pengertian pendelegasian wewenang

Pengertian Pendelegasian Wewenang, Peranan dan Unsur

Posted on

Pengertian Pendelegasian Wewenang – Salah satu hal terpenting dan vital di dalam sebuah manajemen atau perusahaan adalah pendelegasian tugas atau koordinasi.

Terkadang seseorang yang bekerja di dalam suatu posisi memliki keterbatasan unutk melakukan pekerjaan, jumlah pekerjaan dan juga keahlian yang dimiliki.

Bila seluruh keterbatasan tersebut tidak dapat di atasi maka berdampak pada buruknya kinerja perusahaan.
Di sinilah pentingnya dari pelimpahan wewenang dan tanggung jawab yang sering di sebut dengan delegasi.

Pendelegasian ini dapat dilakukan dengan cara membangi kewenangan, tugas, tanggung jawab, hak, kewajiban yang di tetapkan dalam sebuah deskripsi tugas formil di dalam perusahaan.

Seorang harus dapat mendelegasikan wewenang dan koordinasi agar mereka dapat menjalankan operasi manajemen dengan baik.

Apabila seorang manajer tidak bisa mendelegasikan wewenang mereka maka perusahaan tersebut tidak membutuhkan siapapun selain dirinya sendiri.

Pendelegasian dilakukan agar manajer dapat mengembangkan bawahannya sehingga dapat memperkuat perusahaan terutama ketika terjadi perubahan struktur manajemen.

Baca juga | Pengertian Kepemimpinan, Fungsi, Unsur, Teori dan Gaya Kepemimpinan

Pengertian delegasi menurut para ahli

Berikut beberapa pengertian pendelegasian wewenang menurut para ahli :

Drs H. Melayu S.P. Hasibuan (2007: 68)

Menurut Drs H. Melayu S.P. Hasibuan, pengertian pendelegasian wewenang adalah memberikan sebagian pekerjaan ataupun wewenang dari delegator (pemberi wewenang) kepada delegate (penerima wewenang) untuk di kerjakan dengan atas nama delegator.

Ralph C. Davis

Menurut Ralph C. Davis, pengertain pendelegasian wewenang adalah tahapan dari suatu prises pada saat kita menyerahkan wewenang dan berfungsi melepaskan kedudukan dengan melaksanakan pertanggung jawaban.

Stoner (2000: 434)

Menurut Stoner, pengertian pendelegasian wewenang adalah pelimpahan wewenang secara formal dan tanggung jawab kepada seorang bawahan dalam rangka menyelesaikan kegiatan tertentu.

Harold Koontz dan Cyril O’Donnel

Menurut Harold Koontz dan Cyril O’Donnel, pengertian pendelegasian wewenang adalah pokok yang di dapat kembali oleh dari pemberi wewenang.

Berdasarkan dari beberapa pengertian pendelegasian wewenang menurut para ahli diatas maka dapat dtarik kesimpulan bahwa definisi pendelegasian wewenang adalah pemberian wewenang serta tanggung jawab kepada orang-orang yang telah serahkan wewenang dari pemegang wewenang.

Baca juga | 5 Perbedaan Manajer Dan Leader Dalam Manajemen

Peranan Pendelegasian Wewenang

Pendelegasian wewenang memiliki peranan yang besar di dalam opereasional dari perusahaan atau organisasi.

Bila perusahaan tidak memiliki sistem pendelegasian yang baik dapat berdampak kepada terhambat untu mencapai tujuan perusahaan.

Menurut Stoner (2000: 446), terdapat beberapa peranan pendelegasian wewenang, yaitu :

  • Peranan pendelegasian wewenang yang pertama adalah karyawan dapat mengerjakan tugas yang pokok dan strategi bagi kelangsungan perusahaan.
  • Dengan adanya pendelegasian wewenang, keputusan dapat di ambil dengan lebih cepat karena tidak harus mendapatkan persetujuan dari atasan.
  • Pendelegasian wewenang ini bisa membantu manajer untuk membuat keputusan yang akurat dan baik karena karyawan lebih cenderung dekat dengan permasalahan.
  • Adanya pendelegasian wewenang ini dapat menimbulkan inisiatif dan rasa tanggung jawab karyawan kepada perusahaan semakin besar.
  • Pendelegasian wewenang ini merupakan sarana latihan bagi karyawan perusahaan apabila dimasa akan mendatang, mereka mendapatkan kedudukan yang lebih tinggi.
  • Pendelegasian wewenang ini dapat berpengaruh terhadap kelangsungan pekerjaan akan lebih terjamin terutama bila salah satu karyawan berhalangan untuk menjalankan tanggung jawabnya.

Baca juga | Tugas Manajer Dan Tanggung Jawab Dalam Perusahaan

Unsur Pendelegasian Wewenang

Pendelegasian wewenang terdapat 3 (tiga) unsur yaitu :

a. Tugas

Tugas merupakan pekerjaan yang harus dikerjakan seseorang pada jabatan pekerjaan tertentu.

Dengan adanya tugas ini dapat mendorong karyawan untul lebih produktif sehingga efektivitas kerja dapat di capai.

b. Kekuasaan

Kekuasaan adalah hak dan wewenang untuk memutuskan seluruh keputusan yang berhubungan dengan fungsinya tersebut.

Di dalam menjalankan pendelegasian wewenang di dalam sebuah perusahaan harus di landasi dengan kekuasaan karena kekuasaan karyawan memiliki hak untuk membuat keputusan sesuai dengan kepentingan dan fungsi perusahaan.

Baca juga | Pengertian Koordinasi, Ciri- Ciri, Tujuan dan Manfaat

c. Pertanggungjawaban

Pertanggungjawaban adalah pemberian laporan bagaimana seseorang menjalankan tugasnya dan bagaimana dia menggunakan wewenang yang telah diberikan kepadanya.

Tanggung jawab adalah hal terpenting di dalam menjalankan wewenang karena dengan tanggung jawab karyawan memberikan pertanggungjawabannya atas keputusan yang telah diambil.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Pendelegasian Wewenang, Peranan dan Unsur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *