Pengertian Reklame

Pengertian Reklame Adalah, Tujuan, Fungsi, Ciri-Ciri dan Jenis

Posted on

Pengertian Reklame Adalah – Istilah reklame berasal dari bahasa Spanyol yaitu “re” dan “clamos” serta bahasa Latin yaitu “re” dan “clame”.

Kata “re” memiliki arti berulang-ulang sedangkan “clame” atau “clamos” dapat diartikan berteriak sehingga reklame dapat dikatakan sebagai suatu teriakan yang dilakukan berulang-ulang.

Di dalam kamus umum bahasa Indonesia, pengertian reklame adalah pemberitahuan kepada khalayak umum terkait dengan barang dagangan dengan pujian atau gambar, dsb, yang bertujuan agar barang dagangan tersebut menjadi lebih laku.

Baca juga | Pengertian Iklan, Tujuan dan Manfaat Iklan yang Harus Diketahui

Pengertian Reklame Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian reklame menurut para ahli :

Barata (1988: 210)

Pengertian reklame menurut barata adalah aktivitas yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi atau memberikan sebuah ide, barang atau jasa dengan maksud untuk menarik perhatian orang-orang terkait dengan ide, barang atau jasa yang di informasikan tersebut.

Panji (1990: 120)

Menurut Panji, pengertian reklame adalah semua kegiatan yang memiliki tujuan untuk memperkenalkan barang atau jasa atau hal lain dengan maksud untuk menarik perhatian.

Peraturan Walikota Denpasar No.3 Tahun 2014

Menurut Peraturan Walikota Denpasar No. 3 Tahun 2014 terkait tentang penyelenggaraan reklame, pengertian reklame adalah benda, alat, perbuatan atau media yang menurut bentuk susunan dan corak ragamnya untuk tujuan komersial di pergunakan untuk memperkenalkan, menganjurkan atau memuji barang, jasa atau orang ataupun untuk menarik perhatian umum kepada satu barang, jasa atau orang yang ditempatkan atau dapat dilihat, dibaca dan atau didengar dari suatu tempat oleh umum, kecuali dilakukan Pemerintah Daerah.

Baca juga | Pengertian Poster, Jenis-Jenis, Ciri-Ciri, Tujuan dan Syarat

Tujuan Reklame

Walaupun secara garis besarnya, tujuan reklame adalah untuk tujuan komersial namun terdapat juga reklame non komersial.

Berdasarkan dari tujuan pembuatan reklame, jenis reklame dapat terbagi menjadi 2 (dua), yaitu :

1. Reklame Komersial (ekonomis).

Pengertian reklame komersial adalah reklame yang di buat untuk menawarkan barang atau jasa.

Di harapkan dengan reklame tersebut, reklame dapat menarik pembeli untuk menggunakan produk yang ditawarkan dan keuntungan yang didapat akan lebih banyak.

Jenis reklame ini banyak dimanfaatkan oleh pedagang atau pengusaha untuk meningkatkan keuntungan mereka.

2. Reklame Non-Komersial (sosial)

Pengertian Reklame Non-Komersial (sosial) adalah reklame yang dibuat untuk menghimbau atau mengajak orang lain untuk melakukan sesuatu.

Pada umumnya keuntungan yang di dapat dari Reklame Non-Komersial (sosial) adalah tidak langsung dan bukan materi belaka.

Baca juga | Ciri-Ciri Bahasa Iklan yang Menarik Dan Baik Dalam Pemasaran

Ciri-Ciri Reklame

Untuk mengenali reklame maka terdapat ciri-ciri khusus yang dapat terlihat untuk membedakannya denga media promosi lainnya.

Berikut adalah ciri-ciri reklame, diantaranya adalah :

  • Kalimat atau kata yang digunakan didalam reklame harus singkat, padat dan jelas agar mudah untuk dimengerti oleh masyarakat umum.
  • Agar reklame yang dipasang mendapatkan perhatian mak aharus dibuat dengan menarik dan mencolok.
  • Setiap pesan atau informasi yang disampaikan dalam reklame harus jujur dan tidak dibuat-buat.
  • Pada umumnya reklame harus disampaikan dengan berulang-ulagn sehingga akan banyak masyarakat yang mengetahui pesan yang ingin disampaikan.

Baca juga | Pengertian Billboard Adalah, Ciri-Ciri, Jenis dan Cara Pemasangan

Fungsi Reklame

Pada dasarnya, fungsi reklame adalah sebagai media informasi untuk memberikan informasi atau pesan iklan kepada masyarakat umum.

Berikut beberapa fungsi reklame, diantaranya adalah :

  • Memberikan informasi kepada khalayak ramai terkait dengan sebuah merek, barang atau jasa.
  • Mempengaruhi serta mengajak masyarakat untuk membeli atau menggunakan sebuah produk atau jasa.
  • Memberikan kesan positif kepada masyakarat terkait dengan produk atau jasa yang disampaikan.
  • Memberikan kepuasan kepada konsumen.
  • Menjadi media atau alat komunikasi antara penjual dengan calon pembeli.

Baca juga | Pengertian Baliho Adalah, Ciri-Ciri, Fungsi, Manfaat dan Jenis

Jenis Reklame

Secara umum, reklame dapat dibagi menjadi 3 (tiga) kategori yaitu jenis, lokasi penempatan dan masa izin.

Sedangkan menurut rumusan Pasal 1 angka 40 Peraturan Walikota Denpasar No. 3 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Reklame di Kota Denpasar, jenis reklame dapat terbagi menjadi :

1. Reklame Berdasarkan Jenisnya

Jenis Reklame berdasarkan jenisnya dapat terdiri dari :

  • Selebaran/brosur/leafleat : reklame yang memiliki bentuk lembaran lepas, diselenggarakan dengan cara disebarkan, diberikan, di jual atau di minta dengan ketentuan tidak ditempelkan, dilekatkan dipasangm di gantungkan dengan benda lainnya.
  • Stiker atau melekat : jenis reklame yang memiliki bentuk lembaran lepas yang disebarkan diberikan atau diminta untuk dapat di lekatkan, ditempelkan, dipasang, digantung pada benda dengan ketentuan lebarnya tidak melebihi 100 cm.
  • Kain/Spanduk/Umbul-Umbul : Jenis reklame yang di selenggarakan dengan menggunakan bahan kain juga dapat berupa plastik, karet atau bahan lainnya yang sejenis seperti bendera, tenda, umbul-umbul, karet, karung, dll.
  • Film/Slide : Jenis reklame yang terbuat dari klise, kaca, film atau bahan-bahan lainnya yang sejenis yang dapat di jadikan sebagai alat proyeksi atau dipancarkan pada layar atau benda lainnya didalam ruang.
  • Reklame udara : jenis reklame yang dapat dijalankan diudara dengan menggunakan gas, laser, pesawat, dll.
  • Reklame Suara : jenis reklame yang dijalankan dengan cara menggunakan kata yang diucapkan atau kata yang timbul dari atau oleh perantara alat.
  • Peragaan : Jenis reklame peragaan merupakan reklame yang dijalankan dengan cara memperagakan barang dengan atau tanpa suara.
  • Megatron, Videotron, Led : Jenis reklame yang memakai layar monitor besar dapat berbentuk program reklame atau iklan bersinar atau tidak, dengan menggunakan gambar atau tulisan berwarna yang dapat berubah dan difungsikan oleh listrik.
  • Billboard/Papan : reklame yang dibuat dari seng, alumunium, fiberglass, kaca, b atu logam dan bahan sejenis yang dipasang pada tempat yang telah sediakan seperti dipasang pada tembok, dinding, pagar, pohon, tiang, dll.
  • Reklame Berjalan : Jenis reklame berjalan sering disebut juga dengna reklame transit yaitu reklame yang dipasang pada kendaraan atau pada benda yang mobile baik menggunakan kendaraan atau dibawa orang.
  • Baliho : reklame yang terbuat dari papan kayu atua bahan sejenis yang dipasang pada tiang atau kontruksi lainnya yang bersifat tidak permanen.

2. Jenis Reklame Berdasarkan lokasi penempatannya.

Bila dilihat dari lokasi penempatannya maka jenis reklame dapat terbagi menjadi :

  • Reklame Indoor : Jenis reklame yang berada didalam bangunan dengan tujuan untuk menarik perhatian orang-orang didalam gedung itu sendiri.
  • Reklame Outdoor : jenis reklame yang berada di luar bangunan dengan tujuan untuk menarik mata masyarakat diluar gedung.

3. Jenis Reklame Berdasarkan dari Izinnya

Bila dilihat dari izinnya maka jenis reklame dapat terbagi menjadi :

  • Reklame Insidentil : Jenis reklame yang memiliki jangka waktu izin kurang dari satu tahun dan biasanya jenis reklame ini yang dijalankan pada masa-masa tertentu.
  • Reklame Tetap : jenis reklame yang memiliki izin dengan jangka waktu satu tahun (contohnya reklame megatron, videotron, led, billboard, dll.

4. Jenis Reklame berdasarkan dari media penyampaiannya

Bila dilihat dari media penyampaiannya maka reklame dapat terbagi menjadi :

  • Audio : reklame yang disampaikan lewat suara yang diterima dengan indra pendengaran.
  • Visual : reklame yang disampaiakan lewat tulisan, gambar, atau tulisan dan gambar, yang dapat diterima dengan indra penglihatan.
  • Audio dan Visual : reklame yang disampaikan lewat tulisan, gambar dan suara.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Reklame Adalah, Tujuan, Fungsi, Ciri-Ciri dan Jenis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *