Pengertian Propaganda

Pengertian Propaganda Adalah, Tujuan, Fungsi dan Jenis-Jenis

Posted on

Pengertian Propaganda – Secara etimologi, propaganda berasal dari bahasa Latin yaitu “propagare” yang memiliki arti mengembangkan atau memekarkan.

Istilah propaganda tersebut mucul dari kalimat CONGREGATIO DE PROPAGANDA FIDE pada tahun 1622 saat Paus Gregorius XV mendirikan organisasi dengan tujuan mengembangkan dan memekarkan agama katolik Roma baik itu di Italia atau di negara-negara lainnya.

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti propaganda adalah penerangan (faham, pendapat, dsb) yang benar atau yang salah, yang dikembangkan dengan tujuan menyakinkan orang banyak agar menganut aliran, faham, sikap atau arah tindakan tertentu dan biasanya disertai dengan janji yang muluk-muluk.

The Grolier International Dictionary mendefinisikan propaganda sebagai penyebaran dengan sistematis doktrin tertentu atau pernyataan yang di rekayasa, yang merefleksikan aliran pikiran, pandangan atau kepentingan.

Baca juga | Pengertian Opini Adalah, Ciri-Ciri, Jenis dan Unsur

Pengertian Propaganda Menurut Para Ahli

propaganda adalah

Berikut adalah beberapa pengertian propaganda menurut para ahli :

lrawanto (2004)

Pengertian propaganda menurut Irawan adalah seni permainan kata dalam berkomunikasi yang rumusan pesannya dirangkai tanpa pertimbangan benar atau salah yang disebarkan secara sistematis dengan metode dan teknik tertentu serta perencanaan yang matang menggunakan berbagai alat komunikasi untuk mempengaruhi pendapat, sikap dan perilaku masyarakat atau massa.

Qualter

Menurut Qualter, pengertian propaganda adalah sebuah usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh beberapa individu atau kelompok yang membentuk, mengawasi atau mengubah sikap dari kelompok lain dengan menggunakan media komunikasi dengan tujuan bahwa setiap situasi yang tersedia, reaksi dari mereka yagn dipengaruhi akan seperti yang di inginkan oleh propagandis.

Barnays

Menurut Barnays, pengertian propaganda modern adalah sebuah usaha yang bersifat konsisten dan terus menerus untuk menciptakan atau membentuk peristiwa untuk mempengaruhi hubungan publik terhadap usaha atau kelompok.

Leonard W.Dobb

Pengertian propaganda Menurut Leonard W.Dobb adalah upaya sistematis yang di lakukan oleh individu yang masing-masing berkepentingan untuk mengontrol sikap kelompok, individu lainnya dengan cara meggunakan sugesti dan sebagai akibatnya mengontrol kegiatan tersebut.

Ralph D. Casey

Menurut Ralph D. Casey, pengertian propaganda adalah upaya yang dilakukan dengan sengaja dan sadar untuk menetapkan sikap atau mengubah pendapat yang berhubungan dengan doktrin atau program dipihak lain merupakan sesuatu yang sadar dari lembaga komunikasi untu menyebarkan faktra dalam semangat objektivitas dan kejujuran.

Drs. R.A Santoso Sastropoetro

Menurut Drs. R.A Santoso Sastropoetro, pengertian propaganda adalah penyebaran pesan yang terlebih dahulu di rencanakan dengan teliti untuk mengubah sikap, pandangan, pendapat, tingkah laku dari penerima komunikasi dengan pola yang ditetapkan komunikator.

Drs. R. Roekomy

Menurut Drs. R. Roekomy, pengertian propaganda adalah usaha untuk mempengaruhi orang lain atas dasar faktor psikologis terkait sesuatu yang baru dan belum diakui kebenarannya agar berbuat sesuatu dengan yang diharapkan.

Baca juga | Pengertian Komunikasi Politik, Tujuan, Fungsi, Unsur-Unsur dan Bentuk

Tujuan Propaganda

Tujuan Propaganda

Tujuan propaganda menurut Liliweri (2011), yaitu :

1. Mempengaruhi Opini Publik

Kegiatan propaganda tidak hanya ditujukan untuk mengkomunikasikan fakta kepada publik tetapi juga menyampaikan fakta yang bisa mempengaruhi opini publik terhadap isu tertentu.

Perubahan opini publik tersebut bisa kearah yang positif atau ke arah yang negatif.

2. Memanipulasi Emosi

Kegiatan propaganda dapat dilakukan dengan memanipulasi emosi bahkan pada umumnya dilakukan dengan teknik yang membahayakan.

Dengan propaganda, propagandis akan memanipulasi kata, suara, simbol, pesan verbal atau non verbal agar dapat membangkitkan emosi audiens.

Baca juga | Iklan Politik Adalah : Pengertian, Tujuan, Jenis-Jenis Beserta Contohnya

Fungsi Propaganda

Berikut adalah beberapa fungsi propaganda dari pemikiran Hitler :

  • Menarik perhatian massa terhadap fakta, proses, kepentingan dan sebagainya yang kita ciptakan dan mengandung nilai yang berarti.
  • Mengantarkan informasi yang mampu membangkitkan dan mendorong semangat yang mengendur.
  • Mengarahkan opini publik internasional agar selaras dengan pikiran propagandis (pemberi berita).
  • Menyampaikan kebenaran propagandis kepada massa dan membentuk visi massa
  • Melayani hak kita sendiri
  • Mempengaruhi sikap dan tindakan massa terhadap suatu ide atau kondisi tertentu.

Jenis-Jenis Propaganda

Bila dilihat dari sejarahnya, teori propaganda mengalami banyak perubahan secara evolusioner sejalan dengan dinamika perkembangan masyarakat.

Berikut beberapa jenis propaganda, yaitu

1. Di lihat dari sumbernya

Bila dilihat dari sumbernya, jenis propaganda dapat dibagi menjadi :

  • Concealed Propaganda (Propaganda Tertutup) : sumber propaganda ini tertutup sehingga tidak diketahui siapa sumbernya.
  • Revealed Propaganda (Propaganda Terbuka ) : sumber propaganda ini disebutkan dengan jelas dan secara terbuka.
  • Delayed Revealed Propaganda (Propaganda Tertunda) : sumber propaganda ini pada mulanya dirahasiakan akan tetapi kemudian akan terbuka dan jelas

2. Di lihat dari metodenya

Bila dilihat dari metodenya, jenis propaganda dapat terbagi menjadi :

  • Coersive Propaganda : propaganda yang dilancarkan dengan metodhe ancaman atau kekerasan.
  • Persuasive Propaganda : propaganda jenis ini menggunakkan metodhe penyampaian pesan-pesan yang menimbulkan rasa tertarik sehingga target propaganda senang dan rela melakukan sesuatu.

3. Di lihat dari Sistemnya

Bila dilihat dari sistemnya, propaganda dapat terbagi menjadi :

  • Symbolic interaction Propaganda : propaganda yang menggunakan simbol-simbol dengan menggunakan lambang komunikasi yang penuh arti.
  • Propaganda by the deed: propaganda yang menggunakan perbuatan nyata untuk memaksa target menerima pesan dan melakukan tindakan sebagaimana yang dikehendaki.

3. Di lihat dari Sifatnya

Bila dilihat dari sifatnya, propaganda dapat terbagi menjadi :

  • White Propaganda , yaitu propaganda putih yang dilakukan secara jujur, benar, sportif dan memiliki sumber yang jelas.
  • Black Propaganda : propaganda hitam yang di jalankan dengan cara yang licik sebagai senjata taktis untuk menipu, penuh kepalsuan, tidak jujur,tidak mengenal etika dan cenderung berfikir sepihak.
  • Grey Propaganda , yaitu propaganda Abu-abu yang dilakukan oleh kelompok atau sumber yang tidak jelas serta isi pesan dapat menimbulkna keraguan, mengacaukan pemikiran, dll.
  • Rational Propaganda atau propaganda rasional adalah propaganda yang mengungkap dengan jelas sumbernya dan tujuannya pun dijelaskan secara rasional.

Baca juga | Pengertian Strategi Adalah, Jenis-Jenis dan Tingkatan

Syarat-syarat Propaganda

Pesan propaganda secara teoritis harus diulang-ulang karena teknik pengulangan ini penting dan merupakan dasar dalam aktivitas propaganda.

Berdasarkan dari beberapa pengertian propaganda menurut para ahli diatas terdapat beberapa syarat yang harus diperhatikan :

  • Terdapat pihak-pihak yang menyebarkan pesan
  • Kegiatan propaganda dilakukan secara terus menerus
  • Adanya proses penyampaian, ide atau gagasan, kepercayaan atau doktrin
  • Bertujuan untuk mengubah opini, sikap dan perilaku individu atau kelompok
  • Dilakukan dengan cara yang sistematis prosedural dan dengan perencanaan yang matang.
  • Sebuah program yang memiliki tujuan yang jelas.

Baca juga | Pengertian Gejala Sosial, Jenis, Faktor yang Mempengaruhi dan Contoh

Teknik-Teknik Propaganda

Teknik Propaganda

Untuk menjalankan propaganda dibutuhkan teknik-teknik agar tujuan dari propaganda agar dierima oleh pihak yang dimaksud.

Berikut adalah beberapa teknik propaganda :

Name calling

Teknik memberikan cap buruk kepada individu, kelompok, bangsa, ras, kebijakan para praktisi, kepercayaan dan cita-cita tertentu.

Tujuan teknik name calling adalah agar pembaca atau pendengar bisa menolak dan mengutuk objek propaganda.

Propagandis berupaya untuk membangkitkan kebencian serta ketakjuban masyarakat pada sesuatu.

Glittering Generalities

Dalam teknik propaganda ini menyamakan sesuatu yang dipropagandakan dengan tujuan yang mulia, luhur dan pada umumnya menggunakan pernyataan yang mengesankan.

Propagandis akan berusa untuk membangkitkan perasaan cinta, ikhlas dan persaaan langsung pada hati masyarakat pada program atau kepentingan yang tertentu.

Testimonial

Pada teknik ini, propagandis dapat memberikan kesaksian terkait dengan kebaikan atau keburukan sesuatu.

Kesaksian ini memiliki tujuan untuk mempengaruhi massa untuk mengikutinya.

Transfer

Pada teknik propaganda ini menggunakan pengaruh dari seorang tokoh yang paling berpengaruh pada lingkungan tertentu.

Propagandis memanfaatkan wibawa kesepakatan dan kehormatan sebagai alat untuk memperkuat penerimaan masyarakat.

Pada umumnya, jenis teknik propaganda ini menggunakan simbol-simbol seperti bendera yang mengambarkan suatu bangsa.

Card Stacking

Teknik propaganda ini dapat mengarahkan masyarakat pada pemikiran yang dikehendaki.

Pada teknik ini dapat digunakan seni untuk mengelabui demi untuk kepentingan kelompok, bangsa, kepercayaan dan cita-cita.

Plain Folkz

Teknik propaganda Plain Folkz merupakan teknik yang dilakuan dengan upaya merakyat dan menyederhana untuk mendapatkna kepercayaan dari masyarakat.

Para politisi, pemimpin organisasi, usahawan, pejabat negara, dll akan tampil dan berusaha menjadi bagian dari masyarakat itu sendiri.

Band Wagon Technique

Tujuan dari teknik Band Wagon Technique adalah membuat seseorang mengikuti aksi banyak orang yang sudah sesuai dengan keingian propagandis.

Reputable Mouthpiece

Teknik Reputable Mouthpiece merupakan teknik propaganda yang dilakukan dengan menyatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan

Pada umumnya teknik ini digunakan untuk menyanjung seseorang namun tidak tulus.

Using All Form of Persuations

Teknik Using All Form of Persuations merupakan teknik untuk merayu orang lain dengan menggunakan rayuan, himbauan atau juga menggunakan iming-iming.

Penggunaa teknik ini sering kita jumpai saat peristiwa pemilihan umum.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Propaganda Adalah, Tujuan, Fungsi dan Jenis-Jenis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *