pengertian swot

Pengertian SWOT : Apa Itu SWOT ? dan Tujuan analisis SWOT

Posted on

Pengertian SWOT

Apa itu pengertian SWOT ?

Pengertian SWOT adalah audit komprehensif dan analisis kompetitif yang menganalisa kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang di hadapi sebuah bisnis.

Analisis SWOT ini dapat membantu pebisnis untuk mengindetifikasi sesuatu yang dilakukan dengan baik, sehingga dapat memilih hal yang tepat untuk menghadapi kompetisi.

Analisis ini biasanya digunakan untuk menilai empat faktor berbeda yang terkait dengan situasi apapun.

  • Strengths (Kekuatan)
  • Weaknesses (Kelemahan)
  • Opportunities (Peluang)
  • Threats (Ancaman)

Semua faktor diatas dapat berupa situasi, organisasi atau pekerjaan seseorang. Hanya saja terdapat sedikit batasan mengenai penerapan SWOT.

Beberapa hal yang dapat mempengaruhi komponen SWOT tersebut dapat di bagi menjadi 2 (dua) yaitu :

1. Faktor Internal : Strengths (Kekuatan) dan Weaknesses (Kelemahan)

Dalam analisis SWOT, kekuatan dan kelemahan dianggap sebagai faktor internal yang sepenuhnya dapat dikontrol oleh organisasi itu sendiri.

Contohnya,

SDM yang berkualitas yang dimilik merupakan faktor Strengths (Kekuatan) sementara keterbatasan modal merupakan faktor Weaknesses (Kelemahan).

Baca juga | Pengertian Kreatif Serta Ciri-Ciri Orang Kreatif yang Jarang Di Ketahui

2. Faktor eksternal : Opportunites (peluang) dan Threats (Ancaman)

Peluang dan ancaman dalam analisis SWOT dianggap sebagai faktor eksternal yang mungkin atau tidak mungking di kontrol oleh organisasi.

Contoh,

Ketika kita mampu menjalin hubungan yang baik dengan supplier tentunya akan menjadi peluang yang bagus untuk memperoleh produk sementara munculnya pesaing-pesaing baru akan menjadi faktor ancaman bagi bisnis anda.

Analisis SWOT akan menganalisis secara menyeluruh setiap elemen kemudian perusahan harus mengelola dan mengembangkan kekuatan dan peluang. Sedangkan kelemahan serta ancaman sebisa mungkin harus di hilangkan.

Baca juga | Pengertian Inovasi : Apa Itu Inovasi ? Dan Ciri-Ciri Inovasi

Tujuan analisis SWOT

Tujuan melakukan analisis SWOT adalah membantu seseorang untuk memahami bisnis yang dimiliki dengan menghadirkan sudut pandang operasi perusahaan dari sudut yang berbeda.

Dalam bisnis yang baru, analisis ini sangat penting dilakukan untuk membantu proses perencanaan usaha. Dengan kata lain, analisis SWOT membantu usaha baru berada di rel yang benar.

Di dalam organisasi, analisis SWOT adalah kerangka kerja yang membantu menganalisis semua faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi perencanaan.

Perencanaan ini dapat berupa produk baru, proyek ataupun strategi yang akan dilakukan oleh perusahaan.

Dengan menggunakan metode yang sederhana dan tepat, analisis SWOT dapat membantu perusahaan untuk memahamo dinamika yang terjadi dengan situasi yang terjadi.

Analisis ini telah di adopsi oleh sejumlah perusahaan selama bertahun-tahun dan banyak contoh analisis SWOT yang berhasil di gunakan sebagai panduan perusahaan.

Baca juga | Pengertian Komputer, Jenis dan Fungsi Komputer di Dunia

Kesimpulan

Berdasarkan hasil dari analisis SWOT maka perusahaan dapat menentukan apakah proyek baru dapat direalisasikan atau tidak.

Apabila proyek tersebut direalisasikan maka perusahaan harus mempersiapkan sumber daya dan tindakan tambahan untuk membuat rencana tersebut berhasil.

Semua yang termasuk dalam analisis ini adalah sumber daya fisik, sumber daya manusia, pengalaman, pesaing pergerakan pasar, dll.

Kunci keberhasilan analisis SWOT adalah analisis ini dilakukan secara jujur dan tidak bias sehingga anda menutupi kelebihan anda dan juga tidak menyembunyikan kelemahan.

Analasis ini bersifat subyektif sepenuhnya oleh sebab itu biasanya proses analisis SWOT dilakukan oleh tim manajemen dalam sesi brainstroming.

Berdasarkan dari penjelasan di atas maka analisis SWOT memiliki manfaat untuk menganalisa strategi dalam sebuah perusahaan atau organisasi.

Analisis ini dapat membantu untuk meminimalisi segala kelemahan perusahaan serta ancaman yang mungkin timbul di masa mendatang.

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian SWOT : Apa Itu SWOT ? dan Tujuan Analisis SWOT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *