pengertian pertumbuhan ekonomi

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi Dan Indikator Pertumbuhan Ekonomi

Posted on

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi – Salah satu indikator keberhasilan pembangunan perekonomian adalah pertumbuhan ekonomi.

Maju atau tidaknya perekononomian dapat ditentukan dari besarnya pertumbuhan yang dapat terlihat dari perubahan output nasional.

Dengan adanya perubahan output di dalam perekonomian merupakan hasil dari analisa ekonomi dalam jangka pendek.

Baca juga | Pengertian Ilmu Ekonomi Adalah, Tujuan dan Ruang Lingkup

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian ekonomi menurut para ahli :

Rostow

Menurut Rostow, pengertian pertumbuhan ekonomi adalah sebagai suatu proses yang dapat menyebabkan perubahan di dalam kehidupan masyarakat yang dapat meliputi perubahan politik, struktur sosial, nilai sosial dan struktur kegiatan perekonomian.

Prof. Simon Kuznets

Pengertian pertumbuhan ekonomi menurut Prof. Simon Kuznets merupakan jumlah kenaikan jangka panjang atas kemampuan negara dalam menyediakan berbagai jenis barang ekonomi kepada penduduknya dimana perkembangannya sesuai dengan kemajuan teknologi dan penyesuaian kelembagaan dan ideologis yang dibutuhkan.

Sadono Sukirno

Menurut Sadono Sukirno, pengertian pertumbuhan ekonomi adalah perubahan tingkat kegiatan ekonomi yang berlaku dari tahun ketahun, sehingga untuk mengetahuinya harus diadakan perbandingan pendapatan nasional dari tahun ke tahun yang lebih dikenal dengan istilah laju pertumbuhan ekonomi.

Budiono (1994)

Pertumbuhan ekonomi menurut Budiono dapat diartikan sebagai proses pertumbuhan output perkapita jangka panjang yang dapat terjadi jika ada kenaikan output per kapita yang berasal dari proses intern perekonomian dan bukan berasal dari luar atau bersifat sementara.

Simon

Menurut Simon, Pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan dari kemampuan negara dalam menyediakan barang ekonomi bagi penduduknya yang berbentuk kenaikan output nasional secara berkelanjutan yang disertai dengan kemajuan teknologi serta penyesuaian kelembagaan, sikap dan ideologi yang dibutuhkan.

M. P. Tadoro

Menurut M. P. Tadoro, pengertian pertumbuhan ekonomi adalah proses yang baik dimana jumlah produksi dari perekonomian meningkat sepanjang waktu untuk mendapatkan tingkat pendapatan nasional yang semakin tinggi.

Baca juga | Pelaku Kegiatan Ekonomi Dan Peran Pelaku Ekonomi

Faktor Pertumbuhan Ekonomi

Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi secara umum, diantaranya adalah :

  • Sumber Daya Alam (SDA)
  • Jumlah serta mutu pendidikan penduduk.
  • Ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Sistem sosial
  • Pasar

Untuk memberikan nilai prestasi pertumbuhan ekonomi harus menghitung dahulu pendapatan riil yaitu PNB dan PDB yang dihitung berdasarkan dari harga yang berlaku pada tahun dasar.

Semua nilai yang dihitung tersebut dinamankan PNB dan PDB harga tetap yaitu harga yang berlaku dari tahun ketahun.

Sedangkan menurut Arsyad (2010), pertumbuhan ekonomi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu :

1. Akumulasi Modal

Pengertian akumulasi modal adalah seluruh investasi baru yang berbentuk tanah, peralatan fiskal serta Sumber Daya Manusia (SDM) akan terjadi bila terdapat bagian dari pendapatan sekarang yang di tabung kemudian di investasikan dengan tujuan untuk meningkatkan output dimasa mendatang.

Dengan akumulasi modal ini dapat meningkatkan sumber daya yang sudah ada saat ini.

2. Pertumbuhan Penduduk

Terjadinya perkembangan penduduk dan juga hal yang terkait dengan peningkatan jumlah angkatan kerja dapat di anggap sebagai faktor positif dalam merangsang pertumbuhan ekonomi.

Namun kemampuan untuk merangsang pertumbuhan ekonomi ini sangat tergantung pada sistem ekonomi yang berlaku untuk menyerap tenaga kerja yang ada.

3. Kemajuan Teknologi

Kemajuan teknologi merupakan salah satu faktor yang penting dalam mempengaruhi pertumbuhan eknomi.

Sederhananya adalah kemajuan teknologi yang disebabkan oleh teknik baru atau perbaikan terhadap teknik-teknik lama untuk mengerjakan pekerjaan yang ada.

Baca juga | Pengertian Tindakan Ekonomi, Tujuan, Jenis-Jenis, dan Pelaku

Indikator Pertumbuhan Ekonomi

Menurut teori yang dinyatakan oleh Prof. Rahardjo Adisasmita didalam bukunya menyatakan bahwa terdapat beberapa indikator yang dapat dijadikan sebagai landasan untuk melihat pertumbuhan ekonomi suatu wilayah.

Berikut ada;ah beberapa indikator pertumbuhan ekonomi, yaitu :

1. Ketidakseimbangan pendapatan

Idealnya kondisi pendapatan suatu negara harus didistribusikan secara adil seperti 80 % populusi terbawah akan menerima 80% dari total pendapatan dan 20% dari populasi teratas akan menerima 20% dari total pendapatan.

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), pembagian penduduka dapat terbagi menjadi 40% populasi terbawah, 40% populasi sedang dan 20% populasi teratas.

2. Perubahan Struktur Perekonomian

Pada masyarakat yang maju, pembangunan ekonomi yang dijalankan akan menyebabkan terjadinya perubahan struktur perekonomian.

Hal ini akan membuat kecenderungan bahwa peran sektor pertanian pada nilai PDRBakan menurun sedangkan peran sektor industri akan meningkat.

Sektor industri akan memiliki peranan yang sangat vital didalam pembangunan nasional atau regional karena sektor industri dapat menyediakan lapangan kerja, memberikan peningkatan pendapatan kepada masyarakat, menghasilkan devisa yang dihasilkan dari ekspor.

Oleh sebab itu, perekonomian wilayah harus diutamakan selain sektor pertanian tapi juga harus tetap diorientasikan pada sektor industri.

3. Pertumbuhan Kesempatan Kerja

Permasalahan kesempatan kerja adalah salah satu masalah yang strategis dan terbilang mendesak didalam pembangunan.

Hal ini dapat dijadikan sebagai salah satu indikator pertumbuhan ekonomi.

Salah cara untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan membangun jalan yang dapat menjangkau wilayah produksi sehingga dapat meningkatkan produksi berbagai komoditas terutama sektor pertanian dan barang industri.

Proses pembangunan prasarana dan prasaran transportasi dapat menunjang perkembangan kegiatan sektor lainnya.

4. Tingkat dan penyebaran kemudahan

Kemudahan merupakan sebagai salah satu indikator pertumbuhan ekonomi dimana seluruh masyarakat memiliki kemudahan untuk mendapatkan kebutuhan hidupnya atau pemenuhan kebutuhan lainnya seperti kebutuhannya untuk menjalankan usaha.

5. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)

Salah satu cara untuk melihat indikator pertumbuhan ekonomi adalah dengan melihat data produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

PDRB ini adalah jumlah semua nilai barang dan jasa akhir yang dapat dihasilkan oleh semua unit ekonomi di sat wilayah tertentu dalam waktu tertentu tanpa melihat kepemilikannya.

Pertumbuhan ekonomi bisa dilihat dari kenaikan PDRB atas dasar harga konstan yang dapat mencerminkan kenaikan produksi barang dan jasa dari tahun ketahun.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Pertumbuhan Ekonomi Dan Indikator Pertumbuhan Ekonomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *