsung yang paling sering digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk mereka.

Hal ini dikarenakan, iklan merupakan cara paling efektif untuk mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian.

b. Public Relation

Public Relation atau Hubungan Masyarakat (Humas) adalah media yang dapat digunakan untuk menyebarkan informasi tentang produk kepada masyarakat.

Penyebaran informasi ini dapat menggunakan radio, media cetak, event, Sosial media, dll.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Pemasaran, Definisi, Tujuan, Fungsi dan Jenis-Jenis.

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *