pengertian perubahan sosial

Pengertian Perubahan Sosial, Bentuk dan Faktor yang Mempengaruhi

Posted on

Pengertian Perubahan Sosial – Pada dasarnya, manusia dapat dipastikan dapat mengalami perubahan dimana perubahan tersebut makan manusia dapat melakukan perbandingan keadaan dimasa lampau.

Perubahan yang terjadi tersebut merupakan proses yang akan terjadi terus menerus dan terkadang perubahan yang terjadi pada masyarakat satu dengan lainnya tidak sama.

Para sosiolog mengklasifikasikan perubahan sosial pada masyarakat yaitu masyarakat statis dan masyarakat dinamis.

Arti dari masyarakat statis adalah masyarakat yang sedikit mengalami perubahan dan berjlaan lambat.

Meskipun masyarakat ini disebut dengan masyarakat statis akan tapi mereka akan tetap mengalami perubahan.

Sedangkan masyarakat dinamis adalah masyarakat yang mengalami perubahan dengan sangat cepat.

Manusia sendiri memiliki peranan yang vital terhadap perubahan didalam masyarakat.

Perubahan yang terjadi sesuai dengan sifat dasar manusia yang selalu ingin melakukan perubahan.

Hal ini dikarenakan manusia tidak pernah akan puas terhadap pencapaiannya dan ingin selalu mencari hal baru untuk mengubah keadaaan menjadi lebih baik sesuai dengan kebutuhannya.

Baca juga | Ciri-Ciri Perubahan Sosial yang Terjadi di Masyarakat

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Arti Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi karena terdapat ketidaksesuaian antara unsur sosial yang berbeda dalam kehidupan masyarakat sehingga menghasilkan pola kehidupan yang baru.

Perubahan sosial ini terdiri dari perubahan dalam nilai sosial, norma sosial, susunan lembaga kemasyarakatn, tingakatan masyarakat, kelompok sosial, interaksi sosial, dll.

Untuk lebih memahami dan mendalami tentang perubahan sosial maka berikut adalah beberapa pengertian perubahan sosial menurut para ahli :

1. Kingsley Davis

menurut Kingsles Davis, Pengertian perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada struktur dan fungsi masyarakat.

Menurut Kingsley Davis, munculnya pengorganisasian buru pada masyarakat kapitalis dapat menyebabkan perubahan dalam hubungan antara buruh dengan majikan dan seterusnya sehingga menyebabkan perubahan pada organisasi ekonomi dan politik.

2. John Lewis Gillin dan John Philip Gillin

John Lewis Gillin dan John Philip Gillin menyatakan bahwa perubahan sosial adalah variasi dari cara hidup yang diterima dan dapat disebabkan oleh adanya perubahan kondisi geografis, komposisi penduduk, kebudayaan material, ideolaogi atau juga karena adanya difusi dan penemuan baru didalam masyarakat.

3. Selo Soemarjan

Menurut Selo Soemarjan, pengertian perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakat didalam masyarakat yang dapat mempengaruhi sistem sosial seperti nilai, sikap atau pola perilaku diantara kelompok masyarakat.

4. Robert M MacIver

Menurut Robert M MacIver, pengertian perubahan sosial adalah perubahan yang terdapat didalam hubungan sosial (social relationships) atau sebagai perubahan dalam keseimbangan hubungan sosial (equilibrium).

5. William F. Ogburn

Pengertian perubahan sosial menurut William F. Ogburn adalah perubahan sosial yang ditekankan pada situasi teknologis yang dapat menyebabkan perubahan pada aspek kehidupan sosial seperti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berpengaruhi terhadap pola pikir masyarakat.

6. Wibert Moore (2008 : 15)

Menurut Wibert Moore, perubahan sosial bukan merupakan gejala masyarakat modern akan tetapi sebuah hal yang universal bagi kehidupan manusia.

7. Soekanto (2005: 103)

Definisi dari perubahan sosial menurut Soekanto adalah variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima baik itu disebabkan karena kondisi georgrafis, kebudayaan, komposisi penduduk, ideologi serta adanya difusi atau penemuan baru didalam masyarakat.

8. Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, pengertian perubahaan sosial adalah semua perubahan pada lembaga kemasyarakatan didalam masyarakat yang dapat mempengaruhi sistem sosialnya termasuk nilai-nilai, perilaku dan sikap diantara kelompok masyarakat.

9. Abdul Syani (1995: 83)

Menurut Abdul Syani, pengertian perubahan adalah sebuah proses yang dapat mengakibatkan keadaan saat ini berbeda dengan keadaan sebelumnya dimana perubahan tersebut dapat berupa kemunduran ataupun kemajuan.

Baca juga | Pengertian CSR (Corporate Social Reponsibility), Manfaat dan Prinsip

Bentuk Perubahan Sosial

Didalam kehidupan masyarakat maka kita dapat menemukan berbagai bentuk Perubahan Sosial yang dapat meliputi :

Perubahan Sosial secara Lambat

Jenis perubahan sosial ini lebih dikenal dengan istilah evolusi yang merupakan perubahan-perubahan yang memerlukan waktu lama berjalan dengan sendirinya secara alami dan tanpa rencana atau kehendak tertentu

Perubahan Sosial secara Cepat

Jenis perubahan sosial ini sering disebut dengan istilah revolusi, dimana selain dapat terjadi secara cepat namun juga terkait dengan hal-hal mendasar bagi kehidupan masyarakat dan sering menimbulkan disintegrasi dalam kehidupan sosial, ekonomi dan politik.

Perubahan Sosial Kecil

Jenis perubahan sosial selanjutnya adalah perubahan sosial kecil yang merupakan perubahan yang terjadi pada unsur – unsur struktur sosial yang tidak membawa pengaruh langsung atau berarti bagi masyarakat karena tidak berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan dan lembaga kemasyarakatan.

Perubahan Sosial Besar

Pengertian dari perubahan sosial yang besar adalah perubahan yang dapat membawa pengaruh besar untuk berbagai aspek kehidupan, serta menimbulkan perubahan pada lembaga kemasyarakatan.

Perubahan Sosial yang Dikehendaki ( direncanakan)

Perubahan sosial yang direncanakan merupakan perubahan yang diperkirakan atau direncanakan terlebih dahulu oleh pihak-pihak yang akan mengadakan perubahan di dalam masyarakat.

Pihak-pihak yang menghendaki perubahan dinamakan Agent of change ( Agen perubahan ).

Perubahan Sosial yang tidak Direncanakan ( tidak Dikehendaki)

Jenis perubahan sosial tidak direncanakan atau di kehendaki adalah perubahan yang berlangsung tanpa direncanakan / dikehendaki oleh masyarakat dan di luar jangkauan pengawasan masyarakat.

Baca juga | Pengertian Sosialisasi, Tujuan, Proses, Tahapan Dan Jenis

Karakteristik Perubahan Sosial

Secara umum, perubahan sosial terdapat beberapa karakteristik yaitu :

  • Pengaruh besar unsur kebudayaaan material terhadap unsur immaterial
  • Perubahan yang terjadi pada struktur dan fungsi masyarakat.
  • Perubahan pada hubungan sosial atau perubahan keseimbangan hubungan sosial.
  • Sebuah variasi dari cara hidup yang di terima, baik itu perubahan geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi karena difusi atau penemuan baru pada masyarakat.
  • Modifikasi yang terjadi pada pola kehidupan manusia
  • Semua bentuk perubahan pada lembaga kemasyarakatan di dalam sebuah masyarakt yang bisa mempengaruhi sistem sosial termasuk nilai, sikap serta prilaku pada kelompok masyarakat.

Baca juga | Faktor Pendorong Perubahan Sosial di Masyarakat

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Sosial

Suatu penyebab seringkali diartikan sebagai suatu fenomena yang diperlukan dan cukup mampu untuk menimbulkan akibat yang bisa diprakirakan.

Untuk menelusuri penyebab terjadinya perubahan sosial maka perlu untuk menganalisa fenomena yang cukup kompleks.

Secara umum faktor yang mempengaruhi perubahan sosial dapat dibagi yaitu faktor yang bersumber dari dalam (internal) masyarakat itu sendiri dan yang bersumber dari luar (eksternal) masyarakat tersebut:

Faktor Internal

Faktor penyebab yang bersumber dari dalam (internal) masyarakat meliputi :

1. Bertambah dan berkurangnya penduduk.

Terjadinya pertumbuhan jumlah penduduk yang cepat bisa mengakibatkan terjadinya perubahan dalam struktur masyarakat terutama didalam lembaga kemasyarakatan.

Begitu juga sebaliknya, bila jumlah penduduk terus berkurang maka dapat terjadinya kekosongan baik itu didalam pembagian kerja atau stratifikasi sosial yang dapat mempengaruhi lembaga kemasyarakatan yang tersedia.

2. Penemuan-penemuan baru

Proses sosial dan budaya yang besar dapat terjadi dengan cepat bila terdapat inovasi atau penemuan baru.
Penemuan baru yang dapat berpengaruh terhadap perubahan sosial dapat dibedakan menjadi dua yaitu discovery dan invention.

Discovery adalah penemuan kebudayaan baru yang memiliki bentuk alat ataupun gagasan yang diciptakan oleh seseorang atau ciptaan individu.

Dan pada akhirnya discovery ini akan menjadi invetion bila masyarakat telah mengakui, menerima dan juga menerapkan penemuan baru itu.

3. Pertentangan

Pertentangan dimasyarakat dapat terjadi antara individu dengan kelompok atau juga kelompok dengan kelompok.

Contohnya adalah pertentangan yang terjadi antara generasi muda dengan generasi tua dimana generasi muda lebih menyenangi kebudayaan asing sedangkan generasi tua tidak menyenanginya.

4. Terjadinya pemberontakan atau revolusi

Terjadinya pemberontakan atau revolusi didalam masyarakat dapat berdampak pada perubahan tatanan yang berlaku pada lembaga kemasyarakatan.

Hal ini dapat dikarenakan terjadinya perbedaan kebijaksanaan atau ide-ide didalam masyarakat.

Baca juga | Teori Perubahan Sosial di Dalam Masyarakat dan Sosiologi

Faktor Eksternal

Faktor penyebab yang bersumber dari luar (eksternal) masyarakat meliputi :

1. Lingkungan alam fisik

Terjadinya bencana alam didalam masyarakat dapat mengakibatkan masyarakat terpaksa untuk pindah ketempat lainnya.

Dengan perpindahan masyarakat ketempat yang baru akan memaksa masyarakat untuk beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga hal ini akan membuat perubahan pada lembaga sosial yang ada.

2. Peperangan

Peperangan yang terjadi didalam masyarakat dapat mengakibatkan terjadinya perubahan sosial pada suku atau negara yang kalah.

Secara umum, pemenang peperangan akan memaksakan kebiasaan mereka kepada masyarakat yang mengalami kekalahan.

3. Pengaruh kebudayaan masyarakat lain

Salah satu faktor yang mempengaruhi perubahan sosial adalah pengaruh dari kebudayaan asing.

Pengaruh kebudayaan asing ini bisa mempengaruhi terjadinya perubahan sosial didalam masyarakat yang ada.

Hal ini biasa terjadi dari dua kebudayaan masyarakat yang akan saling mempengaruhi satu sama lainnya.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Perubahan Sosial, Bentuk dan Faktor yang Mempengaruhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *