pengertian sistem hukum

Pengertian Sistem Hukum Adalah, Macam Macam, dan Unsur Unsur

Posted on

Pengertian Sistem Hukum – Secara garis besar, sistem hukum merupakan kesatuan dari unsur-unsur yang masing-masing saling berinteraksi dan juga bekerja sama dalam rangka untuk mencapai sebuah tujuan kesatuan itu sendiri.

Susunan tersebut merupakan kesatuan yang dapat tersusun dari bagian-bagian yang dinakaman dengan subsistem hukum yang secara bersama membentuk kesatuan utuh.

Bila dilihat secara sempit maka pengertian sistem hukum adalah kesatuan hukum yang dibatasi dari segi materiil dan substasi hukum.

Sistem hukum ini dapat dikatakan sebagai seluruh aturan hukum yang sudah disusun secara sistematis dan terpadu atas dasar asas-asas tertentu.

Baca juga | Pengertian Hukum Adalah, Tujuan, Fungsi, Ciri-Ciri dan Jenis

Pengertian Sistem Hukum Menurut Para Ahli

Untuk lebih mendalami maka berikut adalah beberapa pengertian sistem menurut para ahli :

Sudikno Mertukusumo

Menurut Sudikno Mertukusumo, pengertian sistem hukum adalah kesatuan yang dapat terdiri dari unsur-unsur yang memiliki interaksi satu sama lainnya serta bekerja sama dalamrangka untuk mencapai tujuan kesatuan tersebut.

Bellefroid

Menurut Bellefroid, pengertian sistem hukum adalah serangkaian kesatuan peraturan hukum yang di susun dengan tertib menurut asas-asasnya.

Mariam Darus Badrulzaman

Menurut Mariam Darus Badrulzaman, pengertian sistem hukum adalah kumpulan dari asas terpadu yang menjadi landasan sebagai masyarakat tertib hukum.

Scolten

Scolten mendefinisikan sistem hukum adalah kesatuan pada sistem hukum tidak terdapat peraturan hukum yang bertentangan dengan peraturan hukum lainnya dari sistem tersebut.

Subekti

Arti sistem hukum menurut Subekti adalah sebuah susunan atau tatanan yang teratur dimana terdiri dari bagian yang terkait dengan satu sama lainnya.

Baca juga | Pengertian Norma Hukum Adalah, Tujuan, Ciri-Ciri, Jenis dan Sifat

Macam Macam Sistem Hukum

Menurut M Friedman, sistem hukum adalah suatu sistem yang dapat terdiri dari subtansi hukum dan budaya hukum.

Unsur Unsur sistem hukum ini dapat terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu :

1. Substance (Substansi Hukum)

Arti dari substansi hukum merupakan hakikat isi yang dikandung pada peraturan perundangan-undangan.

Substansi ini dapat terdiri dari seluruh aturan hukum baik itu secara tertulis atau tidak tertulis seperti hukum materiil, hukum formil dan hukum adat.

2. Struktur Hukum (Structure)

Pengertian dari struktur hukum merupakan tingkatan atau susunan dari hukum, pelaksana hukum, lembaga hukum, peradilan dan pembuat hukum.

Struktur hukum terdiri dari 3 hal penting, yaitu :

  • a. Beteknnis System : seluruh aturan, kaidah dan asas hukum yang terumus kedalam sistem pengertian.
  • b. Intellingen : pranata dan pejabat pelaksana hukum yang seluruhnya adalah elemen operasional.
  • Beslissingen en handelingen : putusan atau tindakan nayata, baik itu dari pejabat hukum atau dari masyarakat.

3. Legal Culture (kultur Hukum)

Kultur hukum merupakan bagian kultur dan pelaksana hukum, cara bertindak serta bersikap baik yang memiliki dimensi untuk membelokkan kekuatan sosial untuk mendekati atau menjauhi hukum.

Kultur hukum adalah gambaran dari perilaku dan sikap pada hukum itu serta seluruh faktor yang menentukan bagaimana sistem hukum mendapatkan tempat dalam kerangka budaya masyarakat.

Baca juga | Pengertian Hukum Perdata Adalah, Sistematika, Azas, Objek dan Subjek

Sistem Hukum Di Indonesia

Di Indonesia, sistem hukum merupakan percampuran antara beberapa sistem hukum yaitu hukum agama, adat dan juga hukum negara belanda.

Hukum negara belanda digunakan di Indonesia karena Belanda pernah menjajah Indonesia selama 3.5 abad.

Maka tidak mengherankan bila banyak hal yang diwariskan kepada bangsa indonesia termasuk sistem hukumnya.

Unsur Unsur Sistem Hukum

Menurut Lili Rasyidi dan I.B. Wyasa Putra, terdapat unsur unsur atau komponen didalam sistem hukum yaitu :

  • Masyarakat hukum : himpunan kelompok kesatuan hukum, baik individu atau kelompok yang strukturnya dapat di tentukan oleh tipenya masing-masing.
  • Budaya hukum : pemikiran manusia dalam usahanya mengatur kehidupannya, di kenal tiga budaya hukum masyarakat hukum yaitu budaya hukum tertulis, tidak tertulis dan kombinatif.
  • Filsafat hukum : formulasi nilai tentang cara mengatur kehidupan manusia yang dapat bersifat umum, dapat bersifat khusus.
  • Ilmu pendidikan hukum : media komunikasi antara teori dan praktik hukum juga merupakan media pengembangan teori-teori hukum, desain-desain, dan formula-formula hukum praktis.
  • Konsep Hukum : formulasi kebijaksanaan hukum yang ditetapkan oleh suatu masyarakat hukum yang berisi tentang budaya hukum yang dianutnya, berisi formulasi nilai hukum yang dianutnya dan mengenai proses pembentukan, penetapan, pengembangan dan pembangunan hukum yang hendak dilaksanakannya.
  • Pembentukan hukum : bagian proses hukum yang meliputi lembaga, aparatur, dan sarana pembentukan hukum, menurut konsep hukum yang telah ditetapkan termasuk prosedur yang harus dilewatinya.
  • Bentuk hukum : hasil proses pembentukan hukum yang bisa berbentuk peraturan perundang-undangan dan juga dapat berbentuk keputusan hakim.
  • Penerapan hukum : proses kelanjutan dari proses pembentukan hukum yang terdiri dari lembaga, aparatur, saran serta prosedur penerapan hukum.
  • Evaluasi hukum : pengujian kesesuaian antara hukum yang berbentuk dengan konsep yang telah ditetapkan sebelumnya, dan pengujian kesesuaian antara hasil penerapan hukum dengan undang-undang dan tujuan hukum yang telah ditetapkan sebelumnya dalam konsep ataupun dalam peraturan perundang-undangan

Baca juga | Pengertian Hukum Pidana Adalah, Tujuan dan Fungsi

Ciri-Ciri Sistem Hukum

Berikut adalah ciri-ciri sistem hukum, yaitu :

  • Terdapat perintah dan larangan
  • Memiliki sanksi tegas kepada seseorang yang melanggar
  • Memiliki perintah atau larangan yang harus ditaati oleh semua masyarakat.

Semua orang harus berbuat sedemikian rupa untuk menjaga ketertiban didalam masyarakat sehingga hukum yang terdiri dari peraturan yang menentukan dan mengatur hubungan antara orang yang satu dengan orang lainnya.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Sistem Hukum Adalah, Macam Macam, dan Unsur Unsur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *