Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Posted on

Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Apakah perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan ?

Pada dasarnya akuntansi di dalam perusahaan dapat di bedakan menjadi 2 (dua) yaitu akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan.

Akuntansi keuangan adalah akuntansi yang memiliki fokus kepada hasil informasi untuk pihak eksternal perusahaan sedangkan akuntansi manajemen berfokus pada laporang bagi kepentingan pihak internal (manajemen).

Baca juga | Pengertian Akuntansi Manajemen, Tujuan dan Fungsi

Persamaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Sebelum membahas perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan berikut beberapa persamaan keduanya :

1. Menyediakan informasi

Persamaan yang pertama adalah kedua jenis akuntansi ini sama-sama menyediakan informasi dimana akuntansi manajemen menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan internal sedangkan akuntansi keuangan menghasilkan informasi laba rugi yang dapat berguna untuk pihak eksternal perusahaan.

2. Kegunaan

Metode di dalam akuntansi keuangan masih tergolong relevan bila digunakan untuk akuntamnsi manajemen sehinggga metode dapat digunakan dalam akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan.

3. Pengolahan data akuntansi

Persamaan kedua jenis akuntansi ini selanjutnya adalah Sistem akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan menggunakan sistem informasi yang sama sebagai sumber data dalam menghasilkan informasi yang akan diberikan pada pengguna.

Baca juga | Pengertian Akuntansi, Fungsi, Tujuan, Jenis-Jenis dan Siklus Akuntansi

Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Walaupun keduanya memiliki fungsi untuk menghasilkan laporan keuangan namun kedua jenis akuntansi tersebut memiliki beberapa perbedaan.

Perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan dapat dilihat dari beberapa faktor yaitu :

1. Pengguna utama

Pengguna utama didalam akuntansi manajemen adalah pihak internal perusahaan dimana pihak internal ini adalah seluruh tingkatan manajemen di dalam perusahaan.

Seluruh informasi yang terdapat didalam akuntansi manajemen dapat digunakan untuk menjalankan kegiatan perusahaan seperti perencanaan, pengendalian, penilaian kinerja serta untuk mengambil keputusan.

Sedangkan pengguna akuntansi keuangan adalah pihak eksternal perusahaan yang pada umumnya di sajikan dalam bentuk laporan laba rugi, laporan posisi keuangan perusahaan, laporan arus kas, dll.

Dengan laporan yang dihasilkan didalam akuntansi keuangan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan untuk menentukan apakan akan menanamkan investasi atau justru menarik seluruh investasi yang ada di dalam perusahaan.

2. Tujuan

Perbedaan keduanya adalah dari segi tujuan dimana tujuan akuntansi keuangan adalah untuk menghasilkan laporan keuangan yang dapat mengambarkan situasi atau kinerja perusahaan.

Sedangkan tujuan akuntansi manajemen adalah menghasilkan laporan yang mendetail dan spesifik untuk mengindentifikasi permasalahan yang muncul dan menyelesaikan permasalahan tersebut.

3. Ruang lingkup

Perbedaan antara akuntansi manajemen dengan akuntansi keuangan selanjutnya adalah dari ruang lingkupnya.

Bila akuntansi manajemen memiliki ruang lingkup pada pemberian laporan informasi pada satu bagian tertentu yang berada didalam perusahaan.

Sedangkan akuntansi keuangan memberikan penjelasan tentang informasi keuangan perusahaan secara menyeluruh.

4. Rentang waktu

Perbedaan kedua jenis akuntansi ini juga dapat dilihat dari sudut rentang waktunya.

Akuntansi manajemen memiliki rentang waktu yang fleksibel dibandingkan dengan akuntansi keuangan contohnya dalam rentang waktu harian ataupun mingguan.

Sedangkan dalam akuntansi keuangan, rentang waktu yang di miliki kurang fleksibel karena rentang waktunya hanya meliputi waktu tertentu saja seperti periode bulanan atau satu tahun.

5. Fokus informasi

Fokus informasi pada kedua jenis akuntansi ini juga menjadi perbedaan yang terlihat.

Akuntansi manajemen memiliki fokus pada informasi di masa depat sedangkan pada akutansi keuangan berfokus pada informasi di masa lalu untuk memberikan pertanggungjawaban manajemen atas pengelolaan modal perusahaan.

6. Jenis informasi

Jenis inforamasi yang di bahas dalam dua jenis akuntansi ini juga berbeda dimana pada akuntansi manajemen menghitung keuangan, operasional dan juga pengukuran proses, teknologi, pesaing serta pelanggan.

7. Sifat informasi

Sifat informasi pada akuntansi manajemen harus dapat membantu pihak manajemen dalam pengambilan keputusan sehingga akuntansi manajemen tidak hanya menggunakan satu disiplin ilmu tapi juga harus menggunakan disiplin ilmu lainnya.

Sedangkan sifat informasi di dalam akuntansi keuangan harus memiliki tingkat ketepatan yang tinggi, dapat diuji, objektif dan akurat.

Pada umumnya manajemen perusahaan menggunakan pihak ketiga untuk mengerjakan dan menjalankan akuntansi manajemen ini.

Demikianlah pembahasan tentang Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan.

One thought on “Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

  1. Pas awal masuk sekolah dan ambil jurusan akuntansi baru tahu sekarang kalau akuntansi itu ada Manajement dan Keuangan. Informasi yang bermanfaat dan mudah dipahami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *