pengertian sosialisasi

Pengertian Sosialisasi, Tujuan, Proses, Tahapan Dan Jenis

Posted on

Pengertian Sosialisasi – Pada dasarnya, sosialisasi adalah suatu proses yang dilakukan oleh individu sepanjang hidupnya yang berkaitan dengan cara individu tersebut mempelajari nilai dan norma yang berlaku di masyarakat agar dia dapat berkembang.

Sosialisasi juga dapat di definisikan sebagai proses yang dialami oleh seseorang dari masyarakat yang meliputi sikap, kebiasaan, norma, nilai, pengetahuan, harapan, dll.

Hal ini dapat dartikan bahwa sosialisasi adalah proses pembinaan kepribadiaan seseorang agar dapat berkompromi dengan tuntutan kelompok dan kebudayaannya.

Pada artikel ini akan mencoba untuk membahas secara singkat tentang apa itu sosialisasi serta tujuan, proses serta tahapannya.

Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian Sosialisasi menurut para ahli :

Suyono (1985: 379)

Menurut Suyono, pengertian Sosialisasi adalah proses individu belajar berintegrasi dengan sesamanya dalam suatu masyarakat menurut sistem nilai, norma dan adat istiadat yang mengatur masyarakt bersangkutan.

Suharto (1991: 112)

Menurut Suharto, pengertian sosialisasi adalah proses orang yang menyesuaikan diri dengan norma sosial yang berlaku dengan tujuan agar orang yang bersangkutan dapat diterima menjadi anggota masyarakat.

Goslin dan Ihrom (1999: 30)

Menurut Goslin dan Ihrom, pengertian sosialisasi adalah proses belajar yang di alami oleh seseorang untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai dan norma-norma agar dia bisa berpartisipasi sebagai anggota dalam kelompok masyarakat.

Charles R Wright

Definisi sosialisasi menurut Charles R Wright merupakan sebuah proses individu mendapatkan budaya dari kelompoknya dan menginternalisasikan pada tingkat tertentu norma sosial sehingga dapat membimbing orang tersebut dalam memperhitungkan harapan orang lain.

Maclever (2013: 175)

Menurut Maclever, pengertian sosialisasi adalah proses untuk mempelajari norma, nilai, peran dan syarat-syarat lainnya yang dibutuhkan untuk berpartisipasi secara efektif di dalam kehidupan sosial.

Greenberg

Pengertian sosialisasi menurut Greenberg adalah sebuah proses mentransformasi seseorang kepada pihak lain agar dapat ikut dan berpartisipasi aktif sebagai anggota organisasi.

Gibson

Pengertian sosialisasi menurut Gibson adalah proses untuk mempelajari norma, nilai, peran dan seluruh syarat lainnya yang dibutuhkan agar dapat berpartisipasi secara aktif didalam kehidupan sosial.

Peter L Berger

Menurut Peter L Berger, pengertian sosialisasi adalah proses dimana seseorang belajar untuk menjadi anggota masyarakat.

Baca juga | Pengertian Akomodasi | Arti, Tujuan, Fungsi dan Bentuk Akomodasi

Tujuan sosialisasi

Pada dasarnya tujuan sosialisasi adalah membangun hubungan kerja sama dengan beragam komponen masyarakt dan lembaga yang ada.

Dengan adanya kerjasama tersebut maka diharapkan seluruh anggota masyarakat akan merasa memiliki dan mereka tidak hanya menerima manfaatnya belaka.

Secara umum, tujuan sosialisasi memiliki beberapa tujuan diantaranya :

1. Memperkenalkan hal yang ingin disampaikan

Dengan sosialisasi maka diharapkan dapat menyampaikan pesan pada masyarakat yang ditargetkan.

Oleh sebab itu, seseorang yang akan melakukan sosialisasi harus dapat menentukan target dengan tepat agar tepat sasaran.

2. Menarik Perhatian

Kegiatan sosialisasi harus dikemas dengan bentuk yang dapat menarik perhatian agar target akan tertarik dan dapat menerima pesan yang telah disampaikan.

Cara lainnya adalah menggunakan tokoh masyarakat atau memberikan sponsor kepada suatu acara dengan menonjolkan kelebihan dari program yang diperkenalkan.

3. Mencapai pemahaman

Sosialisasi yang memiliki perencanaan yang baik dapat memudahkan masyarakat memahami pesan yang di sampaikan pada mereka.

Dengan pesan yang jelas, pemanfaat media yang tepat serta storytelling yang menarik dapat menyampaikan kepada pengguna secara tepat dan cepat.

4. Perubahan sikap

Ketika sosialisasi telah dapat dipahami maka organisasi mengharapkan adanya tanggapan dari target atas kegiatan sosialisasi tersebut.

5. Tindakan

Pada akhirnya, tujuan sosialisasi adalah mempertahankan organisasi dengan peningkatan hasil yang dicapai akibat meningkatnya pengguna yang memanfaatkan barang dan jasa yang ditawarkan.

Di sinilah tujuan akhir dari sosialisasi adalah terjadinya tindakan calon pengguna yang di target untuk memanfaatkan barang dan jasa yang disosialisasikan.

Baca juga | Pengertian CSR (Corporate Social Reponsibility), Manfaat dan Prinsip

Proses Sosialisasi

Pengertian sosialisasi secara umum adalah proses seseorang untuk berinterkasi dengan sesamanya didalam masyarakat sesuai dengan sistem nilai, norma serta adat istiadat yang berlaku di dalam masyarakat.

Menurut Duncan Mitchel, pengertian sosialisasi adalah bagian dari proses budaya, komunikasi dan pengajaran melalui organisme tumbuh dan menyatu dan berpartisipasi dengan kehidupan sosial dari lingkungan dan proses ini akan berlangsung terus menurus selamanya untuk membentuk sikap manusia.

Proses sosialisasi dapat dilakukan secara langsung ataupun melalui proses tidak langsung.

Proses sosialisasi yang dilakukan secara langsung dapat dilakukan seperti bertatap muka atau mengobrol di kehidupan sehari-hari.

Sedangkan proses sosialisasi secara tidak langsung dapat dilakukan melalui berbicara di telepon, media masa, dll.

Proses sosialisasi ini dapat dilakukan dengan baik bila setiap individu menyadari bahwa mereka sedang bersosialisasi dengan budaya yang ada.

Namun proses ini dapat dipaksakan bila didalam proses ini terdapat tujuan atau kepentingan tertentu.

Pengaruh lingkungan sekitar juga bisa mempengaruhi proses sosialisasi dimana individu harus bersikap sesuai dengan masyarakat disekitarnya.

Di sinilah pentingnya individu untuk mempelajari setiap norma, nilai dan budaya yang berlaku didalam masyarakat tersebut.

Proses sosialisasi juga sangat erat kaitan dengan penyesuaian diri.

Menurut J. Piaget dan Farida Hanum, proses penyesuaian diri ini dapat terbagi menjadi dua pola, yaitu :
Individu mengubah dirinya denganmenyesuaikan dengan lingkungan sekitar (akomodasi)
Individu mengubah lingkungan yang disesuaikan dengan dirinya (asimilasi).

Baca juga | Pengertian Budaya Organisasi, Fungsi, Karakteristik, Jenis-Jenis dan Tipe

Tahapan dan Jenis Sosialisasi

Menurut Robert MZ Lawang terdapat beberapa tahapan dan jenis sosialisasi didalam masyarakat,yaitu :

Sosialisasi Primer

Arti dari sosialisasi primer adalah proses sosialisasi yang pertama kali dijalankan sejak mereka masi kecil.

Tahapan sosialisasi ini adalah awal untuk seluruh anggota masyarakat ketika mereka menjadi anggota sebuah kelompok masyarakat.

Tahapan ini dapat dimulai dari keluarga dimana individu akan mempelajari bagaiman membedakan dirinya dengan orang lain disekitar.

Di dalam tahapan sosialisasi ini, keluarga memiliki peranan yang sangat vital bagi individu karena disinilah pertama kali individu memperoleh pelajaran tentang budaya, agama, aturan, dll.

Sosialisasi Sekunder

Sosialisasi sekunder adalah tahapan sosialiasi selanjutnya yang dilakukan oleh individu.

Pada tahapan ini, individu akan belajar untuk mengenal lingkungan diluar keluarga seperti nilai, norma yang ada dilingkungan masyarakat.

Jenis sosialiasi ini memiliki tujuan agar individu bisa menerima nilai atau norma yang berlaku di lingkungan sekitar.

Pada dasarnya, sosialisasi sekunder ini dapat menentukan sikap seseorang karena sikap karena hal ini dapat menentukan kemampuan mereka dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Sosialisasi, Tujuan, Proses, Tahapan Dan Jenis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *