pengertian segmentasi pasar

Pengertian Segmentasi Pasar, Manfaat dan Syarat-Syaratnya

Posted on

Pengertian segmentasi pasar – Konsep segmentasi pasar untuk pertama kali di perkenalkan oleh smith sekitar tahun 1950-an. Dia adalah orang yang pertama menyadari tentang pentingnya segmentasi pasar.

Dasar dari segmentasi pasar adalah perkembangan permintaan pasar dan penyesuaian produ atau pemasaran yang rasional untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Sejak itulah, segmentasi pasar menjadi pendekatan pemasaranyang dapat diterima dan digunakan secara luas.

Pengertian segmentasi pasar adalah proses evaluasi dan pengelompokan konsumen agar memungkinkan upaya pemasaran yang tertarget.

Segmentasi pasar dilakukan ketika anda membagi pengunjung atau pelanggan menjadi segmen atau kelompok berdasarkan kualitas yang dimiliki.

Sebuah bisnis yang melakukan segmentasi pasar akah lebih memahami dan memenuhi kebutuhan konsumen yang berbeda dan dapat meningkatkan upaya pemasaran dan menawarkan produk terbaik.

Pengertian segmentasi pasar menurut para ahli

pengertian segmentasi pasar menurut para ahli

Pengertian segmentasi pasar adalah proses membagi pelanggan, atau pelanggan potensial, di pasar ke dalam berbagai kelompok, atau segmen, di mana pelanggan berbagi tingkat minat yang sama dalam satu set, atau sebanding, serangkaian kebutuhan yang dipenuhi oleh proposisi pemasaran yang berbeda ( McDonald & Dunbar, 2004 ).

Segmentasi pasar melibatkan mengumpulkan calon pembeli ke dalam kelompok yang memiliki kebutuhan umum dan akan merespon sama dengan tindakan pasar ( Kerin, 2011 ).

Kedua pengertian segmentasi pasar menurut para ahli diatas maka dapat disimpulkan bahwa segmentasi pasar diciptakan untuk membagi pelanggan menjadi kelompok yang serupa.

Hal ini menunjukkan bahwa segmentasi pasar merupakan langkah untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi target pasar yang potensial.

Cara ini adalah cara terbaik untuk mencapai tujuan dengan cara memecah pasar secara keseluruhan menjadi kelompok pelanggan yang kecil dan terkait.

Baca juga | Pengertian Manajemen, Fungsi Manajeman Serta Unsur Manajemen

Syarat segmentasi pasar

segmentasi pasar adalah

untuk membuat segmentasi pasar menjadi berguna maka proses ini harus memiliki syarat dan karakteristik yang terukur.

Contohnya

Jika pebisnis ingin menargetkan segmen pasar secara efektif maka dia harus berhati-hati dalam melakukan evaluasi karakteristik untuk memastikan investasinya tidak terbuang karena mencoba menjangkau konsumen yang salah.

Berikut adalah beberapa syarat segmentasi pasar :

Definisi

Segala atribut segmen pasar harus jelas dan memiliki definisi yang baik. Hal ini bertujuan untuk menghindari kondisi timpang tindih dalam melakukan pemasaran sehingga terjadi pemborosan atau inefisiensi.

Target pasar di setiap segmen harus memiliki respon yang berbeda satu sama lainnya karena bila cara respon setiap segmen sama maka definisi ini masih kabur atau tidak begitu berbeda..

Aksesibilitas

Salah satu syarat dari segmentasi pasar adalah harus dapat dijangkau.

Oleh sebab itu dalam melakukan segmentasi pasar harus mempertimbangkan kebiasaan dari target pasar serta strategi komunikasi untuk mempengaruhi mereka.

Selain itu, pebisnis harus mempertimbangkan geografis dan juga distribusi agar dapat melayani segmen pasar dengan baik

Baca juga | 5 Konsep Manajemen Pemasaran Di Era Modern Saat Ini

Ukuran atau besarnya segmentasi pasar

Syarat selanjutnya dalam segmentasi pasar adalah mengukur dan mengevaluasi besarnya potensi target pasar.

Walaupun tujuan dari segmentasi pasar adalah mempersempit pasar menjadi beberapa kelompok namun tetap harus mempertimbangkan segmen yang cukup luas.

Dengan memilih segmentasi pasar yang besar dan luas dapat memberikan keuntungan yang lebih bagi perusahaan dibandingkan dengan segmen pasar yang sempit.

Tindakan

Hal terakhir yang menjadi syarat segmentasi pasar adalah apakah bisnis tersebut dapat memenuhi kebutuhan segmen pasar.

Terkadang segmen pasar yang telah kita evaluasi merupakan target yang menarik tapi jika bisnis anda tidak dapat memenuhi kebutuhan pasar maka sebaiknya anda memilih segmen yang lain.

Oleh sebab itu anda harus benar-benar memilih segmentasi pasar yang tepat dan dapat untuk dilaksanakan.

Baca juga | Pengertian manajemen risiko, Tahapan, Tujuan dan Jenis-Jenisnya

Manfaat segmentasi pasar

manfaat segmentasi pasar

Berikut adalah beberapa manfaat segmentasi pasar :

1. Menghemat waktu dan uang

Manfaat paling besar dari segmentasi pasar dapat membantu anda menghemat uang dan waktu karena hanya melayani kelompok tertentu.

Anda tidak akan lagi membuat waktu dan uang hanya untuk pemasaran yang efektif karena target pasar anda telah ditentukan berdasarkan dari data pelanggan.

Baca juga | Faktor Keberhasilan Wirausaha Secara Umum Bagi Pebisnis

2. Membantu untuk menentukan peluang pasar

Dengan segmentasi pasar maka perusahaan dapat mempelajari berbagai kelompok pasar dan tingkat kepuasan atas penawaran yang ada.

Apabila terjadi ketidakpuasan dari konsumen atas penawaran yang ada dalam segmen tersebut maka perusahaan dapat menjadikan hal ini sebagai peluang dengan menciptakan produk yang sesuai dengan segmen tersebut.

Hal ini tentunya dapat membantu perusahaan untuk menentukan peluang usaha pasar yang sesuai dengan segmen.

Baca juga | Pengertian Manajemen Pemasaran, Tujuan Dan Fungsinya

3. Membantu membuat sistem pemasaran yang tepat

Dengan adanya segmentasi pasar maka perusahaan dapat memahami berbagai pola pikir konsumen dan hal ini dapat membantu untuk menyesuaikan sistem pemasaran dengan target pasar.

Hal ini akan membuat konsumen semakin merasa bahwa produk tersebut sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan mereka.

4. Menentukan harga produk

Di dalam pemasaran produk, hal yang paling penting adalah menentukan harga jual produk yang tepat.

Oleh sebab itu anda dapat menggunakan segmentasi pasar untuk mengidentifikasi harga yang tepat untuk menargetkan pelanggan baru di berbagai pasar serta menetapkan harga yang sesuai

Hal ini dapat membantu untuk memastikan bahwa penawaran harga yang di berikan tidak terlalu mahal bagi pelanggan anda.

Baca juga | Macam-Macam Resiko Usaha Dalam Manajemen Resiko

5. Membantu strategi distribusi

Manfaat dari segmentasi pasar lainnya adalah dapat membantu dalam mengidentifikasi strategi distribusi yang optimal untuk produk anda.

Contohnya sebuah perusahaan pakaian mengidentifikasi saluran distribusi yang tepat yang sesuai segmen pasar yang telah ditentukan.

Baca juga | Tujuan Segmentasi Pasar Dalam Pemasaran Produk

Pentingnya Segmentasi pasar bagi pemasaran

definisi segmentasi pasar

Segmentasi pasar sangat penting bagi pemasaran karena dapat memudahkan marketer untuk mempersonalisasikan kampanye mereka.

Dengan menentukan target pasar pada kelompok yang tersegmentasi maka pemasar dapat lebih efisien dengan waktu, uang dan sumber daya lainnya daripada mereka menargetkan konsumen yang luas.

Pengelompokan konsumen yang serupa memungkinkan pemasar untuk menargetkan konsumen tertentu dengan biaya yang lebih murah.

Pada saat pemasar membagi pasar berdasarkan karakteristik dan mempersonalisasikan strategi berdasarkan informasi tersebut maka peluang keberhasilan akan jauh lebih tinggi dibandingkan mereka membuat kampanye yang umum dan menerapkannya pada semua segmen.

Dengan demikian, segmentasi pasar dapat mengurangi risiko kampanye pemasaran yang tidak efektif dan gagal.

Selain itu pemasar dapat mengunakan segmentasi pasar ini untuk membuat prioritas target pasar mereka.

Apabila segmentasi pasar menunjukkan konsumen yang memiliki kemungkinan membeli produk mereka maka pemasar akan mengerahkan perhatian dan sumber daya yang ada dengan lebih baik.

Baca juga | Tugas Manajer Pemasaran yang Jarang di Ketahui

Kesimpulan

Jadi apakah pengertian dari segmentasi pasar ?

Pengertian segmentasi pasar adalah proses pembagian pasar secara keseluruhan menjadi kelompok konsumen yang memiliki karakteristik dan kebutuhuhan yang serupa.

Sederhananya, pengertian segmentasi pasar adalah mengelompokkan konsumen kedalam beberapa kelompok dimana dalam setiap kelompok terdiri dari konsumen yang memiliki kesamaaan satu sama lainnya.

Setiap kelompok konsumen ini dapat disebut dengan segmen pasar atau bagian dari pasar.

Tahapan selanjutnya, perusahaan akan menguji serta mengevaluasi setiap segmen dan akan memilih segmen pasar yang akan mereka targetkan.

Segmen pasar yang dipilih ini kemudian akan disebut dengan target pasar.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Segmentasi Pasar, Manfaat dan Syarat-Syaratnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *