kegagalan bisnis startup

10 Kesalahan yang Menjadi Penyebab Kegagalan Bisnis Startup

Posted on

Penyebab kegagalan bisnis startup – Untuk memulai bisnis startup tidak mudah karena banyak hal yang harus dipikirkan dan keputusan yang harus di ambil secara cepat.

Tekanan yang sangat tinggi dapat menyebabkan anda memuat keputusan yang salah sehingga berbahaya bagi kesuksesan startup anda.

10 penyebab kegagalan bisnis startup

Terdapat beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan pebisnis startup pemula yang menyebabkan kegagalan bisnsi startup.

Berikut adalah beberapa kesalahan yang menjadi penyebab kegagalan bisnis startup :

1. Tidak membuat perencanaan yang matang

kesalahan bisnis startup

Kegagalan startup yang sering terjadi adalah tidak memiliki rencana yang tepat seperti berapa banyak orang yang dibutuhkan, tim seperti apa yang harus dimiliki pada tahap pertama, dll.

Terkadang startup kehabisan sumber daya yang ada dikarenakan mereka terlalu banyak membakar uang (burn rate) karena tidak memilii perencanaan yang baik.

Hal yang paling membosankan dalam membangun bisnis adalah tahap perencanaan. Namun tanpa adanya perencanaan seperti riset ide dan potensi pasar dapat membuat bisnis menjadi tidak teratur.

Perencanaan yang penting dan harus anda buat diantarannya perencanaan bisnis, perencanaan keuangan dan pemasaran.

Baca juga | Pengertian Startup dan Contoh Bisnis Startup Indonesia yang Sukses

2. Tidak menetapkan tujuan dengan jelas

penyebab bisnis startup gagal

Apabila bisnis anda memiliki tujuan tentunya akan memberikan arahan yang jelas kemana bisnis anda akan berjalan.

Oleh sebab itu anda harus memastikan bahwa bisnis tersebut akan berjalan pada arah sasaran atau tujuan bisnis.

Anda dapat menguraikan kemana arah bisnis anda dan mencoba untuk membuat langkah-langkah yang lebih detail untuk mencapai tujuan tersebut.

3. Produk tidak mampu menyelesaikan masalah pasar

kesalahan fatal bisnis startup

Salah satu penyebab kegagalan startup adalah mereka tidak menyelesaikan dan memberikan solusi terhadap masalah pasar yang ada.

Mereka tidak mampu mengembangkan produk yang dapat memberikan solusi terhadap kebutuhan pasar.

Para founder percaya diri bahwa produk mereka akan diterima namun pada kenyataannya konsumen tidak mengerti kegunaan dari produk baru tersebut.

Untuk itu, seorang pebisnis startup harus berpikir tentang pasar dan harus berubaha agar dapat menyesuaikan dengan visi mereka dan tidak mengabaikan realitas pasar.

Banyak produk pertama startup tidak dapat memenuhi pasar sehingga membutuhkan revisi untuk mendapatkan produk yang tepat.

Seberapapun hebatnya teknologi anda, reputasi besar, keahlian, dll tapi produk anda tidak dapat menyelesaikan masalah maka produk tersebut akan sulit diterima pasar.

Oleh sebab itu anda harus memastikan bawa produk startup anda dapat mengatasi atau memecahkan masalah berdasarkan kebutuhan pasar dam skalabel.

Baca juga | Cara Memulai Bisnis Startup Sendiri yang Sukses (Panduan 2018)

4. Kehabisan uang tunai

kegagalan perusahaan rintisan

Penyebab kegagalan sebuah startup adalah mereka menghabiskan uang terlalu banyak namun mendapatkan pendanaan yang sangat sedikit.

Hal ini akan membuat bisnis startup kehabisan uang tunai sehingga mereka harus melakukan pivot atau menutup startup mereka.

Oleh sebab itu seorang CEO harus benar-benar memahami tentang berapa banyak uang yang tersisa dan juga membawa perusahaan mendapatkan pendanaan dan arus kas yang positif.

Seorang CEO juga harus mengetahui bagaimana bereaksi ketika startup menghadapi titik tersulit hingga mereka dapat menjaga setiap uang yang dimiliki atau menahan pengeluaraan.

5. Tidak memiliki tim yang solid

penyebab kegagalan bisnis startup

Kesalahan yang paling sering menjadi penyebab kegagalan bisnis startup baru adalah tidak memiliki tim yang solid.

Tim manajemen yang tidak solid dapat membuat beberapa kesalahan diantaranya:

  • Tim manajemen yang lemah akan lemah dalam menjalankan strategi, membuat produk yang tidak ingin dibeli karena tidak dapat memvalidasi ide.
  •  Sulit dalam melakukan eksekusi produk pasar atau membangun produk dengan benar dan tepat.
  • Dll

Hal pertama yang harus diperhatikan untuk membentuk tim yang solid adalah memilih founder yang tepat.

Membangun bisnis startup merupakan perjalanan panjang dan apabila salah satu founder keluar atau berhenti akan berpengaruh terhadap bisnis startup secara keseluruhan.

Baca juga | Jenis-Jenis Bisnis Startup yang Populer Di Indonesia Saat Ini

6. Tidak mampu mengejar pertumbuhan bisnis startup

kegagalan startup

Tujuan startup bukanlah hanya bertujuan agar bisnis dapat berjalan dengan lancar namun juga mereka harus mencapai pertumbuhan yang cepat.

Hampir sekitar 10 % pemiliki startup menyatakan bahwa penyebab kegagalan bisnis mereka adalah tidak mengalami masalah pertumbuhan.

Ketika anda membangun model bisnis yang hanya berjalan pada ukuran tertentu maka model bisnis tersebut tidak dapat mendongkrak pertumbuhan bisnis.

Namun terkadang pebisnis tidak bisa fleksibel untuk mengubah model bisnis mereka sehingga mereka terjebak dan startup mereka berakhir pada kehancuran.

Baca juga | Cara Memilih Co-Founder yang Tepat Untuk Bisnis Startup Anda

7. Mengabaikan kompetisi

startup gagal

Banyak sekali pebisnis startup pemula yang mengabaikan kompetisi karena mereka terlalu percaya diri dengan ide hebat yang dimiliki.

Tapi hal ini justru sangat berbahaya ketika anda terlalu fokus pada diri anda sendiri dan mengabaikan kompetisi yang ada.

Ketika anda mengabaikan kompetisi sebenarnya anda telah gagal sebelum memulai karena hal ini terlalu berresiko dan kemungkinan keberhasilan startup sangat rendah.

Baca juga | Istilah Bisnis Startup Populer yang Wajib Anda Ketahui

8. Model bisnis yang salah

kegagalan model bisnis startup

Penyebab kegagalan bisnis startup paling umum adalah tidak memiliki model bisnis yang bagus dan skalable.

Kegagalan menemukan model bisnis yang tepat merupakan hal penting karena sangat berkaitan dengan cara untuk menghasilkan uang pada skala investor.

Mereka berasumsi bahwa mereka dapat membangun website, produk, layanan yang menarik sehingga pelanggan akan mencari mereka.

Untuk mencari model bisnis yang tepat maka anda dapat mencoba menjawab pertanyaan berikut :

  • Dapatkan anda menemukan cara yang terukur untuk menemukan pelanggan ?
  • Dapatkah anda menghasilkan uang dari pelanggan tersebut ?

Mereka tidak menyadari bahwa sebuah startup juga harus memberi perhatian terhadap biaya yang realistis untuk melakukan akuisisi pelanggan.

Oleh sebab itu ketika pebisnis tidak menyadari bahwa pentingnya model bisnis startup mereka agar mereka dapat menciptkan bisnis yang skalable.

9. Pemasaran yang buruk

kesalahan startup

Ketidakmampuan startup untuk memasarkan produk adalah kegagalan yang umum dialami oleh startup yang hanya mampu menciptakan produk atau membangun produk.

Mereka tidak mengetahui target pasar mereka dan bagaimana memperoleh pehatian dari audiens dan mengubahnya dari prospek menjadi pelanggan.

Dapat anda bayangkan perusahaan startup mampu membuat produk yang bagus namun tidak dipasarkan secara sistematis.

Baca juga | Apa itu Crowdfunding ? | Manfaat dan Jenis-Jenisnya

10. Tidak peduli terhadap pelanggan

alasan bisnis startup gagal

Hal yang paling tidak disukai oleh pebisnis adalah mereka harus menghabiskan banyak waktu untuk menguji produk mereka dipasaran.

Menguji produk dipasaran terkadang membuat founder tidak sabar sehingga mereka enggan untuk berbicara dengan pelanggan mereka untuk mengembankgakn produk sesuai dengan kebutuhan pasar.

Ketika anda tidak dapat memvalidasi target pasar anda maka anda tidak akan dapat membangun produk yang tepat.

Oleh sebab itu anda harus sangat peduli dengan pelanggan anda dan mengoptimalkan data yang anda dapatkan dari pelanggan anda.

Kesimpulan

Selain kesalahan startup diatas masih banyak kesalahan yang menjadi penyebab kegagalan bisnis startup lainnya.

Namun kesepuluh kesalahan bisnis startup diatas merupakan kesalahan paling umum dilakukan.

Apabila startup yang anda bangun mengalami kegagalan maka sebaiknya anda harus meluangkan waktu untuk mempelajari dan memahami apa yang salah dari bisnis anda.

Dengan demikian anda akan belajar dari kesalahan tersebut dan anda dapat menanganinya ketika bertemu dengan permasalahan yang sama dimasa depan.

Demikianlah pembahasan tentang 10 Kesalahan yang menjadi penyebab kegagalan bisnis startup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *