pengertian storytelling

Pengertian Storytelling Dan Manfaatnya Dalam Copywriting

Posted on

Pengertian storytelling – Bagi seorang copywriter, kemampuan untuk mendongeng (storytelling) adalah keharusan untuk dimiliki. Mereka harus membuat copywriting atau promosi yang alami yang di bingkai dalam cerita menarik.

Dengan memberikan sentuhan storytelling maka narasi yang disampaikan akan menghidupkan kata dan pesan yang disampaikan dalam copywriting mudah dimengerti pembaca.

Namun banyak copywriter yang mengalam kesulitan ketika mereka harus menuliskan sebuah storytelling karena harus mempromosikan sebuah brand.

Kesulitan ini biasanya dikarenakan banyaknya brand sejenis didalam pasaran dan mereka harus membuat yang menonjol diantara brand sejenis lainnya. Copywriter harus mempresentasikan nilai-nilai brand, visi perusahaan bahkan karakter nada suara storytelling.

Dengan membuat storytelling yang bagus tentunya akan meningkatkan reputasi brand dan juga menyegarkan ingatan masyarakat tentang brand tersebut.

Baca juga | Formula Copywriting : 17 Rumus Untuk Membuat Storytelling

Pengertian Storytelling

arti storytelling

Pengertian storytelling adalah teknik atau kemampuan dalam bercerita tentang kisah, peristiwa, adegan atau dialog. Storytelling ini akan menyajikan sebuah cerita dengan cara, gaya, intonasi yang dapat menarik minat pembaca.

Di dalam dunia digital storytelling sering didefinisikan secara berbeda dan sering di kaitkan dengan pemasaran konten atau cerita yang akan disampaikan kepada pelanggan.

Storytelling untuk brand biasanya diambil berdasarkan sejarah perusahaan dan misi-misi perusahaan tersebut. Dengan kata lain storytelling ini mempresentasikan karakter brand lewat cerita.

Walau demikian didalam membuat storytelling harus tetap memperhatiakn karakter pembaca, pintar mengatur intonasi dalam kata.

Jika pembaca dapat memahami cerita atau storytelling yang disampaikan dan terhibut maka teknik storytelling anda berhasil.

Storytelling adalah sebuah konsep bagi pemasar untuk menjadi berbeda dengan kompetitor. Dalam hal ini pemasar akan mencoba menawarkan potensi dengan cara menghipnotis pembaca mereka.

Oleh sebab itu pada saat ini Storytelling telah menjadi bagian penting dari strategi pemasaran.

Manfaat storytelling
  • Storytelling yang baik dapat menarik perhatian pembaca. Dengan membingkai promosi dengan cerita yang menarik tentunya akan menjadi faktor ketertarikan pembaca untuk memperhatikan copywriting anda.
  • Storytelling membuat pesan anda mudah di ingat bagi pembaca. Membungkus copywriting tentunya akan mudah di ingat oleh pembacanya apalagi storytelling yang dibuat memang menarik.
  • Manfaat lain dari storytelling adalah pesan yang ingin anda sampaikan akan lebih mudah untuk difahami oleh pembaca. Tentunya ini akan sangat efektif jika diterapkan didalam iklan anda.

Teknik Storytelling

storytelling adalah

Setelah anda mengetahui tentang pengertian storytelling dan juga beberapa manfaatnya maka sekarang kita akan membahas tentang beberapa teknik cara mebuat story teling.

Cara membuat storytelling yang bagus maka kebanyakan copywriter menggunakan teknik storytelling paling populer yaitu

Monomyth

Monomyth adalah cara membuat storytelling dengan menggunakan kisah perjalanan pahlawan. Struktur stroytelling ini dipopulerkan oleh Joseph Campbell.

Di dalam Monomyth biasanya pahlawan akan meninggalkan tempat asal lalu melakukan perjalanan sulit untuk mencapai sebuah tujuan. Kemudian pahlawan akan kembali ke tempat asal setelah berhasil dengan memperoleh tujuan mereka seperti pengetahuan atau keterampilan yang bermanfaat bagi orang banyak.

Teknik storytelling ini sangat relevan digunakan untuk membuat konten yang menginspirasi dengan menceritakan pengalaman seseorang dari awal hingga berhasil.

Sparklines

Teknik Sparkline adalah teknik storyteling dengan menceritakan perbedaan antara yang terjadi, harapan yang di inginkan dan langkah yang seharusnya dilakukan.

Sebelum membuat storytelling dengan teknik Sparkline biasanya copywriter akan melakukan pemetaan struktur cerita dengan kehidupan yang nyata.

Dengan menuliskan permasalahan yang dialami dalam kehidupan nyata tentunya ini akan menarik perhatian pembaca. kemudian anda sebagai copywriter harus dapat menuangkan harapan mereka serta langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Teknik storytelling ini sangat baik untuk mempengaruhi pembaca secara emosional dan mengajak pembaca untuk mengikuti solusi dari anda.

Start false

Teknik Start false adalah teknik bercerita dengan cara memulai dengan cerita tentang kegagalan kemudian dari kegagalan tersebut anda menemukan solusi yang inovatif untuk mengatasi dan memecahkan permasalahannya.

Start false sering digunakan untuk membuat storytelling yang menceritakan pengalaman kegagalan anda dan menjelaskan cara-cara anda menemukan solusi dan mengatasi kegagalan tersebut.

Teknik storytelling tersebut dapat digunakan anda untuk membantu membuat storytelling yang menarik. Namun yang harus menjadi memperhatikan relevansi antara storytelling dengan brand yang ingin di presentasikan.

Baca juga | Teknik Copywriting : 17 Hal Yang Harus Diketahui Dalam Tulisan Copywriter

Cara membuat storytelling yang menarik perhatian

pengertian storytelling adalah

Membuat storytelling yang menarik bukanlah hal yang mudah karena kita tidak hanya dituntut untuk membuat storytelling yang baik tapi juga harus mampu menarik perhatian.

Storytelling tersebut juga harus mampu menjadi jembatan komunikasi antara brand dengan pembacanya.

Beberapa cara mebuat storytelling yang menarik perhatian

  1. Menentukan tujuan dan target konsumen
  2. Membuat struktur cerita yang menarik
  3. Storytelling yang dibuat mencerminkan permasalahan pembaca
  4. Melengkapi dengan gambar atau video untuk mendukung cerita
  5. Menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami

Dengan mengikuti cara storytelling diatas maka anda akan lebih mudah dalam menuliskan sebuah storytelling yang dapat menarik perhatian.

Kesimpulan

Setelah anda memahami pengertian storytelling maka anda akan mengetahui bahwa storytelling tidak bisa lepas dari dunia pemasaran digital.

Dengan membuat storytelling yang berbeda tentunya akan menarik perhatian dari pembaca.

Demikanlah tentang pengertian storytelling dan manfaat storytelling dalam copywriting.

Semoga dapat bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *