pengertian resiko usaha

Pengertian Resiko Usaha Dan Contoh Resiko Usaha

Posted on

Pengertian resiko usaha – Di dalam menjalankan bisnis tentu kita akan selalu di hadapkan pada dua pilihan yaitu sukses atau gagal. Bukanlah hal yang mudah menjalankan bisnis karena sebuah bisnis bukan hanya sekedar keuntungan tapi juga resiko mengalami kegagalan dan kerugian.

Oleh sebab itu untuk memulai sebuah usaha di butuhkan tingkat keberanian, tekad dan juga strategi bisnis yang mumpuni.

Keberanian, tekad dan strategi bisnis yang bagus ini dibutuhkan seorang pebisnis untuk menghadapi tantangan seperti menghadapi resiko bisnis.

Ketika anda menjalankan bisnis tentunya anda akan menghadapi berbagai tantangan serta kesulitan yang terus datang. Segala tantangan dan juga kesulitan tersebut sering kita sebut dengan isilah resiko usaha.

Pengertian resiko usaha

pengertian resiko usaha dan contoh resiko usaha

Sebelum kita membahas tentang resiko usaha maka sebaiknya anda mengetahui pengertian resiko usaha.

Resiko usaha merupakan hal yang tidak terpisahkan di dalam menjalankan bisnis. Namun di sinilah seni dari sebuah bisnis karena dengan resiko-resiko tersebutlah sebuah usaha dapat berkembang dengan pesat.

Ketidakpastian dalam menjalankan bisnis ini sering menjadi alasan utama mengapa banyak orang yang enggan menjadi pebisnis.

Kata resiko merupakan kata serapan dari bahasa inggris yaitu risk yang dapat diartikan sebagai kendala, kegagalan, hambatan, bahaya atau kerugian.

Beberapa pengertian resiko menurut para ahli
  1. Arthur William dan richard,M.H. : Resiko adalah variasi dari hasil yang mungkin terjadi pada periode tertentu
  2. Soekarto : Resiko adalah ketidakpastian atas terjadinya sebuah peristiwa.
  3. Herman Darmawi : Resiko adalah probabilitas hasil yang berbeda dengan harapan.
  4. Prof Dr. Ir. Soemarno, M.S. : Resiko adalah ketidakpastian di masa depan tentang kerugian.
  5. Subekti : Pengertian resiko adalah kewajiban untuk memikul kerugian yang di akibatkan oleh kejadian di luar kesalahan salah satu pihak.

Berdasarkan dari pendapat beberapa ahli diatas tentang pengertian resiko maka dapat di simpulkan bahwa resiko adalah sesuatu kemungkinan yang dapat terjadi dan berakibat pada kerugian.

Pengertian resiko usaha adalah kemungkinan buruk seperti kendala, kegagalan, hambatan, kerugian yang mungkin timbul dimasa depat akibat dari upaya untuk menalankan usaha yang dilakukan saat ini.

Meskipun seorang pebisnis harus berani untuk mengambil resiko bukan berarti bahwa pebisnis tetap harus tetap mengukur dan mempertimbangkan dengan matang. Dengan pertimbangan yang matang maka pebinis akan lebih siap ketika resiko tersebut timbul menjadi kenyataan.

Menurut Abbas Salim, ketidakpastian resiko yang di hadapi ini disebabkan oleh 3 (tiga) faktor berikut :

  1. Ketidakpastian ekonomi ( Economic Uncertainly Caused)
  2. Ketidak pastian yang disebabkan oleh alam ( Nature Uncertainly Caused)
  3. Ketidakpastian prilaku (Human Uncenrtainly Caused)

Selain ketiga faktor diatas sebenarnya ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi ketidakpastiaan. Beberapa faktor yang adpat mempengaruhi timbulnya resiko di antaranya faktor sosial, ekonomi, lingkungan, kemajuan teknologi, dll.

Kesalahan dalam pemasaran dan juga kesalahan pembuatan keputusan juga dapat menimbulkan resiko.

Baca juga | Cara Memulai Usaha Kuliner yang Menjanjikan Untuk Pemula

Contoh resiko usaha

contoh resiko usaha

Dalam menjalankan usaha, seorang pebisnis harus berani dan memperhitungkan dengan matang segala resiko yang mungkin timbul.

Oleh sebab itu dalam sebelum anda menjalankan bisnis sebaiknya lakukan riset dan analisa usaha agar resiko dapat terukur.

Berdasarkan kontrolnya, resiko usaha dapat di kategorikan menjadi 2 (dua) yaitu :

a. Resiko usaha yang dapat dikendalikan

Kategori resiko usaha ini merupakan resiko yang sudah di prediksi dari awal. Sebagai contoh, usaha yang baru mulai namun penjualan masih jauh dari target. Hal ini tentunya membuat usaha tersebut tidak mendatangkan keuntungan dan pengembalian modal.

Namun resiko usaha ini masih dapat di kendalikan oleh pebisnis dalam beberapa waktu. Pebisnis akan mempelajari penyebab produk mereka tidak laku kemudian memperbaikinya.

Jika produk baru tersebut masih belum mengalami perbaikan penjualan maka pebisnis dapat menghentikan memasarkan produk tersebut dan mengganti dengan produk lainnya.

b. Resiko usaha yang tidak dapat di kendalikan

Kategori resiko usaha ini berbeda dengan resiko yang dapat dikendalikan dan masih dapat di carikan solusi.

Jenis resiko yang tidak dapat di kendalikan oleh pebisnis seperti penipuan, kebakaran, pencurian, dll. Kejadian-kejadian tidak terprediksi tersebut merupakan resiko yang tidak terprediksi dan di duga sebelumnnya.

Jika anda masih baru terjun ke dalam dunia bisnis sebaiknya perhatikan beberapa contoh resiko usaha berikut :

1. Persaingan atau kompetisi

Persaingan atau kompetisi merupakan resiko yang harus dihadapi oleh setiap pengusaha. Hal ini disebabkan oleh semakin majunya sebuah bisnis secara otomatis akan bermunculan pesaing usaha yang sejenis.

Timbulnya persaingan ini terkadang menimbulkan resiko tinggi akibat terjadinya persaingan tidak sehat. Persaingan yang tidak sehat ini dapat menyebabkan kerugian bagi para pelaku bisnis.

2. Perkembangan teknologi

Perkembangan dunia teknologi yang pesat dapat membantu pebisnis dalam mengembangkan bisnis baik dari segi kualitas maupun kuantitas penjualan. Oleh sebab itu pebisnis modern harus mampu beradaptasi dengan teknologi agat tidak tertinggal dengan kompetitor.

Namun saat ini banyak pebisnis di Indonesia yang tidak mengikuti perkembangan teknologi sehingga banyak usaha yang mulai gulung tikar.

3. Kehilangan kepercayaan konsumen

Hal paling penting dalam menjalankan usaha adalah menjaga kepercayaan konsumen. Kehilangan kepercayaan konsumen dapat di sebabkan oleh berbagai hal seperti kualitas produk yang buruk, kesalahan pemberian harga, kesalahan pengiriman dan pelayanan purna jual.

Beberapa kesalahan ini dapat memberikan dampak negatif sehingga anda akan di tinggalkan oleh konsumen.

4. Resiko finansial

Ketika anda memulai bisnis maka anda harus siap dengan penghasilan yang tidak tetap. Hal ini dikarenakan dalam menjalankan bisnis tidak selamanya mendapatkan keuntungan dalam jumlah yang besar.

Tentunya hal ini akan menjadi kendala sehingga harus mempersiapkan mental dan mempersiapkan solusi sehingga tidak berdampak buruk bagi kehidupan anda.

5. Perubahan peraturan pemerintah

Perubahan peraturan pemerintah dapat menjadi resiko terhadap kelangsungan bisnis anda. kesalahan dalam mengantisipasi perubahan pemerintah dapat mempengaruhi kegiatan bisnis sehingga dapat berpengaruh pada pemasaran dan penjualan.

Selain itu pastikan usaha yang anda jalankan telah mematuhi setiap peraturan pemerintah sehingga dapat menjalankan bisnis dengan tentang dan aman.

Baca juga | Contoh Usaha Kreatif Dan Ide Bisnis Unik yang Menjanjikan

6. Resiko lingkungan

Dampak lingkungan yang di timbulkan oleh usaha anda harus diperhatikan. Contohnya anda memiliki usaha makanan yang menghasilkan limbah berbahaya.

Maka pastikan bahwa limbah yang dihasilkan di buang dengan tepat sehingga ramah terhadap lingkungan.

7. Resiko pemasaran

Salah satu kunci keberhasilan bisnis adalah proses pemasaran yang efektif dan tepat. Oleh sebab itu seorang pebisnis harus menguasai berbagai teknik pemasaran agar produk yang anda jual dapat di terima oleh konsumen.

Jika anda tidak menguasai teknik pemasaran yang efektif dan tepat dapat beresiko terhadap jumlah penjualan produk anda.

Untuk menguasai teknik pemasaran ini maka anda dapat belajar dengan membaca buku, ikut seminar ataupun mencari berbagai informasi tentang pemasaran di internet.

Baca juga | Pengertian Peluang Usaha Dan Ciri-ciri Peluang Usaha yang Potensial

Kesimpulan

resiko usaha adalah

Resiko usaha adalah hal yang tidak dapat di pisahkan dari bisnis. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang yang tidak mau memulai usaha karena mereka takut untuk mengambil resiko.

Namun sebenarnya resiko tersebut dapat anda kelola dengan melakukan indentifikasi, evaluasi dan juga mengendalikan resiko.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian resiko usaha dan contoh resiko usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *